Tempat Wisata Sleman Yogyakarta Terpopuler 2018

Sejarah

Sleman, kota yang memiliki sebutan Bumi Merapi ini merupakan salah satu dari empat kabupaten yang ada di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama Kabupetan Sleman berasal dari kata Saliman dimana liman berarti gajah. Saat masih berupa hutan belantara, terdapat gajah di wilayah tersebut. Hal ini dibuktikan adanya patung gajah yang terdiri dari induk dan dua anaknya. Patung-patung tersebut bisa dilihat di Lapangan Denggung. Lapangan tersebut tepatnya berada di pinggir Jalan Raya Magelang atau di sebelah timur Kantor Pemkab Sleman. Konon gajah tersebut merupakan kendaraan yang digunakan Sultan Hadiwijaya.

Melalui Rijksblad no. 11 tahun 1916 tanggal 15 Mei 1916 bisa diketahui mengenai keberadaan Sleman ini. Disebutkan bahwa Kesultanan Yogyakarta dibagi menjadi tiga kabupaten yaitu Kalasan, Bantul dan Sulaiman (kemudian disebut Sleman). Masing-masing kabupaten tersebut dipimpin seorang bupati. Sulaiman juga disebutkan terdiri dari empat distrik antara lain Distrik Mlati, Distrik Klegoeng, Distrik Joemeneng, dan Distrik Godean.

Sulaiman atau Sleman ini pernah diturunkan statusnya menjadi distrik di bawah Kabupaten Yogyakarta. Lalu pada 8 April 1945 Sri Sultan Hamengkubuwono IX melakukan penataan wilayah Kasultanan Yogykarta. Melalui Jogjakarta angka 2 penataan yang dilakukan salah satunya menempatkan Sleman pada status semula yaitu sebagai wilayah kabupaten dengan dipimpin seorang bupati. Saat itu yang menjadi bupati adalah Kanjeng Raden Tumenggung Pringgodiningrat. Sedangkan ibukota kabupaten berada di utara dan dikenal dengan nama Desa Triharjo.

Pada perkembangannya terjadi perubahan daerah-daerah kelurahan yang diatur melalui Maklumat Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta No. 5 tahun 1948. Kemudian 258 kelurahan yang ada saling menggabungkan diri hingga akhirnya menjadi 86 kelurahan atau desa. Dimana terdapat 1.212 pedukuhan di bawah kelurahan atau desa tersebut. Selanjutnya berdasarkan Perda No. 12 tahun 1998 ditetapkan bahwa tanggal 15 Mei tahun 1916 ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Sleman. Sejak saat itulah setiap 15 Mei masyarakat memperingatinya dengan menyelenggarakan berbagai acara budaya khas Sleman.

Fasilitas Tempat Wisata Sleman Yogyakarta

Budaya

Karakteristik suatu wilayah yang kuat akan selalu tertanam dan mudah diingat. Budaya yang dilakukan masyarakat lokal dalam keseharian menjadi salah satunya. Biasa ditemui pada desa-desa wisata. Kabupaten Sleman termasuk salah satu kabupaten yang banyak ditemui desa wisata dengan karakteristiknya yang kuat. Setidaknya terdapat 30 kelompok desa wisata dengan budaya lokal menjadi daya tariknya. Misalnya saja mengajak para pengunjung atau wisatawan untuk membajak sawah, menanam padi, memanen padi, memetik buah, dan lainnya. Pun wilayah Sleman didominasi pegunungan.

 

Budaya masyarakat lokal ini tidak hanya menjadi daya tarik wisata saja tetapi sekaligus upaya untuk menjaga kelestariannya. Apalagi dalam bidang pertanian, cara-cara tradisional justru membuat alam lebih bersahabat. Kearifan lokal yang tidak ditemui masyarakat perkotaan maupun mancanegara. Memiliki slogan “Amazing Sleman” mewakili kabupaten yang kental dengan budaya, kuliner dan wisata alamnya. Ditambah keberadaan Gunung Merapi yang merupakan gunung berapi teraktif di dunia saat ini sangat berpengaruh terhadap kondisi geografis daerah ini. Gunung Merapi selalu memiliki daya tarik.

 

Fasilitas 

Sebagai wilayah kabupaten, setiap tahunnya selalu mengalami pembenahan termasuk dalam hal fasilitas publik. Misalnya keberadaan ruang bermain anak di tempat umum seperti Lapangan Denggung. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk tempat berkumpul keluarga saat weekend. Anak-anak bisa bermain bebas dengan pengawasan orang tua. Aneka permainan pun tersedia seperti odong-odong, kereta kuda, ayunan, jungkat-jungkit, dan sebagainya.

 

Selain itu tempat ini juga didukung adanya CCTV dan Wifi. Keberadaan CCTV untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terutama saat malam hari. Sementara keberadaan Wifi mendukung anak muda  yang tidak lepas dari gadget untuk lebih produktif misalnya untuk mengerjakan tugas sekolah maupun kuliah. Sedangkan untuk transportasi umum tidak terlalu menjangkau setiap lokasi. Sehingga jika Anda berasal dari luar Sleman maka harus membawa kendaraan sendiri maupun menyewa kendaraan.

 

Wisata

Sebagaimana tiga kabupaten dan satu kota yang merupakan bagian Provinsi DIY ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Potensi wisata yang ada sangat sayang untuk dilewatkan. Ragam pilihannya, biayanya yang terjangkau. Tempat wisata Sleman pun tidak kalah menarik. Hal ini bisa dilihat ragam pengunjung tidak hanya dari dalam negeri saja tetapi juga mancanegara.

 

Ditambah tren anak muda saat ini yang gemar mengunggah setiap aktifitas yang dilakukan melalui media sosial. Salah satunya saat mengunjungi tempat wisata. Tempat-tempat wisata yang memang sedang hangat dibicarakan atau instagramable biasanya langsung ramai di media sosial sehingga meningkatkan jumlah pengunjung.

 

Destinasi wisata yang ada pun bisa disesuaikan minat atau keinginan para pengunjung karena setiap orang memiiki minat dan alasan masing-masing saat mengunjungi tempat wisata. Ada yang suka menyukai wisata alam, museum, kuliner, dan seterusnya. Jika Anda sedang mencari tempat wisata Sleman maka berikut ini daftarnya.

 

Wisata Situs Candi Area Kabupaten Sleman

Sebelum menjadi sebuah negara, Indonesia terdiri dari kerajaan-kerajaan. Banyak diantaranya yang ada di Pulau Jawa. Nah, kerajaan – kerajaan tersebut merupakan kerajaan Hindu atau Budha dimana biasanya membutuhkan tempat untuk beribadah atau memuja dewa dewi mereka.  Peninggalan – peninggalan tersebut yang banyak ditemui saat ini dan dikenal dengan sebutan candi. Beberapa diantaranya ada di Sleman.

 

  1. Candi Sambi Sari
  2. Candi Sari
  3. Candi atau Istana Ratu Boko
  4. Candi Kalasan
  5. Candi Ijo
  6. Candi Barong
  7. Candi Gebang
  8. Candi Abang
  9. Candi Morangan
Wisata Desa Wisata

Jika tertarik untuk mengetahui bagaimana kehidupan sehari-hari masyarakat lokal serta menikmati pemandangan alam maupun suasana desa maka desa wisata merupakan destinasi terbaik. Ada banyak pilihan yang tersedia dengan karakteristik masing-masing desa. Ada desa wisata yang memiliki keunggulan bentuk rumahnya yang unik, ada yang menarik dengan pertaniannya sehingga Anda bisa sekaligus belajar bertani ala masyarakat pedesaan. Bisa dikatakan desa wisata salah satu unggulan tempat wisata Sleman jadi jangan ragu untuk mengunjunginya. Anda tidak hanya sekedar liburan tetapi juga bisa belajar berinteraksi dengan warga lokal, budaya setempat dengan melihat adat yang masih dijalankan bisa juga belajar tentang aktifitas warga misalnya bertani, beternak, membatik, menikmati salak sekaligus memanennya di kebun dan seterusnya. Bisa dikatakan wisata ini menjadi paket lengkap pada saat liburan.

 

  1. Desa Wisata Domes
  2. Desa Wisata Banyusumilir
  3. Desa Wisata Bokesan
  4. Desa Wisata Brayut
  5. Desa Wisata Candi Abang
  6. Desa Wisata Gabungan
  7. Desa Wisata Gamplong
  8. Desa Wisata Garongan
  9. Desa Wisata Jamur

10.Desa Wisata Grogol

  1. Desa Wisata Kaliurang Timur
  2. Desa Wisata Kembang Arum
  3. Desa Wisata Kinahrejo
  4. Desa Wisata Malangan
  5. Desa Wisata Ngamboh
  6. Desa Wisata Nganggring
  7. Desa Wisata Peting Sari
  8. Desa Wisata Pertanian Trumpon
  9. Desa Wisata Petung
  10. Desa Wisata Religi Mlangi
  11. Desa Wisata Plempoh
  12. Desa Wisata Sambi
  13. Desa Wisata Sangu Banyu
  14. Desa Wisata Srowolan
  15. Desa Wisata Sendari
  16. Desa Wisata Tanjung
Wisata Museum

Pilihan satu ini merupakan destinasi yang memang akan mengantarkan Anda tidak hanya sekedar liburan namun juga menambah pengetahuan. Misalnya saja pengetahuan tentang batik, bisa juga pengetahuan tentang sejarah, belajar pula tentang kehidupan maestro seni lukis dan karya-karyanya dan sebagainya. Apalagi hal-hal yang berhubungan dengan sejarah seringkali kurang menarik perhatian. Beruntung museum-museum yang ada saat ini mampu menarik perhatian generasi muda khususnya anak-anak usia sekolah untuk mengunjungi museum.

 

  1. Museum Ullen Sentalu
  2. Museum Jogja Kembali
  3. Museum Gunung Merapi
  4. Museum Dirgantara
  5. Museum Affandi
  6. Museum Seni Lukis Kontemporer
  7. Museum / Monumen Pahlawan Pancasila
  8. Museum Pergerakan Wanita
  9. Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

10.Museum Geoteknologi Mineral

 

Wisata Taman Bermain

Bagi remaja, liburan merupakan waktu dimana mereka bisa bersenang-senang. Wisata yang membosankan dan melelahkan tidak akan menarik perhatian mereka. Namun jenis-jenis wisata dengan fasilitas yang memungkinkan untuk bersenang-senang bahkan bisa untuk update media sosial tentu akan lebih menarik perhatian mereka. Beragam wahana permainan yang menantang selalu membuat anak muda tertarik untuk mencoba. Apalagi wahana permainan digabung dengan wahana air, siapa yang menolak untuk bersenang-senang di dalamnya.

 

  1. Taman Pelangi
  2. Jogja Bay Waterpark
  3. Sindu Kusuma Edupark
Wisata Alam

Bagi penggemar wisata yang menantang sekaligus bisa menikmati pemandangan sekitar maka wisata alam menjadi solusi. Untuk menuju destinasi biasanya memerlukan perjuangan yang memerlukan fisik maupuun pernafasan yang baik. Hal ini dikarenakan karena sebagian besar destinasi bisa ditempuh setelah berjalan kaki. Ada beberapa tempat wisata Sleman yang menawarkan keindahan alam.

 

  1. Tebing Breksi
  2. Blue Lagoon Sendang Tirta Budi
  3. Tlogo Putri
  4. Taman Nasional Gunung Merapi

 

Wisata Belanja

Mengunjungi pusat-pusat perbelanjaan bagi sebagian orang juga dianggap sebagai liburan yang menyenangkan. Apalagi jika pusat perbelanjaan di daerah tempat mereka berasal kurang memberikan pelayanan secara maksimal. Mulai dari kelengkapan merchant, harga maupun fasilitas yang disediakan. Terlebih pusat perbelanjaan yang ada di Sleman juga didukung dengan keberadaan bioskop serta foodcourt. Artinya tempat ini tidak hanya digunakan untuk belanja saja tetapi juga bisa menghabiskan waktu bersama orang tercinta untuk menikmati film-film terbaru. Pun saat lapar bisa menikmati makanan di foodcourt dengan berbagai stand kuliner beraneka ragam.

 

  1. Lippo Plaza Jogja
  2. Ambarukmo Plaza
  3. Sahid J-Walk
Wisata Kuliner

Siapa yang tidak suka makan? Makan tidak hanya karena lapar. Ada juga yang penasaran dengan suasana yang ditawarkan, keunikan menu yang disediakan, rasa makanan yang ada hingga interior lokasi yang instagramable. Setiap orang memiliki alasan masing-masing saat memutuskan untuk mengunjungi tempat makan. Nah, tempat wisata Sleman khususnya di bidang kuliner ini ada banyak tempat yang bisa menjadi pilihan. Tidak hanya lidah dan perut saja yang dimanjakan tetapi hati pun senang dengan makanan, pelayanan maupun suasana tempat yang ada.

 

  1. Jejamuran
  2. Nasi Rames Demangan
  3. Rosella Easy DIning
  4. Abhayagiri Restaurant
  5. Somay Kang Cepot
  6. Klinik Kopi

 

Wisata Kuliner Tradisional

Selain kuliner yang hits karena desain interior maupun menu yang disediakan ada pula kuliner tradisional Sleman yang jangan sampai dilewatkan. Kuliner khas masyasarakat lokal. Biasanya bisa dinikmati saat mengunjungi tempat-tempat wisata alam seperti di Kaliurang. Banyak juga ditemui saat berada di desa-desa wisata yang ada. Kuliner yang akan selalu mengingatkan Anda tentang keberadaan Sleman dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Kuliner tradisional selalu memiliki  rasa yang khas. Tidak jarang menikmati kuliner tradisional bisa mengingatkan pada peristiwa lalu, bisa peristiwa masa kecil atau pengalaman saat mencicipi pertama kali.

 

  1. Jadah Tempe

Makanan yang terdiri dari dua jenis yaitu jadah dan tempe bacem. Jadah terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan kemudian ditumbuk. Saat sudah jadi jadah tersebut dipotong-potong atau dibentuk seukuran tempe. Selanjutnya tempe ditempelkan pada jadah. Cara menikmatinya dimakan secara bersamaan. Rasa yang ditawarkan begitu unik. Perpaduan gurih dan manis. Biasanya dibungkus dengan daun pisang.

 

  1. Salak Pondoh

Salah satu oleh-oleh favorit saat berkunjung ke Sleman. Buah ini memang banyak ditanam di Sleman termasuk tanaman unggulan di beberapa desa wisata. Seiring dengan perkembangan zaman dan ilmu pengetahuan, salak pun tidak hanya bisa dinikmati dalam bentuk buah saja. Tetapi terdapat produk olahannya seperti kripik salak, dodol salak, dan sebagainya.

 

  1. Sate Kelinci Kaliurang

Kuliner lain yang bisa dikatakan awalnya ditemui di wisata alam kaliurang saja. Kemudian seiring dengan banyaknya pengunjung, sate daging kelinci yang disiram dengan bumbu kacang pun juga makin populer. Semakin nikmat saat berada di hawa sejuknya khas lereng Gunung Merapi.

 

  1. Pepes Belut Godean

Belut termasuk makanan populer di kawasan Godean, Sleman. Tidak hanya pepes belut saja yang disukai tetapi juga keripiknya yang sering dijadikan sebagai buah tangan. Harga terjangkau dengan rasa yang menggoyang lidah.

 

  1. Sate Jaran (Kuda) Godean

Kuliner ekstrem ini bisa ditemui di kawasan Godean. Sate kuda memiliki tekstur yang mirip dengan daging sapi. Namun aromanya lebih tajam dibandingkan daging sapi meskipun tidak sekuat daging kambing. Konon sate daging kuda ini mampu meningkatkan vitalitas.

 

  1. Ayam Goreng Kremes Kalasan

Ayam ini sering menjadi pilihan oleh-oleh. Biasanya ditemui di daerah Jalan Solo, Kalasan, Sleman. Beberapa yang sudah terkenal adalah Ayam Goreng Suharti, Ayam Kremes Mbok Berek dan lainnya.

 

  1. Jajanan Pasar Tradisional

Jajanan pasar sering dihidangkan pada acara-acara tertentu. Namun jika ingin menikmati saat mengunjungi Sleman berarti harus mengunjungi pasar tradisional maupun pedagang kaki lima pinggir jalan. Beberapa jajanan favorit diantaranya adalah klepon, onde-onde, apem, lemper, corobikan, jenang, lapis, arem-arem dan sebagainya. Harganya cukup terjangkau dan bisa dijadikan camilan saat berada di perjalanan.

 

Wisata Unik

Peranan media sosial saat ini begitu mengagumkan. Suatu tempat langsung meledak jumlah pengunjungnya ketika banyak dibicarakan secara viral di media sosial. Semakin banyak yang mengunggah foto tempat tersebut semakin banyak orang yang mengetahui dan penasaran. Alasan para pengunjung pun beragam. Ada yang memang ingin mengunjungi karena lokasinya menari, ada yang mengunjungi karena tidak ingin ketinggalan zaman dan ada pula yang mengunjungi untuk mengupdate media sosial mereka. Tempat yang unik atau lain dari yang lain biasanya akan memperoleh perhatian lebih.

 

  1. Upside Down World
  2. Lava Tour
  3. Gardu Pandang Kaliurang
  4. Goa Jepang
  5. Merapi Gloft
  6. Embung Tambak Boyo
  7. Stadion Maguo Harjo
  8. The Lost World Castle Jogja
Daftar Obyek Wisata Sleman Terpopuler
Tempat Wisata Sleman
5 (100%) 1 vote
Back to Top
Call
WA
XL
WA
SIMP
Email