Menikmati Suasana Alami di Desa Wisata Sambi Kaliurang

Saat ini jumlah desa wisata yang ada semakin lama semakin bertambah. Desa dikelola oleh warga dan keuntungan pun untuk warga. Setiap desa wisata memiliki keunikan masing-masing. Biasanya disesuaikan dengan potensi masing-masing. Bisa potensi wisata, potensi mata pencaharian warga sekitar, potensi seni budaya yang masih dilestarikan maupun potensi pemandangan alam yang ada. Bagaimana keramahan penduduk sekitar pun juga menjadi nilai tambah. Jika Anda mencoba mengunjungi antara desa wisata yang satu dan desa wisata yang lain mungkin bisa merasakan bagaimana perbedaannya maupun keunggulan masing-masing. Desa wisata mana sajakah yang sudah anda kunjungi? Bagaimana dengan Desa Wisata Sambi di Jogya ?

 

Sekilas Desa Wisata Sambi

 

Desa wisata Sambi bisa dikunjungi di Jalan Kaliurang Km. 19,2 Dukuh Sambi, Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Memang tidak terlalu jauh dari kawasan wisata Kaliurang. Daya tarik Ledok Sambi Kaliurang tentu saja berada pada panorama alam yang indah. Udaranya yang sejuk, suasana alam pedesaan dengan area persawahan terbentang, air yang jernih, ditambah pemandangan dari rumah-rumah penduduk yang masih alami dengan halaman rumah masing-masing yang cukup luas.

 

Halaman luas merupakan pemandangan mahal di perkotaan. Jika Anda penasaran bagaimana bentuk rumah joglo maupun limasan maka Anda bisa melihatnya di desa ini. Bahkan bisa mencermati sisi-sisinya. Selain itu Anda juga bisa bercengkerama dengan penduduk sekitar. Bisa jadi pemilik dari penginapan atau homestay yang Anda tempati? Memulai obrolan sederhana bahkan tidak ada sangkut paut dengan keseharian terkadang bisa memberikan perspektif berbeda tentang kehidupan.

 

Wisata Bertani

 

Pada saat mengunjungi desa wisata pentingsari kaliurang ada banyak kesempatan yang diperoleh untuk belajar bertani. Nah, demikian juga yang bisa diperoleh ketika berada di Sambi. Tentu saja sesuai paket atau kesepakatan yang telah dibuat dengan pengelola.

 

Pasalnya di desa ini tersedia banyak potensi wisata yang ada. Dengan kata lain, pengelola desa wisata pastinya telah menyediakan pilihan tersebut. Anda tinggal menentukan pilihan disesuaikan dengan budget, waktu dan tujuan berlibur. Pilihan bercocok tanam secara tradisional tersedia di sini. Misalnya bagaimana menanam padi bahkan bisa dimulai dengan bagaimana membajak sawah. Pertanian lainnya yaitu bagaimana budidaya jamur.

 

Wisata Alam

 

Berada di Ledok Sambi Resort tentu berbeda ketika berada di Desa Wisata Religi Mlangi yang sarat dengan wisata religi. Berada di Sambi, Anda akan merasakan panorama alam yang mengagumkan. Pemandangan yang asri, udara minim polusi dan terasa sejuk. Hamparan sawah hijau memanjakan mata.

 

Sangat tepat apabila Anda memiliki jenis wisata tracking dengan menyusuri jalan di persawahan maupun sungai. Bisa juga memilih outbond dengan flying fox dan lainnya sebagai pilihan. Apabila Anda khawatir tersesat, jangan khawati karena di desa ini juga tersedia pemandu yang akan membantu Anda.

 

Wisata Seni Budaya

 

Ketika mengunjungi Desa Wisata Petung apabila beruntung Anda bisa melihat tradisi Danadan Kali sedangkan Sambi menyediakan beragam pilihan wisata seni budaya. Sebut saja karawitan jawa, wayang kulit, uyon-uyon dan lainnya. Selain bisa melihat, Anda juga bisa mempelajarinya. Kemudian dalam bidang seni budaya, Anda bisa meliat tradisi kenduri, ruwahan, sadranan dan lainnya.

 

Kenduri dilakukan ketika ada syukuran atau peringatan tertentu di kampung tersebut. Sadranan sendiri biasanya dilakukan pada 21 Sya’ban. Apabila beruntung Anda bisa menyaksikan secara langsung. Nah, jangan lupakan juga dengan rumah joglo sinom dan limasan. Biasanya digunakan sebagai gedung pertemuan. Perlu diketahui bahwa rumah joglo yang ada sejak 1952.

 

Setiap desa wisata selalu memiliki keunikan masing-masing seperti Desa Wisata Plempoh. Adakalanya saat melihat ada keterangan desa wisata kemudian lokasi berdekatan lalu mengatakan bahwa seluruh desa wisata memiliki konsep yang sama. Padahal meskipun memiliki potensi yang sama namun karena lokasi berbeda lalu pengelola juga berbeda maka hasilnya pun berbeda.

 

Apalagi saat ini potensi masing-masing desa wisata juga beragam. Sambi sendiri selain memiliki potensi wisata alam, pertanian dan seni budaya juga memiliki potensi pada peternakan. Khususnya peternakan sapi perah. Anda bisa berkunjung sekaligus belajar memerah susu sapi. Apalagi memerah susu sapi bukan sembarangan namun terdapat teknik khusus. Jika Anda penasaran maka mau tidak mau harus menyempatkan waktu untuk mengunjungi Desa Wisata Sambi.

 

Alamat: Jl. Kaliurang Km. 19,2 Dukuh Sambi, Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY
No Telp: 085868185965, 0274 869528