Pesona Desa Wisata Pentingsari

Semakin unik dan menarik sebuah tempat akan membuatnya dikenal lebih luas. Tidak hanya dalam lingkup dalam negeri saja tetapi juga luar negeri. Hal ini juga berlaku terhadap desa wisata. Semakin menarik konsep yang ditawarkan. Semakin kuat potensi yang dikenalkan misalnya potensi budaya sekaligus alam yang membuat desa wisata tersebut semakin epik. Didukung dengan manajemen yang profesional. Tidak semata melihat keuntungan materi namun juga mempertimbangkan kenyamanan maupun kualitas pelayanan yang diberikan serta memperhatikan pula kelestarian lingkungan maupun budaya. Salah satu tempat ini adalah desa wisata Pentingsari.

 

Sekilas Desa Wisata Pentingsari

 

Desa wisata pentingsari berada di daerah Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini ditetapkan sebagai desa wisata sejak 15 Mei 2008  dan sudah dikenal secara nasional maupun internasional. Jika mempertimbangkan area yang berada di sekitarnya, desa wisata ini memiliki bentuk seperti semenanjung.

 

Pada bagian barat terdapat lembah yang cukup curam yaitu Kali kuning. Bagian selatan dengan lembah berupa Goa Ledok atau Ponteng dan Gondoran. Sebelah timur dengan Kali Pawon dan sebelah utara yaitu dataran yang menghubungkan kelurahan Umbulharjo hingga pelataran Gunung Merapi.

 

Jika melihat dari sejarah desa wisata Pentingsari maka akan terlihat  konsep desa wisata ini yang cukup kuat. Lebih dari 9 tahun mengembangkan desa wisata dengan potensi yang dimiliki yaitu keindahan alam dan aktifitas sehari-hari warga. Alam yang asri dengan kesederhanaan interaksi warga kampung memiliki daya tarik tersendiri.

Kesederhanaan Menjadi Daya Tarik

Jika berkunjung ke desa wisata ini, kesederhanaan menjadi daya tarik. Bagaimana warga Jogya saling berinteraksi dalam keseharian termasuk dalam bekerja maupun beraktifitas. Hal ini bisa Anda buktikan ketika menginap di homestay desa wisata pentingsari. Setidaknya ada 55 rumah yang bisa ditempati pengunjung.

 

Meskipun sederhana namun Anda bisa merasakan kenyamanan. Rumah tersebut terjaga kebersihannya. Anda berasa tinggal di pedesaan, dengan rumah sederhana dan nyaman dengan udara alami minim polusi serta suasana yang tenang. Apalagi jika hujan, keeseokan harinya bisa melihat embun-embun di daun-daun maupun rumput.  Suasana yang pas untuk melepaskan stress akibat pekerjaan.

 

Banyak Paket Wisata Tersedia

 

Adanya paket wisata yang tersedia di desa wisata jamur memudahkan pengunjung untuk menentukan pilihan wisata termasuk mempersiapkan biaya yang diperlukan. Begitu pula dengan paket desa wisata pentingsari yang tersedia juga memberikan kemudahan. Apalagi setiap paket yang tersedia juga cukup terjangkau dan bisa diseuaikan dengan kemampuan maupun jenis wisata yang diinginkan.

 

Pentingsari memang menyediakan jenis-jenis wisata yang mengagumkan. Misalnya saja paket atraksi wisata dengan mengunjungi pertanian maupun perkebunan. Dimana pengunjung bisa ikut membajak maupun menanam padi, memancing ikan, tracking dan lainnya. Ada pula paket seni budaya. Anda akan disambut punokawan atau jathilan. Kemudian memperoleh kesempatan untuk belajar gamelan, tari klasik, dan kreasi janur.

 

Banyak Obyek Wisata

 

Saat berada di desa wisata Candi Abang tentunya Anda bisa sekaligus mengunjungi Candi Abang. Tidak hanya menikmati suasana desa yang nyaman juga mengunjungi obyek wisata. Begitu pun di Pentingsari karena ada banyak obyek wisata yang bisa dikunjungi. Misalnya saja Pancuran Suci Sendangsari yang dipercaya masyarakat lokal sebagai tempat Dewi Nawang Wulan bertemu Joko Tarub.

 

Air pancuran ini juga dipercaya mampu menyembuhkan beragam penyakit ketika diminum dan saat digunakan untuk cuci muka bisa membuat awet muda. Ada pula obyek wisata Luweng, dijelaskan bahwa dulunya digunakan sebagai alat masak warga Dusun Pentingsari ketika menyediakan konsumsi untuk tentang Pangeran Diponegoro. Luweng tersebut ketika dalam kondisi terdesak juga digunakan sebagai tempat persembunyian.

 

Seperti halnya desa wisata Nganggring yang memberikan layanan outbond maupun tracking bagi para pengunjung. Demikian pula dengan Pentingsari yang menyediakan wisata alam untuk menikmati hembusan angin, bunyi ranting saling bergesekan, daun-daun bergoyang dan hijaunya sayuran maupun padi di sawah.

 

Selain itu bisa juga untuk tracking mengingat Pentingsari diapit Sungai Pawon dan Sungai Kuning. Jalan menyusuri sungai, sawah, naik turun melewati tebing maupun terowongan dan menyapa warga lokal selama perjalanan akan menjadi pengalaman yang menyenangkan selama berada di Desa Wisata Pentingsari.

 

Alamat: Peting Sari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, DIY