Stadion Maguwo Harjo, Stadion Kebanggaan Slemania

Bagi pendukung sebuah klub sepakbola, bukan hanya prestasi saja yang bisa membuat bangga mereka. Keberadaam stadion yang menjadi kandang juga menjadi hal yang dibanggakan. Apalagi jika stadion tersebut memang berkualitas. Mulai dari ukuran, kapasitas atau daya tampung, desain di dalamnya, serta rumput stadion atau lapangan tersebut. Salah satu stadion yang dibanggakan para pendukung tim kesayangan mereka adalah Stadion Maguwoharjo. Slemania dan Brigata Curva Sud (BCS) – para pendukung PSS Sleman tentu saja yang paling bahagia.

 

Tentang Stadion Maguwoharjo

 

Maguwoharjo International Stadium (MIS) atau Stadion Maguwoharjo ini merupakan kebanggaan para Slemania dan BCS.  Stadion yang berlokasi di Dusun Jenengan, Maguwoharjo, Depok, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, DIY ini merupakan sebuah stadion yang memiliki taraf internasional. Stadion Maguwoharjo terbaru itu mampu menampung hingga 40.000 penonton. Stadion ini telah direncanakan sejak 1999. Saat itu PSS Sleman berada di Divisi I PSSI.

 

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa kasta tertinggi sepak bola di Indonesia adalah Divisi Utama sedangkan Divisi I merupakan kasta kedua. Nah, Ketua Umum PSS Sleman pada akhir 1999, Drs. Ibnu Subianto Akt. yang juga menjabat Bupati Sleman saat itu menjanjikan kepada para pemain PSS Sleman, apabila mereka berhasil menembus Divisi Utama PSSI maka para pemain akan dibuat stadion yang bertaraf internasional.

 

Singkat kata musim 1999/2000 ternyata PSS Sleman berhasil masuk ke Divisi Utama. Janji pun berusaha ditepati. Meskipun upaya tersebut lumayan tersendat dengan berbagai masalah. Selama beberapa musim Kompetisi Divisi Utama, kandang PSS Sleman berada di Stadion Tridadi. Stadion tersebut hanya mampu menampung 7.000 penonton. Dibantu Pemkab Sleman, para pengurus PSS Sleman pun berupaya merenovasi Stadion Tridadi hingga mampu menampung 12.000 penonton.

 

Ternyata masih belum mampu menampung secara maksimal. Bahkan sempat menggunakan Stadion Mandala Krida Yogyakarta yang merupakan kandang PSIM Yogyakarta. Pada akhirnya pada 2005 Stadion Maguwoharjo mulai dibangun. Selesai dibangun stadion mengalami kerusakan pasca gempa hebat pada 2006. Stadion pun direnovasi pada 2007. Menghabiskan dana lebih dari Rp 100 Milyar akhirnya PSS Sleman memiliki kapasitas stadion Maguwoharjo hingga 40.000 penonton.

 

Standar Internasional

 

Stadion ini memiliki luas sekitar 25 ha termasuk tempat parkir dan jalan. Standar internasional tanpa lintasan atletik seperti stadion di Eropa. Konsep stadion ini disebut-sebut memperoleh inspirasi Stadion San Siro di Milan Italia. Memiliki empat menara dari empat penjuru menggunakan tangga memutar.

 

Stadion ini memiliki empat bagunan utama yang terdiri dari 5 lantai Bangunan Sayap Barat, 4 lantai Bangunan Sayap Timur, dan masing-masing 3 lantai pada Bangunan Sayap Utara dan Selatan. Satu lagi yang istimewa yaitu rumput stadion maguwoharjo yang menggunakan rumput jenis Sosiea Matrelimer yang diimpor dari Italia.

 

Digunakan untuk Pertandingan Lokal dan Internasional

 

Tentu berbeda ketika berada di taman Pelangi dengan lampion warna-warni cerah. Atau pada saat berada di Sindu Kusuma Edupark dengan ragam permainan yang menantang sekaligus menyenangkan. Karena berada di stadion tentu pada saat terdapat pertandingan sepak bola. Nah, stadion Maguwo ini pun sering direkomendasikan para pelatih sebagai tempat pertandingan.

 

Hal ini tidak lain karena rumput yang digunakan lebih memberikan kenyamanan bagi para pemain. Selain itu stadion inipun lebih memberikan kenyamanan kepada para penonton selama menonton pertandingan. Dan Timnas Indonesia sering menggunakan stadion ini untuk pertandingan menjamu timnas dari negara lain.

 

Fasilitas Pendukung yang Lengkap

 

Setiap tempat umum lebih baik selalu memperhatikan fasilitas yang lengkap. Begitu pula yang terjadi di Jogja Bay Waterpark. Stadion ini memiliki 2 ruang ganti pemain, 2 set tempat duduk atau set bench, 3 ruang penyimpanan. Ruang Penyimpanan, VIP, ruang administrasi, ruang kesehatan, mess untuk para pemain dan papan skor elektrik.

 

Dilengkapi dengan 144 buah lampu, 6 ruang penjualan tiket, ruang kantin, ruang perlengkapan, toilet, wastafel, aula stadion, dan ruko. Ditambah dengan fasilitas area parkir dan area lahan kosong yang disewakan untuk booth kuliner maupun arena balap motor. Bisa membayangkan bukan bagaimana megahnya Stadion Maguwo Harjo?

 

Alamat : Dusun Jenengan, Maguwoharjo, Depok, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman
No Telp: (0274) 4477168
Website: stadionmaguwoharjo.blogspot.com