Yuk! Snorkling di Pantai Slili

Pantai-pantai selatan umumnya tidak bisa digunakan untuk snorkeling. Namun Anda juga bisa melakukan aktifitas bawah laut ini di salah satu pantai di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Adalah Pantai Slili dengan keunikan dan keindahannya.

 

Bermain di pantai ini memberikan kebahagiaan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan. Mulai dari hanya sekedar jalan-jalan menikmati pemandangan alam yang ada, mendengarkan suara ombak dan merasakan semilir angin laut. Bisa juga memancing, mencari landak laut bahkan menyelam dan tentunya melakukan snorkeling. Snorkeling biasanya bisa dilakukan di pantai ini karena memiliki gelombang laut yang tenang.

 

Tentang Pantai Slili

 

Lokasi Pantai Slili berada diantara Pantai Krakal dan Sadranan dipisahkan dua bukit. Sehingga ketika Anda mengunjungi kedua pantai tersebut tidak ada salahnya juga singgah sejenak di pantai ini. Toh, tiket masuk pantai slili cukup terjangkau. Apalagi bagi Anda yang menginginkan ketenangan. Sebuah tempat liburan yang tenang dan tidak terlalu luas.

 

Pantai ini memang berukuran lebih kecil dari pantai lain. Memiliki garis pantai sekitar 100 meter. Sehingga bisa menjadi lokasi yang sangat  tepat. Pantai ini didominasi batuan karang dengan pasir yang bersih dan ombak pun tidak terlalu besar karena terhalang batu karang.

 

Masyarakat di sekitar ada pula yang menyebutnya sebagai Pantai Watu Lawang. Hal ini dikarenakan keberadaan pulau kecil dengan sebuah lorong yang sangat mirip seperti pintu. Watu lawang sendiri berarti pintu batu.

 

Tempat  Favorit untuk Snorkeling

 

Dikenal juga sebagai pantai slili snorkeling karena memang disukai untuk snorkeling. Pantai ini memiliki ombak yang tenang karena terhalang batu karang sehingga sangat pas untuk melakukan olahraga bawah air ini. Beberapa spot menarik pun bisa ditemukan.

 

Anda bisa bertanya pada pengelola pantai atau pemandu. Karena untuk olahraga satu ini juga tersedia pemandu yang siap membantu Anda. Jika Anda tidak sempat atau tidak memiliki peralatan untuk snorkeling, jangan khawatir karena mereka pun menyewakannya, harganya pun cukup bersaing. Apalagi lokasinya dekat dengan pantai Sadranan yang juga sering digunakan untuk snorkeling.

 

Upacara  Adat

 

Meskipun dikenal sebagai pantai yang sepi dibandingkan dengan pantai Indrayanti maupun pantai populer di Gunungkidul lainna namun ada masa-masa tertentu, pantai ini ramai pengunjung. Utamanya saat menjelang musim tanam di hari Minggu Pahing.

 

Upacara ini disebut dengan Nyadran atau Sadranan yang diakukan setahun sekali. Tidak hanya dipadati warga sekitar, tetapi juga warga desa lain bahkan dari daerah lain. Upacara ini dimaksudkan sebagai upaya  untuk mewujudkan harapan agar warga desa selalu diberikan keselamatan dan hasil panen yang mellimpah ruah. Jadi jangan heran ketika ada banyak penginapan di pantai slili yang penuh saat menjelang upacara adat ini. Saat Anda ingin menikmati upacara adat ini saat liburan maka Anda harus mempersiapkannya jauh-jauh hari.

 

Selain menikmati pemandangan alam yang ada maupun upacara adat, Anda pun juga bisa menyaksikan aktifitas warga. Mata pencaharian utama mereka adalah bertani. Namun saat musim kemarau tiba biasanya akan beralih memperoleh penghasilan dari laut. Hal yang biasa dilakukan adalah mencari kerang, udang, dan rumput laut. Apalagi kawasan pantai ini memang ditumbuhi banyak rumput laut.

 

Kerang, udang dan rumput laut tersebut tidak selalu dijual, terkadang untuk konsumsi sehari-hari. Aktifitas warga lokal seperti ini biasanya juga akan terlihat di sekitar pantai. Anda bisa juga menyaksikannya saat berada di pantai Sepanjang maupun pantai Pok Tunggal. Laut telah menjadi sahabat masyarakat sekitar.

 

Didukung Fasilitas Memadai

 

Pantai ini pun didukung dengan fasilitas memadai. Selain menyewakan peralatan snorkeling, Anda juga bisa menyewa penginapan dengan tarif beragam. Di sekitar pantai pun terdapat gubug yang bisa digunakan untuk beristirahat. Kamar mandi pun tersedia.

 

Begitu pula dengan warung makan, toilet an parkir. Keunggulan lain ketika mengunjungi pantai ini adalah Anda bisa menyaksikan pemandangan dari ketinggian. Utamanya ketika berada di atas bukit yang merupakan perbatasan Pantai Krakal dan Slili.

 

Namun saat mendakinya, Anda harus berhati-hati karena bukit tersebut tanpa pengaman. Jangan hanya penasaran dengan keindahan Pantai Sadranan dan Krakal dari ketinggian tetapi ingat juga dengan keselamatan. Anda tidak perlu ragu mengunjungi Pantai Slili.

 

Paket wisata Jogja murah yang ditawarkan oleh agen wisata di Yogyakarta akan mengakomodasi anda untuk menikmati keindahan ber-snorkeling di pantai Slili.

 

Alamat:  Jalan Pantai Krakal, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881