Indahnya Pantai Sepanjang

Berada di pantai Sepanjang Jogja selalu menyenangkan. Memberikan perasaan lega dan bahagia. Udara di pantai ini terasa menyegarkan, angin yang bertiup diiringi suara debur ombak memberikan perasaan tenang. Pasir pantai yang menyentuh kulit, pecahan kulit kerang, licinnya batu karang selalu memberikan sensasi bahagia seiring ombak datang. Pantai ini harus kunjungi. Pantai ini berada di Kabupaten Gunungkidul bersanding deretan pantai-pantai eksotis lainnya. Sudah pernahkah Anda mengunjungi pantai ini?

 

Tentang Pantai Sepanjang

 

Pantai Sepanjang lokasinya tidak jauh dari Panta Sundak. Bahkan tiket masuk pantai ini sudah termasuk tiket masuk Pantai Sundak, Baron, Kukup, Drini, Krakal, Indrayanti dan Pok Tunggal sebesar Rp 10.000,- Jadi  untuk mengunjungi pantai ini Anda harus menuju ke Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul terlebih dahulu.

 

Tidak perlu diragukan bagaimana keindahan pantai sepanjang jogja ini. Garis pantainya panjang bahkan disebut-sebut terpanjang dibandingkan pantai-pantai Gunungkidul lainnya. Pantai ini memiliki pasir putih dan ombak yang disukai untuk berselancar.

 

Anda pun bisa menikmati keindahan pantai dengan berjemur di atas pasir atau sekedar berjalan-jalan menyusuri pantai. Jika suka berenang tentu saja bisa berenang namun selalu  perhatikan bagaima kondisi ombak di pantai ini. Suasana pantai ini masih sangat alami dengan tanaman palem di bibir pantai.

 

Kedekatan dengan alam inilah yang ditawarkan pantai sepanjang bantul kepada para pengunjung. Batu karang yang terlihat saat pantai surut pun masih terawat. Ombak yang memantulkan warna biru memberikan tanda bahwa air laut belum banyak dicemari lingkungan.

 

Biota laut yang ditemui pun masih cukup banyak jenisnya. Sebut saja jenis kerang-kerangan maupun bintang laut. Anda bisa menemukan kerang-kerang yang sudah ditinggalkan penghuninya. Kerang-kerang beraneka warna yang indah dan bisa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan.

 

Anda bisa dengan mudah mencabut rumput laut yang tertanam. Ada juga limpet di batuan yang ada di sekitar pantai. Banyak juga ditemukan landak laut atau bulu babi. Bagian dalamnya bisa dikonsumsi sedangkan bagian durinya, Anda harus berhati-hati jangan sampai terkena tusukannya. Tidak sedikit penduduk sekitar yang mencari landak laut ini untuk konsumsi sehari-hari.

 

Mengenal Kebudayaan Masyarakat Setempat

Pada saat mengunjungi pantai sepanjang teluk Anda juga bisa sekaligus melihat bagaimana kebudayaan masyarakat sekitar. Misalnya mengetahui keseharian mereka dengan melihat aktifitas sehari-hari. Meskipun berada di pinggir pantai namun masyarakat setempat sebagian besar masih bertani.

 

Di sekitar pantai, Anda bisa melihat ladang penduduk. Kemudian bagian lereng dari dua bukit di sekitar pantai tersebut juga digunakan untuk menanam jagung. Tidak ada bangunan permanen di sekitar pantai. Hanya ada bangunan non permanen seperti gubug dengan atap yang terbuat dari daun.

 

Anda bisa beristirahat di gubug tersebut sambil menikmati makanan atau minuman yang dijual penduduk sekitar. Di sekitar gubug biasanya disediakan lincak, tempat duduk yang terbuat dari bambu yang disusun sedemikian rupa. Anda bisa menikmati makanan dan minuman dengan pemandangan laut disertai semilir angin laut.

 

Ramah Tamah dengan Penduduk Sekitar

 

Saat berada di pantai sanglen maupun pantai-pantai lain termasuk di sepanjang ada baiknya selalu ramah dengan penduduk sekitar. Apalagi jika pantai tersebut masih cenderung sepi belum banyak pengunjung. Biasanya bercengkerama dengan penduduk sekitar bisa memberikan banyak informasi tambahan yang berhubungan dengan pantai tersebut.

 

Misalnya sejarah nama pantai, mitos atau cerita di balik nama atau hal-hal yang berhubungan dengan pantai. Termasuk daerah sekitar pantai yang menarik. Salah satunya informasi mengenai situs bersejarah yang ada di Sepanjang yaitu Banyusepuh. Banyu berarti air sedangkan sepuh artinya basuh atau membasuh.

 

Banyusepuh bisa dipahami sebagai mata air yang digunakan untuk membasuh atau membersihkan. Konon dulunya digunakan para wali untuk membersihkan pusakanya. Namun keberadaan situs ini tidak terawat sehingga hanya terlihat seperti bekas kubangan air dengan rumput liar di sekelilingnya.

 

Oleh-oleh Menarik

 

Saat berada di pantai watu kodok mungkin berbeda saat berada di pantai kapen karena tidak semua pantai di Gunungkidul terdapat tempat yang menjual oleh-oleh. Namun tidak demikian di Sepanjang ini. Anda bisa menemukan tempat yang menjual oleh-oleh menarik.

 

Souvenir yang terbuat dari kerang-kerangan dengan beraneka ragam bentuk seperti kereta, orang-orangan, binatang dan sebagainya. Bagaimana? Sudah memutuskan akan berkunjung ke Pantai Sepanjang? Jika anda membeli paket wisata Jogja murah, anda akan mendapatkan kemudahan untuk mengunjungi pantai ini.

 

Alamat:  Desa Kemedang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY