Alasan Mengapa Harus Mengunjungi Pantai Krakal

Membicarakan Gunungkidul tidak bisa dilepaskan juga dengan keberadaan pantai-pantainya. Deretan pantai yang seakan tidak ada habisnya karena  selalu muncul pantai-pantai baru dengan keindahan yang ditawarkan. Jadi jangan terlalu heran ketika muncul pantai-pantai baru padahal merasa sudah mengunjungi seluruh pantai di Gunungkidul. Pasalnya pantai-pantai baru tersebut berada di lokasi yang jauh dari jalan utama sehingga sulit dijangkau. Namun tidak sedikit pula pantai di Gunungkidul yang lokasinya mudah ditemukan. Salah satunya adalah Pantai Krakal. Sudahkah Anda mengunjunginya?

 

Tentang Pantai Krakal

 

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Krakal maka Anda harus pergi ke Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sebuah pantai yang sudah lama dikenal memiliki pemandangan yang indah dengan spot menarik. Selain itu pantai ini dikenal sebagai salah satu tempat berselancar favorit para wisatawan mancanegara.

 

Ada ombak yang sangat dikenal dan ditungu-tunggu para surfer yaitu reef break. Ombak yang dinilai menantang karena cukup besar. Tentu saja diperuntukkan bagi para peselancar profesional sedangkan bagi para pemula jelas tidak disarankan.

 

Selain itu  para peselancar juga perlu berhati-hati karena pantai ini penuh dengan batu karang. Jika Anda memang gemar berselancar atau sedang menukuninya maka Anda harus membawa peralattan surfing yang dimiliki. Apalagi dengan harga tiket masuk pantai krakal yang cukup terjangkau karena dengan Rp 10.000,- sekaligus bisa mengunjungi  pantai lainnya yaitu Pantai Sundak, Kukup dan Baron.

 

Kisah di Balik Pantai Klayar

 

Di balik keindahaan pantai ternyata ada kisah yang diyakini sebagai sejarah pantai krakal. Dimana pantai ini dulunya merupakan karang di dasar laut. Kemudian adanya proses alam yaitu terangkatnya kerak bumi ke permukaan sehingga menjadi daratan dan terbentuklah pantai.

 

Batuan karang ini dipercaya sebelumnya ditinggali ikan-ikan saat di dasar laut. Karena banyaknya batuan karang yang tersebar kemudian pantai ini disebut Krakal. Saat berada di pantai ini, Anda akan melihat dua batu karang hitam yang nampak menjulang tinggi.

 

Batu karang ini dikenal sebagai batas dengan pantai yang ada di sampingnya. Kedua batu  karang ini ditumbuhi tumbuhan laut yang nampak subur di bagian permukaannya.

 

Batuan karang tersebut bisa didaki karena disediakan semacam jalan setapak  untuk menuju ke atas. Namun pastikan Anda memakai alas kaki saat mendakinya. Hal ini dikarenakan tanaman pada batu karang ini berduri tajam sehingga bisa melukai ketika tidak berhati-hati.

 

Meskipun pada saat mendaki perlu berhati-hati namun setelah sampai di puncak, Anda bisa menikmati pemandangan dari atas. Sebuah pemandangan yang  indah. Anda juga bisa melihat sebuah pantai kecil yang ada di sebelahnya. Anda pun bisa mengunjungi dengan menyusuri bukit karang tersebut.

 

Atau bisa turun terlebih dahulu dan menyusuri pantai kecil tersebut ke arah barat. Jadi, tidak mengherankan apabila belakangan banyak pengunjung yang mencari tahu mengenai penginapan pantai krakal ternasuk tarif yang ditawarkan.

 

Kaya Jenis Ikan

 

Pantai selalu memberikan keindahan masing-masing. Begitu pun yang akan Anda saksikan ketika berada di pantai Watu Bolong dengan batu karang berlubangnya. Kemudian pantai Slili dengan segala keindahannya. Pemandangan alam pun bukan satu-satunya daya tarik ketika berada di pantai.

 

Hal menarik lainnya ketika pantai tersebut kaya akan ikan. Berbagai jenis ikan laut bisa ditemukan. Tidak sedikit pengunjung yang memancing termasuk nelayan. Nah, Krakal termasuk pantai dengan jenis ikan-ikannya. Salah satu jenis yang disukai adalah umbal.

 

Jenis ikan ini biasanya menempel di batu karang. Biasanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan rempeyek. Anda pun jangan ragu untuk mencoba menu seafood yang ditawarkan di warung-warung sekitar pantai.

 

Bioata Laut lainnya

 

Selain umbal dan ikan laut lainnya, pantai ini juga kaya dengan biota laut lainnya. Misalnya ikan-ikan hias yang menghiasi pantai. Ikan-ikan tersebut berenang diantara batu karang dan lumut seakan-akan berada di akuarium raksasa. Anda  tentu tidak akan melewatkan pemandangan ini. Apalagi jika sebelumnya juga sudah mengunjungi pantai Sepanjang dengan segala keistimewaan yang diberikan.

 

Di pantai dengan garis pantai paling panjang diantara yang lain menawarkan debur ombak yang memberikan kenyamanan untuk menikmatinya bersama hamparan pasir putihnya. Pantai Krakal tidak akan mengecewakan para pengunjungnya yang ingin memperoleh kenyamanan selama liburan.

 

Untuk kenyaman anda dalam berlibur dan berkunjung ke pantai Krakal, paket tour Jogja dari agen wisata bisa menjadi pilihan anda.

 

Alamat:  Desa Ngestiharjo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY
Koordinat GPS: -8.145081, 110.598847
No Telp: 0813-2656-7422