Lakukan Ini Saat Berada di Pantai Pok Tunggal

Padatnya aktifitas memberikan beban terhadap pikiran. Inilah mengapa liburan diperlukan. Beruntung Indonesia kaya dengan alamnya sehingga tidak sulit menemukan tempat-tempat wisata menarik. Termasuk di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Meskipun dalam setiap perjalanan liburan tidak selalu meninggalkan cerita menarik namun tetap saja akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Seperti saat berlibur di Pantai Pok Tunggal. Sederet pengalaman menyenangkan pun bisa dirasakan.

 

Tentang Pantai Pok Tunggal

 

Pantai Pok Tunggal memang merupakan salah satu pantai yang sering menjadi destinasi utama  di Kabupaten Gunungkidul selain pantai populer lain seperti pantai Indrayanti. Selain itu ada pula Baron, Sepanjang, Kukup, Krakal, dan Drini. Bahkan tiket masuk pantai pok tunggal cukup mengeluarkan sebesar Rp 10.000. Anda pun bisa menikmati pemandangan yang begitu cantik.

 

Suasana pantai memang jauh berbeda dengan suasana kota. Suara klakson maupun deru kendaraan digantikan dengan suara debur ombak yang terkadang mengagetkan sekaligus menenangkan. Dengan memilih paket liburan Jogja dari agen wisata, anda tidak perlu repot-repot mengunjungi pantai ini.

 

Pemandangan di pantai selalu mampu mengalihkan perhatian sementara, melupakan sejenak masalah yang dialami demi menikmati setiap keindahaan selagi bisa menikmatinya. Bagaimana bisa pandangan mata teralihkan dari ombak biru yang menghempaskan pasir ditambah dengan hamparan pasirnya yang menyambut setiap langkah yang menyusuri pantai. Belum lagi dengan pemandangan perbukitan yang ada di sekelilingnya semakin memberikan pemandangan alam yang epik. Bisa dikunjungi saat pagi, siang, sore maupun malam hari.

 

Melihat Ikon Pantai

 

Saat berada di pantai pok tunggal camping Anda bisa menyusuri sekaligus mencermati setiap sisi pantai dan menemukan ikon pantai ini. Ikon tersebut merupakan pohon duras yang tumbuh rindang di bibir pantai. Pohon ini sangat dijaga pertumbuhannya oleh masyarakat sekitar. Hal ini tidak lain karena jenis pohon tersebut sangan sulit untuk tumbuh sehingga keberadaannya perlu dirahasaiakan terlebih dahulu.

 

Keberadaan pohon membuat pantai semakin lebih untuk dikenali. Tidak sedikit pengunjung yang mengambil foto di depan pohon tersebut.Namun selalu ingat untuk menghormati budaya setempat. Karena setiap tempat memiliki budaya yang berbeda. Termasuk budaya pada masyarakat pesisir. Pohon ikon pantai ini mampu memberikan pemandangan yang indah saat matahari terbenam. Benar-benar epik.

 

Pesona yang Mengagumkan

 

Saat menikmati pemandangan pantai pok tunggal sunset telah mampu memberikan perasaan gembira. Barisan tebing yang berdiri tegak seakan melindungi pantai dari bahaya. Ditambah lagi bahwa ada beragam satwa liar di tebing karang  di pantai. Semakin menantang untuk dikunjungi. Pantai yang berada di tengah tengah ini berada diantara Pantai Indrayanti dan Siung dan selalu menawarkan rasa ingin tahu.

 

Sayup terdengar debur ombak yang mendebarkan. Sangat menyenangkan saat pagi atau sore biar tidak terlalu panas. Lebih-lebih saat langit berwarna biru cerah, laut yang jernih dan siap untuk menyusurinya. Ditambah suguhan pasir putihnya yang membuatnya semakin memesona dan membuat mata terpana.

 

Asal Nama Pok Tunggal

 

Saat mendengar pertama kali nama pantai Somandeng tentu penasaran. Termasuk saat mengetahui nama pantai ini. Pok Tunggal sendri diambil dari pohon duras yang menjadi ikon pantai. Nah, karena pohon tersebut hanya ada satu itulah mengapa disebut sebagai pok tunggal. Untuk mengetahui lebih lengkap kisah nama pantai ini, bisa bertanya kepada warga sekitar yang ditemui. Misalnya tukang parkir, penjual kopi atau makanan. Cara ini tidak hanya sekedar mencari tahu nama pantai saja. Tetapi juga sekaligus sebagai bagian dari interaksi dengan masyarakat sekitar. Bagaimana bertemu orang baru, saling bercerita dan menemukan pengalaman baru.

 

Rute Menuju Pantai

 

Menuju pantai Ndawud tentu saja jalur yang ditawarkan juga berbeda. Karena lokasinya yang saling berdekatan dengan Indrayanti maka Anda bisa sekaligus singgah saat sedang mengunjungi salah satu pantai. Apalagi untuk menempuhnya cukup dengan waktu sekitar 15 menit. Sementara jika ditempuh dari Yogyakarta kota setidaknya membutuhkan waktu sekitara dua jam perjalanan.

 

Untuk mengetahui rute menuju lokasi, sebenarnya bisa menggunakan google map. Namun terkadang hal tersebut kurang efektif ketika tiba-tiba jaringan internet lemah. Nah, inilah keuntungan telah menyiapkan rute lokasi. Jika sudah siap memperoleh pengalaman baru yang menyenangkan selama liburan, maka Anda harus segera putuskan untuk memilih Pantai Pok Tunggal Gunungkidul sebagai destinasi.

 

Alamat:  Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY.