Ini Loh Alasan Mengapa harus ke Pantai Sadranan

Keindahan pantai Sadranan tak perlu diragukan. Birunya laut kontras dengan buih ombak dan pantai begitu pula dengan pemandangan di sekelilingnya. Kombinasi warna yang ada memberikan perasaan senang. Ditambah dengan suara desir ombak maupun angin memberikan perasaan tenang. Perpaduan yang pas sebagai tempat untuk melepaskan stress yang dialami pikiran maupun badan.

 

Ditambah dengan efek sensori ketika kulit menyentuh pasir, batu karang maupun ombak saat bermain air. Inilah mengapa, berapa kalipun mengunjungi pantai Sadranan di Jogja ini selalu memberikan perasaan ingin berkunjung kembali.

 

Mengenal Pantai Sadranan

 

Salah satu pantai yang jangan sampai untuk dilewatkan untuk dikunjungi adalah Pantai Sadranan. Sebuah pantai yang berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebuah pantai dengan keindahaan yang menawan. Keuntungan mengunjungi pantai-pantai di Gunungkidul adalah lokasinya yang berdekatan.

 

Sehingga jangan heran ketika membayar tiket masuk pantai sadranan sebesar Rp 10.000,- sudah termasuk tiket untuk mengunjungi pantai lain seperti Pok Tunggal, Drini, Sepanjang, pantai sundak, Baron, Krakal, dan pantai indrayanti.

 

Bahkan ada juga pantai  lain yang tidak menarik uang masuk karena belum dikelola secara profesional atau masih sepi. Biasanya hanya mengganti biaya parkir. Pantai selalu memiliki daya tarik. Sehingga tidak mengherankan pengunjung  tidak memandang musim. Baik musim hujan maupun kemarau selalu saja ada yang berkunjung ke pantai.

 

Asal Usul Nama Sadranan

 

Perlu diketahui asal usul nama sadranan berasal dari katar nyadran yang berarti ritual sedekah laut. Ritual ini dilakukan sebagai wujud untuk mengungkapkan rasa syukur masyarakat setempat kepada Maha Pencipta dengan laut dan seisinya. Masyarakat setempat memang mencari penghasilan melalui isi laut seperti ikan, rumput laut, kerang dan sebagainya.

 

Upacara adat ini dilakukan setiap setahun sekali. Sehingga menjadi keberuntungan bagi Anda ketika bisa melihat ritual yang dilakukan masyarakat setempat. Terlihat kompak dan ikhlas melakukan setiap laku yang harus dikerjakan. Menyatu dengan alam, upaya dekat dengan Maha Pencipta, ucapan syukur atas setiap rezeki yang diperoleh. Jadi, jangan ragu untuk mencari tahu penginapan pantai sadranan atau sekitarnya sehingga bisa menikmati wisata budaya dan alam ini.

 

Lokasi Snorkeling

 

Pantai ini tempat favorit anak-anak muda. Biasanya digunakan untuk camping maupun snorkeling. Camping di pantai selalu menyenangkan. Apalagi jika dinikmati bersama teman. Menikmati udara pantai di malam hari, gelapnya malam menikmati kerlip bintang, ditambah suara  debur ombak yang membuat suasana semakin rileks. Camping di sadranan ini bisa menjadi paket wisata yang lengkap.

 

Pasalnya bisa menikmati pemandangan pantai, matahari terbenam maupun terbit sekaligus snorkeling. Melihat keindahan pemandangan bawah laut. Apalagi waktu yang tepat untuk snorkeling adalah saat laut sedang surut. Biasanya di pagi atau sore hari.

 

Nah, dengan menginap atau camping maka kesempatan itu sangat terbuka lebar dilakukan. Jika tidak memiliki peralatannya, di pantai ini juga menyewakannya. Toh, biaya snorkeling di pantai sadranan cukup terjangkau. Anda juga bisa memperoleh pemandu.

 

Persiapan yang Diperlukan

 

Melakukan perjalanan misalnya menuju pantai Somandeng tentu saja membutuhkan persiapan. Mulai dari mencari lokasi, peralatan yang perlu dibawa, termasuk bekal dan rute perjalanan yang diperlukan. Rute menuju Sadranan sendiri bisa melalui jalan menuju Pantai Krakak. Selanjutnya  Anda bisa menyusuri jalan sepanjang pantai Krakal. Susuri jalan hingga menemukan petunjuk jalan untuk masuk ke Sadranan.

 

Persiapan lain yang diperlukan bisa peralatan yang akan dibawa. Misalnya senang memancing, tidak ada salahnya membawa peralatan pancing apalagi jika sekaligus camping. Jika tertarik melakukan snorkeling pun bisa bahkan ketika tidak membawa peralatannya.

 

Namun jika memang memiliki peralatannya sebaiknya dibawa agar tidak perlu bergantian dengan pengunjung lain. Ketika melakukan snorkeling untuk selalu ingat menggunakan alas kaki atau pelindung kaki agar karang-karang tidak melukai saat snorkeling.

 

Bahkan jangan sampai merusak atau  menyentuh terumbu karang yang ada. Jangan segan untuk bertanya pada warga sekitar. Karena bisa saja Anda akan lebih memperoleh  kesenangan dengan mengunjungi Pantai Sadranan. Untuk pengalaman terbaik berkunjung ke pantai ini, anda bisa menggunakan jasa agen wisata dengan memilih paket wisata Jogja.

 

Alamat:  Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY