Pesona Tlogo Putri Kaliurang

Kawasan wisata Kaliurang memang sudah banyak dikenal. Namun tidak banyak yang mengetahui dimana saja spot menarik yang biasanya bisa dikunjungi. Kaliurang selalu dikenal dengan hawanya yang dingin, nyaman untuk menyepi dan mengurangi penat. Tidak heran jika ada banyak penginapan yang tersedia. Penginapan kelas menengah ke bawah maupun menengah ke atas. Sering dijadikan lokasi untuk family gathering, meeting terbatas untuk internal kantor, makrab organisasi sekolah atau mahasiswa dan sebagainya. Semakin ramai saat musim liburan tiba. Salah satunya adalah Tlogo Putri.

 

Mengenal Tlogo Putri

 

Tahukah Anda dengan Tlogo Putri? lokasinya berada di kawasan Kaliurang. Meskipun bernama tlogo atau telaga namun Anda tidak akan menemukan telaga di sini. Anda akan menemukan sebuah bendungan atau embung dengan ukuran kecil. Meskipun bukan telaga namun bendungan tersebut bisa menjadi tempat untuk bersenang-senang dengan bermain kano ataupun bebek air. Belum lagi pemandangan di sekelilingnya juga tidak membosankan. Ditambah ada banyak arena bermain seperti jungkat-jungkit, ayunan, bianglala dan sebagainya.

 

Dengan harga tiket masuk tlogo putrid yang terjangkau, konsep tempat ini sangat pas menjadi tempat wisata untuk keluarga, berbagai usia. Jika mengunjungi tempat ini di hari Minggu maka Anda bisa menikmati juga panggung hiburan mulai dari seni tradisional seperti Jathilan, kubro siswo, topeng ireng, musik campursari, orkestra melayu ataupun dangdut. Toh, untuk menikmati pertunjukan tersebut para pengunjung tidak dikenai biaya.

 

Tempat Wisata Keluarga

 

Mengapa tempat ini bisa menjadi tempat wisata yang pas untuk keluarga? anak-anak bisa bermain dengan wahana permainan yang ada, para remaja pun bisa bermain air dengan naik bebek air maupun kano atau mungkin berenang karena tersedia pula kolam renang. Bisa juga memilih trekking menyusuri jalan setapak, memasuki hutan dan singgah di tlogo muncar kaliurang maupun Watu Kemloso.

 

Karena tempat ini juga menjadi lokasi favorit untuk trekking. Jadi tidak perlu heran ketika berada di sini kemudian sering berpapasan dengan banyak orang. Sementara orang dewasa atau orang tua biasanya senang menikmati pemandangan alam sekitar. Berada di ketinggian 900 mdpl membuat tempat ini terasa sejuk, segar dan untuk beberapa orang bisa terasa sangat dingin. Jika tidak kuat dengan hawa dingin maka sebaiknya menggunakan pakaian atau jaket tebal.

 

Menyusuri Sisa Erupsi

 

Tempat ini juga menjadi tempat yang dilewati Lava Tour. Sebelum erupsi 2010, bisa dikatakan tempat ini merupakan hutan lebat yang menjadi habitat elang jawa dan monyet. Anda pun masih bisa menemui monyet-monyet tersebut selama wisata di sini.

 

Biasanya mereka mencari makan di sekitar pohon-pohon yang ada. Monyet-monyet tersebut pun tidak menganggu asalkan Anda tidak mencoba-coba untuk usil dengan mereka. Sisa-sisa erupsi pun masih bisa ditemui. Biasanya pengunjung yang ingin menyusurinya akan menggunakan paket wisata jeep Tlogo Putri.

 

Kuliner Khas Kaliurang

 

Sebelum Anda mengunjungi Taman Nasional Gunung Merapi ataupun Goa Jepang tidak ada salahnya bersantai di sini. Apalagi ada banyak makanan khas kaliurang yang nikmat di sini. Udara dingin paling enak tentu saja sambil menikmati makanan. Makanan yang jarang ditemui di tempat lain. Beberapa kuliner khas yang harus dicoba adalah Jadah Tempe. Jadah terbuat dari beras ketan putih sedangkan tempenya adalah tempe bacem.

 

Keduanya  biasanya dilekatkan jadi satu dan dimakan bersamaan. Perpaduan manis baceman tempe dan gurihnya jadah jelas tidak mengecewakan. Selain itu Anda juga perlu mencoba sate ataupun tongseng kelinci. Daging kelinci yang empuk dengan bumbu sate maupun tongseng yang meresap. Makanan-makanan tersebut bisa ditemui dengan mudah di sekitar lokasi.

 

Keunggulan wisata di sini adalah wisata alamnya. Bahkan untuk tempat golf pun juga mengandalkan pemandangan alamnya yang rupawan. Salah satunya di merapi golf. Alam selalu tidak ada bandingan. Masih banyaknya pohon-pohon, memberikan suasana yang menyenangkan.

 

Tenang, sejuk dan minim polusi udara. Apalagi tempat ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet, musolla, tempat sampah, maupun tempat parkir yang luas. Berkunjung ke Tlogo Putri bisa jadi akan menjadi salah satu destinasi wisata di Jogja yang tidak terlupakan.