Gardu Pandang Kaliurang – Sensasi Melihat Merapi dari Ketinggian

Merapi selalu menjadi pemandangan menarik dari berbagai angle. Saat mendari Merapi pun akan memperoleh menakjubkan. Pada saat melihat Gunung Merapi dari kejauhan atau ketinggian juga memberikan sensasi yang berbeda. Tidak heran, setiap kali cuaca cerah, tidak hujan atau mendung dimana gunung api teraktif tersebut terlihat angkuh sekaligus anggun maka orang pun tidak akan menyia-nyiakannya. Selalu menyimpan memori tersebut  dan tidak jarang mengabadikannya dalam kamera mereka. Bagaimana dengan Anda?

 

Sekilas Gardu Pandang Kaliurang

 

Gardu Pandang Kaliurang bisa dikatakan merupakan salah satu tempat terbaik untuk melihat Gunung Merapi dari ketinggian. Tidak hanya menikmati pemandangan Gunung Merapi dari ketinggian saja tetapi juga bisa melihat betapa menakjubkannya Bukit Turgo. Apalagi dengan suhu udara berkisar 19 hingga 25 derajat Celcius. Memberikan sensasi berbeda. Hembusan angin, dinginnya suhu dan tenangnya suasanya. Terkadang jauh lebih dingin, tergantung cuaca dan kecepatan angin.

 

Melalui gardu tersebut tidak jarang bisa melihat juga kawanan monyet yang sedang mencari makan. Jika Anda penasaran dimana alamat gardu pandang kaliurang maka Anda hanya perlu mengunjungi kawasan wisata Kaliurang dan membayar tiket di pintu masuk kawasan tersebut. Setelah itu Anda bisa berada di Gardu Pandang. Tentu saja jika banyak pengunjung maka Anda setidaknya harus menunggu giliran untuk bisa ke atas dan  menikmati pemandangan dari ketinggian. 

 

Festival of Light Turgo Hills

 

Mungkin ada yang bertanya-tanya acara di gardu pandang kaliurang atau kegiatan apa yang bisa dilakukan selama berada di lokasi tersebut? ketika berada di gardu pandang ini, Anda bisa menyaksikan gunung merapi, taman dari atas dan adakalanya kawanan monyet yang sedang mencari makan. Selain itu Anda juga bisa melihat Festival of light yang berada di gardu pandang turgo ini tepatnya di sebelah barat persis Goa Jepang.

 

Pada lahan sekitar 1 ha ini menjadi taman dengan berbagai bentuk lampu berwarna-warni. Ketika berkunjung di siang hari Anda bisa menikmati hijau taman dengan rumput dan bunga. Nah, di malam hari tempat ini penuh dengan warna-warni lampu.

 

Tiket masuk gardu pandang kaliurang pun cukup terjangkau. Untuk masuk kawasan kaliurang cukup membayar Rp 3000,- belum termasuk parkir. Sementara jika datang di malam hari untuk menikmati festival lampu tersebut, pengunjung dikenai tarif Rp Rp 20.000,-. Perlu diingat  tarif atau harga tiket masuk ke sebuah tempat wisata selalu berubah sewaktu-waktu jadi jika memang datang rombongan sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu.

 

Toh, saat ini keberadaan media sosial sangat membantu. Namun Anda tidak perlu ragu, festival tersebut akan membosankan. Karena setiap tahunnya, festival lampu tersebut memiliki tema yang berbeda. Sehingga jika Anda memperoleh kesempatan untuk mengunjungi festival tersebut jangan ragu untuk singgah barang sejenak.

 

Fasilitas Pendukung

 

Saat berada di lokasi pun, Anda tidak perlu khawatir dengan kenyamanan yang diberikan. Tempat ini telah didukung dengan berbagai fasilitas. Sehingga Anda tidak perlu merasa was-was tiba-tiba ingin buang air kecil, sekadar cuci muka atau cuci tangan karena ada banyak toilet yang tersebar di beberapa titik. Selain itu juga dilengkapi musalla sehingga tidak khawatir  akan terlambat menjalankan sholat. Saat berada di lokasi, Anda dan keluarga benar-benar bisa bersantai menikmati pemandangan sekitar. Selain itu tersedia gazebo di beberapa titik untuk bersantai. Tempat parkir pun cukup luas.

 

Dekat dengan Wisata Lain

 

Ketika berada di Kawasan Kaliurang, Anda perlu benar-benar memanfaatkan waktu yang ada. Menikmati setiap obyek wisata yang ada. Apalagi ada banyak komplek wisata yang sayang dilewatkan. Misalnya saja Tlogo Putri. Jangan lupakan juga lava tour atau wisata off road kalikuning. Belum lagi museum ullen sentalu dan lainnya.

 

Berbagai makanan khas pun bisa ditemui misalnya jadah dan tempe bacem yang sangat terkenal di wilayah Kaliurang. Toh, ada banyak penginapan di kawasan ini. mulai dari penginapan kecil seperti losmen hingga hotel berbintang. Jadi, selama di kawasan wisata ini tidak hanya bisa mengunjungi Gardu Pandang Kaliurang saja tetapi juga bisa menikmati liburan dengan ditemani sejuknya suasana dan beragam pilihan tempat wisata lainnya.

 

Alamat: Kaliurang Barat, Hargobinangun, Pakem, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55582