Serunya Berpetualang di Goa Jepang

Hiking maupun trekking termasuk jenis wisata yang tidak hanya mengandalkan fisik semata namun juga pengetahuan dan perhatian kita terhadap keadaan sekitar. Saat berjalan menyusuri rute yang ada, kita harus memperhatikan jalan mana yang bisa dilewati dan mana yang harus dihindari. Selain itu memperhatikan pemandangan sekitar dan mempelajari sejarah tempat  tersebut. Nah, hiking maupun trekking di kawasan pegunungan dan goa memberikan tantangan tersendiri. Tantangan pada fisik dan rasa penasaran untuk melanjutkan perjalanan. Karena tidak jarang, rute yang dilewati cukup curam dan membutuhkan konsentrasi tinggi. Seperti di Goa Jepang.

 

Mengenal Goa Jepang

 

Goa Jepang merupakan salah satu kompleks gua buatan pada masa penjajaha Jepang. Gua buatan ini dibangun sekitar 1942 hingga 1945 dan memiliki fungsi untuk tempat berlindung bagi para tentara Jepang pada masa itu dari tentara Sekutu. Pada masa itu tentara Jepang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia sehingga keberadaan gua buatan Jepang ini pun juga tersebar di berbagai tempat.

 

Karena saat itu dijadikan tempat persembunyian maka diasumsikan untuk jangka waktu lama sehingga di dalam gua pun ada beberapa ruang yang digunakan untuk menyimpang senjata maupun untuk menyimpan bahan logistik selama bersembunyi. Goa jepang kaliurang jogja tepatnya bisa ditemukan di kompleks wisata alam Nirmolo Kaliurang. Kompleks wisata ini berada di bawah pengelolaan Taman Nasional Gunung Merapi.

 

Ada 25 Gua

 

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, keberadaan gua jepang memang ada dimana-mana. Ada goa jepang bantul atau gua yang berada di kota yang ada di provinsi lainnya seperti di Jawa Timur, Jawa Barat, Bali, NTT, dan lainnya. Namun keberadaan gua buatan jepang yang ada di bukit Plawangan ini begitu spesial. Mengapa?

 

Karena setidaknya ada 12 hingga 25 gua yang bisa ditelusuri. Gua pertama berhubungan dengan gua kedua dan ketiga. Namun memasuki gua keempat sudah tidak berhubungan dengan gua-gua lainnya tetapi lokasi tetap berdekatan. Gua-gua tersebut masih asli dan tidak terdapat penerangan sehingga untuk menjelajah satu gua dan lainnya harus membawa penerangan yang memadai.

 

Untuk mencapai lokasi gua-gua tersebut memang tidak seperti saat hiking atau trekking di Tlogo Putri. Setidaknya dari pintu masuk Nirmolo Kaliurang membutuhkan waktu sekitar 45 menit atau lebih – tergantung bagaimana kecepatan selama perjalanan. Selain itu perlu diketahui bahwa kondisi jalan menanjak dan berliku. Jadi memang membutuhkan fisik yang kuat sehingga sebaiknya memang harus dibiasakan untuk latihan fisik terlebih dahulu sebelum benar-benar berpetualang di sini.

 

Lokasinya cukup tinggi, harus jalan memutar dengan rute yang berkelok-kelok. Belum lagi kondisi jalan yang berbatu dan curam. Jika musim penghujan jalanan pun bisa dipastikan lebih sulit dilalui karena licin. Tidak mengherankan jika gua-gua tersebut susah dilewati karena keberadaan gua tersebut dulunya untuk tempat persembunyian.

 

Berpetualang sekaligus Belajar Sejarah

 

Selama menyusuri jalanan menuju gua-gua tersebut termasuk saat mengunjungi goa jepang parangtritis sekalipun Anda tidak hanya menikmati wisata petualangan namun juga belajar sejarah. Anda bisa memanfaatkan jasa pemandu di sana. Selain kondisi gua yang masih asli dan tanpa penerangan ada baiknya memang memanfaatkan pemandu agar perjalanan lebih nyaman dan aman.

 

Anda juga bisa bertanya banyak hal misalnya siapa yang menemukan terlebih dahulu, bagaimana kondisi saat ditemukan pertama kali dan sebagainya. Toh, tarif pemandu tersebut cukup terjangkau. Mereka sekaligus menyewakan penerangan yang cukup memadai.

 

Menikmati Pemandanggan Eksotis

 

Saat berkunjung ke embung tambak boyo mungkin Anda bisa menikmati pemandangan air dengan suasana alam sekitar, begitu pula saat berada di merapi gloft yang memberikan pengalaman berbeda saat bermain golf. Begitu pula saat berada di goa jepang bantul menikmati suasana berada di dalam gua. Wisata alam selalu memberikan kejutan yang tidak terkira.

 

Apalagi dengan kondisi alam atau cuaca yang tidak bisa diprediksi. Adakalanya memperoleh pemandangan cerah dengan langit biru, adakalanya dengan awan putih yang mendominasi di tengah hijaunya alam dan tidak jarang hujan deras menghadang. Ditambah dengan kawanan monyet yang berkeliaran akan membuat pemandangan alam semakin eksotis. Jadi sudah siapkah Anda berpetualang di Goa Jepang?