Bersih dan Indahnya Pantai Somandeng

Salah satu alasan mengapa pantai Somandeng selalu menarik dikunjungi karena suasana dan keindahan yang ditawarkan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Di tengah modernisasi yang ada, sangat mudah menemukan tempat-tempat dengan berbagai teknologi yang ditawarkan.  Tempat wisata buatan dengan berbagai teknologi canggih di dalamnya.

 

Namun tidak ada yang bisa mengalahkan keindahan alam. Suara debur ombak terasa menenangkan mengalihkan pendengaran dari deru kendaraan. Udara segar pantai mengalahkan asap polusi kendaraan. Birunya laut berpadu dengan buih ombak maupun biru langit dan putihnya awan mengalihkan pandangan dari baliho iklan di jalanan. Siapa yang akan menolak jika diajak berlibur di pantai?

 

Tentang Pantai Somandeng

 

Pantai Somandeng merupakan salah satu pantai di Gunungkidul dengan pesona yang ditawarkan. Anda bisa mengunjunginya di Desa Tepus, Kelurahan Tepus, Kecamatan Tepus, KabupatenGunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai dengan batu karang dan rumput lautnya serta binatang laut seperti kerang, kepiting dan bulu babi. Pun tiket masuk pantai somandeng bisa diperoleh dengan harga terjangkau.

 

Segala penat yang dirasakan akan tergantikan dengan perasaan lega dan bahagia. Pantai ini berada diantara Pantai Sundak yang berada di sebelah timurnya dan Pantai Indrayanti yang berada di sebelah baratnya. Ketika berada di salah satu pantai tersebut kemudian ingin mengunjungi Somandeng, tidak ada salahnya bertanya arah mana yang dituju kepada warga sekitar yang dengan senang hati akan membantu.

 

Peran Warga Setempat

 

Sebelum pantai ini dikenal dan mulai ramai pengunjung, dulunya sangat kotor dan tidak terawat. Kemudian para pemuda desa berupaya menjaga kelestarian pantai dengan saling bekerja sama membersihkan sampah bahkan merapikannya. Kegiatan ini setidaknya dilakukan seminggu sekali. Tentu saja atas sepengetahuan pemerintah desa.

 

Tidak hanya membersihkan dan merapikan tetapi juga  melengkapinya dengan tempat  sampah dan tempat parkir untuk para  pengunjung. Upaya ini pun tidak sia-sia. Pengunjung silih berganti, kebersihan dan kelestarian pantai pun terjaga.

 

Tingginya minat pengunjung pun diiringi semakin mudahnya menemukan penginapan pantai somandeng atau penginapan yang lokasinya paling dekat dengan pantai tersebut. Selain itu tempat ini juga didukung warung-warung makanan maupun minuman dan gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat.

 

Kebersihan dan keindahan pantai pun didukung dengan mudahnya menemukan rute pantai somandeng. Meskipun belum terlalu banyak petunjuk jalan yang bisa ditemukan namun ketika Anda bertanya kepada warga sekitar bisa dipastikan Anda akan memperoleh jawaban dengan ramah. Hanya saja jika menggunakan kendaraan umum justru hanya akan menyulitkan.

 

Sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa. Baik menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Jika Anda dari arah Yogyakarta kota, bisa memanfaatkan Google map terlebih dahulu untuk bisa sampai di Kabupaten Gunungkidul. Setelah itu Anda bisa bertanya kepada warga setempat.

 

Mencari Keriangan diantara Biota Laut

 

Saat berada di pantai Ndawud hal menyenangkan yang bisa dilakukan tentu saja bermain air dan menikmati pemandangan yang ada. Begitu pula saat berada di pantai kajar maupun pantai lain. Pantai seakan menarik perhatian untuk sekedar menginjakkan kaki di pasir atau karang. Kemudian bermain buih ombak atau berlarian menghindarinya namun berteriak riuh saat terkena ombak.

 

Sementara di Somandeng, Anda juga bisa menemukan kebahagian dengan biota laut yang ada. Mulai dari batu karang yang ditumbuhi rumput laut. Belum lagi kerang, kepiting, bulu babi maupun ikan-ikan kecil di sela-sela batu karang yang menari-nari. Sangat menyenangkan melihat beragam ikan berwarna-warni berkejaran.

 

Penuh Potensi Wisata

 

Sebagaimana pantai watu wene maupun pantai lain di Gunungkidul, ada beragam potensi wisata yang bisa dimanfaatkan lebih maksimal. Selain pemandangan alam, interaksi dengan warga jangan lupakan potensi untuk sarana edukasi tentang menjaga kelestarian pantai. Misalnya dipenuhinya pantai ini dengan pohon cemara udang, tidak hanya memberikan rasa teduh selama berada di pantai.

 

Tetapi juga mampu melindungi pasir pantai dari abrasi. Pantai ini bisa sekaligus memberikan edukasi tentang lingkungan terhadap para pengunjung. Jangan lupa juga dengan kuliner seafood pantai ini. Banyak warung dengan menu seafood beragam jenis. Jadi, sudahkah berminatkah Anda untuk segera menyempatkan waktu mengunjungi Pantai Somandeng Gunungkidul ini?

 

Banyak paket wisata di Jogja dengan tujuan ke pantai Somandeng yang di tawarkan oleh berbagai agen wisata yang bisa ada dapatkan bila anda berencana mengunjungi pantai ini.

 

Alamat:  Desa Tepus, Kelurahan Tepus,Kecamatan Tepus, KabupatenGunung Kidul, DIY