Indahnya Pantai Sundak

Pantai Sundak menawarkan setiap keindahan yang ada. Setiap sudut pantai menawarkan cerita. Setiap pengunjung pun memiliki pengalaman berbeda. Pantai ini selalu memberikan ruang untuk bersenang-senang. Suara riang selalu ada perpadu dengan debur ombak. Apalagi saat liburan tiba, pantai ini selalu dipenuhi para pengunjung.

 

Pantai-pantai di Yogyakarta tersebar di berbagai daerah sehingga siapa saja pun bisa melihatnya namun setiap kali mengunjungi pantai di tempat berbeda selalu mengusik rasa penasaran. Tempat yang dikenal dengan indahnya pantai yang ada salah satunya adalah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sudahkah Anda mengunjungi salah satu pantainya, pantai Sundak?

 

Mengenal Pantai Sundak

 

Pantai Sundak bisa dikatakan salah satu pantai  favorit di Gunungkidul. Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang rupawan. Suasana  menyenangkan selalu ditawarkan bagi para pengunjung yang selalu datang silih berganti. Baik di pagi, siang, sore maupun menginap atau camping di pantai ini. Para pengunjung bisa berenang, bermain air atau duduk dengan nyaman di tepi pantai sambil melihat-lihat pemandangan yang ditawarkan.

 

Jika Anda membawa tikar atau alas maka bisa duduk-duduk atau justru tiduran di tepi pantai. Banyak alternatif aktifitas yang bisa dilakukan apabila ingin mengeksplorasi pantai ini. Jadi jika Anda memang tertarik mencari penginapan pantai sundak maka Anda tidak akan menyesal memilih berlibur di sini. Liburan di pantai selalu mampu memberikan pengalaman berkesan dan mengantarkan Anda pada  keindahan alam yang lebih banyak.

 

Tempat Menikmati Matahari Terbit

 

Beberapa orang saat mengunjungi sebuah tempat populer biasanya hanya sekedar mengikuti tren – pokoknya asal tidak ketinggalan zaman. Akibatnya hanya sekedar mengunjungi kemudian asal jeprat-jepret lalu unggah di media sosial masing-masing dan membanggakannya. Namun sama sekali tidak menikmati wisata bahkan perjalanan yang dilakukan.

 

Padahal saat berada di suatu tempat termasuk pantai, hal yang paling penting justru bagaimana menikmati suasana yang ada dan menemukan hal menarik selama berada di lokasi tersebut. Salah satu hal yang jangan sampai dilewatkan ketika berada di Sundak adalah pemandangan terbitnya matahari. Keindahannya tidak perlu diragukan sampai-sampai tempat wisata ini dikenal juga sebagai pantai Sundak sunrise.

 

Cerita di Balik Nama Sundak

 

Nama sebuah tempat selalu mampu menggelitik rasa penasaran. Misalnya saat mendengar nama pantai pok tunggal tentu penasaran apa maksud nama tersebut. Termasuk asal mula pantai bernama Sundak ini. Konon, pantai ini terbentuk sejak lama dan memiliki nama berbeda. Awalnya tempat tersebut bernama Wedibelah yang artinya pasir yang membelah.

 

Hal ini dikarenakan dulunya tempat ini saat musim hujan air di daratan banyak yang mengalir ke laut sehingga dataran di sebbelah timur pantai membelah sampai-sampai membentuk seperti sungai. Air yang mengalir pun seakan-akan membelah pasir. Sedangkan saat musim kemarau, belahan tersebut menghilang seiring air laut yang lama-kelamaan membawa pasir.

 

Beberapa tahun kemudian terjadi sebuah peristiwa seekor anjing yang kelaparan masuk ke dalam gua dan bertemu dengan landak lalu ingin menjadikannya sebagai santapannya. Namun ternyata landak tersebut tidak menyerah dan melakukan perlawanan. Meskipun pada akhirnya anjing menang dan berhasil memakannya. Pada saat itu desa tersebut sedang kekurangan air.

 

Berkat anjing yang keluar dari gua dalam keadaan basah kuyup, mendorong rasa penasaran warga bahwa di dalam gua tersebut terdapat sumber air. Perkiraan para warga pun tidak salah karena memang terdapat sumber air di dalamnyya. Kemudian dipasang pipa dan menjadikan air tersebut untuk keperluan warga. Sejak saat itu nama tempat tersebut menjadi Sundak yang berasal dari kata asu (anjing) dan landak. Anda tidak akan menyesal mengeluarkan uang untuk tiket masuk pantai sundak dengan segala keindahan pemandangan maupun cerita  di baliknya.

 

Suasana Alam yang Mempesona

 

Cerita di balik nama Sundak tersebut tentu berbeda dengan nama pantai Trenggole dan pantai Goa Watulawang maupun pantai lain. Namun dibalik nama sebuah tempat selalu menyenangkan untuk dibicarakan. Apalagi saat melakukan api unggun atau camping di pantai sambil menikmati suasana malam. Hal ini bisa dilakukan selama berada di pantai ini. Menikmati pemandangan malam dengan menikmati ikan segar yang dibakar. Jadi, Anda tidak akan menyesal menyempatkan waktu berlibur di Pantai Sundak Gunungkidul.

 

Dengan memilih tour Jogja murah dengan pilihan ke pantai Sundak, anda akan mendapatkan penawaran menarik. Anda bisa mendapatkan paket wisata ini dari berbagai agen wisata di Yogyakarta.