Keunikan Pantai Trenggole dengan Batu Kubusnya

Sebagai salah  satu kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan deretan pantai indahnya, Gunungkidul selalu  dipadati wisatawan. Tidak hanya pantai-pantai yang sudah populer saja yang diserbu pengunjung tetapi juga pantai-pantai yang belum banyak dikunjungi. Hal ini tidak lain karena setiap pantai memiliki daya tarik masing-masing. Sehingga setiap pantai baru yang  muncul selalu mengundang rasa penasaran. Apalagi saat ini liburan seakan sudah menjadi kebutuhan utama masyarakat modern yang setiap harinya berkutat dengan padatnya aktifitas. Dan pantai termasuk salah satu tujuan favorit.

Mengenal Pantai Trenggole

Pantai Trenggole merupakan saah satu pantai di pesisir selatan Gunungkidul yang belakangan disukai. Pantai ini bisa Anda kunjungi di Dusun Ngasem, Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Pulang Syawal atau Indrayanti. Tepatnya di sebelah timur Indrayanti dan dibatasi dengan bukit karang kecil.

 

Garis pantai Trenggolek sekitar sepertiga garis Pantai Indrayanti namun pemandangan alam yang ditawarkan tidak jauh berbeda. Memiliki daya tarik dengan pasir putihnya dan lebih landai dibandingkan Pulang Syawal. Pada bagian tepi pantai Anda bisa melihat tanaman khas pantai seperti pohon cemara udang dan pandan laut. Karena menghadap langsung samudra, pantai ini memiliki ombak yang cukup besar. Sehingga saat mengunjungi pantai tersebut, sebaiknya Anda cukup waspada dan tidak langsung bermain air atau berenang.

Batu Kubus di Trenggole

Data tarik pantai watu wene tentu berbeda dengan Trenggole. Di pantai ini, Anda bisa melihat deretan batu kubus yang tidak akan ditemukan di pantai lain. Setidaknya terdapat 20 batu berbentuk kubus berwarna hitam yang berderet di tepi pantai. Konon batuan tersebut memang asli kawasan pantai dan memang sengaja diletakkan di area pantai.

 

Ada yang mengatakan batu kubus tersebut bermanfaat menahan gelombang air laut maupun abrasi laut. Selain itu juga berfungsi melindungi pipa instalasi pengolahan air laut. Perlu diketahui bahawa di pantai tersebut terdapat bangunan instalasi pengolahan air laut. Pada bangunan tersebut sebagian diataranya dibangun pagar di sekelilingnya. Tidak heran jika sebebelumnya orang menganggap bahwa kawasan pantai ini tertutup.

Bangunan instalasi yang ada di Trenggole ini merupakan Unit Budidaya Air Laut Pantai Sundak Kabupaten Gunungkidul dengan luas 23.009 m². Instalasi tersebut digunakan untuk mengolah air laut sebelum dialirkan ke kolam-kolam budidaya ikan bandeng. Produksi Benih Bandeng memang menjadi fokus unit kerja dari Teknologi Perikanan Budidaya Air Laut.

 

Aliran air tersebut adakalanya digunakan pula untuk kolam pembesaran udang dan lobster. Jika Anda berkesempatan untuk memasuki bangunan instalasi maka Anda bisa melihat beberapa kolam lingkaran dengan kedalaman hingga lima meter. Kolam-kolam tersebut digunakan untuk menampung air. Pengalaman ini tentu tidak akan dirasakan ketika berada  di pantai seruni atau pantai watulawang maupun pantai lainnya.

Minim Fasilitas Pendukung

Dibandingkan dengan pantai kajar di Trenggole ini Anda tidak akan menemukan fasilitas pendukung layaknya di pantai-pantai lain. Meskipun dibuka untuk umum sebagai tempat wisata sejak 2012 namun fasilitas tidak didukung dengan baik. Hal ini dikarenakan keberadaan unit budidaya air laut tersebut. Ditambah keberaan penjaga d bangunan tersebut. Pantai juga nyaris tidak dikelola dengan baik.

 

Sehingga membuat orang tidak menyadari keberadaan pantai ini. Tidak sedikit pula yang menganggap pantai tersebut  tertutup untuk umum. Padahal pengunjung bisa menikmati keindahaannya. Dan tentu saja Anda bisa berlibur dan berenang dengan nyaman.

Rute Menuju Trenggole

Setiap kali ingin mengunjungi pantai-pantai di Gunungkidul seperti  pantai somandeng maupun Trenggole tentu mencari keberadaannya. Beruntung lokasi pantai-pantai tersebut saling berdekatan sehingga lebih memudahkan para wisatawan. Jika Anda dari arah Kota Yogyakarta untuk sampai di Gunungkidul setidaknya membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

 

Anda bisa menggunakan motor atau mobil. Perlu diingat bahwa lokasi pantai-pantai tersebut biasanya jauh dari jalan utama. Sehingga persiapkan diri Anda jika harus hiking atau tracking melewati ladang penduduk hanya untuk sampai di lokasi. Namun semua akan terbayarkan ketika berada di pantai. Termasuk saat berada di Pantai Trenggole Gunungkidul.

 

Alamat:  Dusun Ngasem, Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY
No Telp: 0852-2878-1885