Terpesona dengan Pantai Ndawud Gunungkidul

Paparan bisingnya lalu lintas kota ditambah panasnya polusi asap kendaraan yang ada semakin menambah berat pikiran yang sudah penuh dengan tekanan. Liburan menjadi waktu yang paling ditunggu. Tempat-tempat wisata selalu diburu. Apalagi yang senang dengan wisata alam seperti gunung dan pantai yang dianggap mampu memberikan kesegaran dan memberikan ruang untuk melepaskan segala penat. Salah satu tempat yang diburu dengan pantai-pantainya adalah Gunungkidul, Yogyakarta yang memang terkenal dengan pesona pantainya. Salah satunya adalah pantai Ndawud.

 

Mengenal Pantai Ndawud

 

Pantai Ndawud bisa jadi belum banyak orang yang mengetahuinya bahkan mungkin orang Jogya sekalipun dibandingkan Pantai Indrayanti, Drini, Kukup, Pok Tunggal maupun beberapa pantai terkenal Gunungkidul lainnya. Namun pantai yang berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki keindahan yang tidak kalah mengagumkan. Perlu diketahui daya tarik pantai Dawud Gunungkidul ini terletak pada keindahan pantai yang masih alami.

 

Belum terlalu banyak sampah dan terasa nyaman serta damai karena pengunjung tidak terlalu banyak. Belum familiarnya nama pantai ini membuat pengunjung pun belum banyak yang singgah. Padahal dengan ukuran pantai yang tidak terlalu luas, memungkinkan para pengunjung bisa menjelajahinya lebih puas. Bisa bermain air, berenang maupun duduk-duduk nyaman tanpa khawatir menganggu pengunjung lainnya. Bisa menjadi tempat untuk berlibur dengan tenang.

 

Masih Alami

 

Keunggulan pantai baru Gunungkidul termasuk pantai ini tentu suasana yang masih alami. Semakin padat pengunjung maka tingkat kenyamanan semakin berkurang karena harus berbagi tempat dengan banyak orang. Saat pantai masih sepi, kita tidak perlu khawatir tidak memperoleh tempat untuk sekedar duduk-duduk menikmati pemandangan pantai. Tidak khawatir terganggu kenyamanan saat melihat laut lepas karena masih sedikitnya orang lalu lalang.

 

Saat mencari ketenangan maka pantai bisa menjadi pilihan terbaik. Hanya bermodalkan tikar atau hammock kemudian buku atau makanan ringan dan minum maka liburan sederhana nan nyaman bisa Anda dapatkan. Tidak semua pantai bisa menyediakan kenyamanan tersebut.  Jika memang menginginkannya, tidak ada salahnya  mencari tahu  pantai  mana yang paling nyaman untuk menyepi.

 

Pantai-pantai sepi seperti pantai Senuni ini juga sering menjadi salah satu tempat favorit untuk camping. Sekedar ingin menikmati udara pantai di malam hari atau berburu pemandangan bintang di malam hari yang akan terlihat di tempat yang memang minim cahaya lampu penerangan di pemukiman. Apalagi camping bersama teman selalu menghangatkan suasana.

 

Menikmati suasana alam terbuka seringkali memberikan inspirasi. Bisa berhubungan dengan pekerjaan maupun kehidupan. Alam seringkali memberikan kejutan yang tidak terduga termasuk pada saat liburan. Tidak sedikit orang yang kemudian melakukan lagi setelah merasakan pengalaman pertama camping di alam terbuka. Camping di pantai salah satunya.

 

Membutuhkan Persiapan Matang

 

Ketika Anda telah memutuskan untuk wisata alam terutama di pantai yang masih alami atau belum ramai pengunjung seperti pantai goa Watulawang selalu lakukan persiapan dengan matang. Misalnya mencari tahu tentang pantai tersebut di internet maupun media sosial. Apa keunggulan dan keunikan tempat tersebut. Bisa juga asal mengetahui tempat kemudian mencari dan mengunjungingi.

 

Untuk keputusan satu ini setidaknya Anda membawa perbekalan yang cukup. Kemungkinan besar pantai-pantai sepi masih minim fasilitas. Jika pun ada biasanya kurang memadai. Misalnya keberadaan warung makan atau minum jadi. Kemudian perlengkapan pendukung misalnya tikar atau hammock yang bisa digunakan sewaktu-waktu ketika tempat yang dikunjungi cukup memadai untuk bersantai.

 

Bagaimana Menemukan Lokasi Ndawud

 

Berencana melakukan liburan setidaknya harus mengetahui terlebih dahulu dimana tujuan. Dan untuk mengunjungi pantai serah tentu harus menemukan lokasinya terlebih dahulu. Begitu pula dengan Ndaud. Bisa memanfaatkan google map atau bertanya  melalui media sosial mengenai rute pantai yang ingin dituju.

 

Dari Gunungkidul sendiri setidaknya membutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan untuk mencapainya jika perjalanan dilakukan dari arah Kota Yogyakarta. Saat sudah berada di sekitar lokasi pun, tidak jarang harus melakukan tracking melewati semak belukar. Tetapi tidak perlu ragu, karena warga  sekitar biasanya akan memberikan jawaban dengan ramah  bahkan menunjukkan arah untuk menuju Pantai Ndawud Gunungkidul.

 

Punya rencana mengunjungi pantai ini? Dengan paket wisata Jogja murah, anda akan mendapatkan kemudahan menikmati pantai Ndawud.

 

Alamat:  Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta