5 Hal Menarik yang Bisa Ditemui di Museum Dirgantara

Mengajak anak-anak ke tempat wisata atau mengenal hal-hal baru bisa memberikan wawasan baru bagi mereka. Seperti ke Museum Dirgantara. Kita tidak tahu apakah setiap momen yang ada akan selalu mereka ingat. Namun ketika mereka senang melakukannya maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap perkembangan mereka. Nah, jika Anda memiliki anak, keponakan atau adik, ajak mereka hal-hal yang belum mereka ketahui sebelumnya. Hal-hal yang baik untuk masa depan mereka. Misalnya mengajak mereka ke museum dirgantara untuk mengenalkan profesi pilot militer. Siapa tahu membuat mereka tertarik menjadi pilot? 

 

Mengenal Museum Dirgantara

 

Museum Dirgantara terletak di dalam kompleks TNI Angkatan (AU) Yogyakarta. Awalnya museum ini ada di Jakarta namun berdasarkan sejarahnya TNI AU yang lahir di Jogja maka dalam perkembangannya, museum ini kemudian direlokasi di kompleks Lanud Adisucipto, Maguwo. Melalui museum ini Anda bisa melihat berbagai hal yang berhubungan dengan kedirgantaraan dan aviasi militer. Ada enam ruangan di Museum Dirgantara Mandala yang bisa Anda masuk.

 

Keenam ruangan tersebut terbagi atas Ruangan Utama, Kronologi 1, Kronologi 2, Paskhas, Alutista dan Diorama. Meskipun ini adalah museum namun penataan setiap ruangan begitu rapi dan pengunjung pun bisa merasakan kenyamanan selama berkeliling. Jika Anda khawatir kunjungan museum kurang berkesan karena kurang memahami seluk beluk sejarah di dalamnya maka Anda bisa meminta jasa pemandu. Museum memang menyediakan pemandu resmi berseragam khas AU.

 

Koleksi Pesawat yang Dimiliki

 

Setiap museum selalu memiliki koleksi benda-benda sesuai dengan nama-nama mereka. Koleksi benda-benda yang berada di museum geoteknologi mineral tentu berbeda dengan museum dirgantara. Di museum ini Anda bisa melihat puluhan koleksi pesawat terbang. Tidak melulu pesawat tempur, Anda juga bisa melihat koleksi pesawat angkut.

 

Setiap pesawat memiliki sejarah masing-masing, sejarah bagi AU maupun perjuangan Indonesia.  Misalnya pesawat WEL–1 RI–X, sebuah pesawat dengan mesin dan tempat duduk tunggal serta dengan sayap atas. Pesawat ini merupakan rakitan pesawat pertama Indonesia pada 1948. Pesawat lainnya yaitu Bomber Tu-16. Pesawat buatan Rusia, pesawat paling besar dan ditakuti di masanya, dan sebagainya.

 

5 Hal Menarik yang Bisa Ditemui di Museum Dirgantara

 

Berbeda saat berkunjung ke Museum Pergerakan Wanita yang berisi tentang bagaimana sejarah pergerakan perempuan di Jogja maupun di Indonesia, maka pada saat Anda berkunjung ke Museum Dirgantara setidaknya ada beberapa hal menarik yang bisa ditemui, diantaranya :

  1. Bisa melihat puluhan pesawat terbang. Ingin “me time” bareng anak tetapi bingung kemana, atau diminta kakak untuk mengurus keponakan atau ingin ambil hati adik pacar? Kenapa tidak mencoba mengajak mereka ke museum ini. Ada beragam jenis pesawat yang menarik perhatian.
  2. Bisa mencoba simulator Pesawat P-51 Mustang. Penasaran bagaimana rasanya menerbangkan pesawat terbang? Nah, di sini Anda bisa mencoba simulator untuk menerbangkan pesawat. Anda bisa merasakan bagaimana sensasi yang diperoleh saat sedang mengoperasikan pesawat.
  3. Bisa berpose ala pilot pesawat militer. Museum menyediakan penyewaan peralatan yang diperlukan seorang pilot seperti kostum penerbang, overall dan helm. Jadi, Anda tinggal menyewanya sekitar Rp 20.000,- kemudian berpose di depan pesawat atau di dalamnya lalu meminta teman untuk mengabadikan momen tersebut.
  4. Mengetahui lebih dalam tentang hal-hal kedirgantaraan. Seperti halnya museum lainnya dimana kita bisa belajar mengenai sejarah masa lalu mengambil pelajaran yang bisa diperoleh, begitu pula di museum ini. Mengenal bagaimana sejarah kedirgantaraan Indonesia, melihat koleksi pesawat maupun rudal dan sebagainya.
  5. Menikmati pemandangan alam di sekitar museum. Di halaman museum disediakan kursi-kursi kayu yang diletakkan di bawah pohon. Benar-benar klasik. Sangat nyaman untuk bercengkerama bersama keluarga sambil menikmati bekal makanan yang mungkin dibawa.
Di Dalam dan Luar Ruangan

 

Berbeda dengan koleksi-koleksi di Museum/Monumen Pahlawan Pancasila maka koleksi pesawat yang ada di museum dirgantara bisa dilihat di dalam maupun di luaran ruangan. Beberapa koleksi pesawat ditata rapi di ruang Alutista, beberapa koleksi pesawat lainnya berada di halaman dengan rumput hijau yang makin sedap dipandang. Berada di Museum Dirgantara menjadi sebuah kunjungan yang tidak membosankan.