5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Candi Sari

Setiap orang memiliki ketertarikan yang berbeda terhadap tempat – tempat wisata. Ada yang menyukai pantai, ada yang lebih suka hiking di gunung, ada yang lebih suka shopping di mall, ada yang menyukai tempat – tempat bersejarah seperti museum, monumen, candi dan lainnya. Mengapa tidak keluar dari zona nyaman dan jika memungkinkan – baik waktu maupun biaya, mencoba mengunjungi setiap tempat wisata yang ada. Apalagi jika tempat tersebut berada di suatu tempat  yang memang belum banyak diketahui. Mengunjungi tempat – tempat yang belum banyak dikunjungi sekaligus memberikan harapan bagi warga sekitar, harapan mereka bisa memperoleh tambahan penghasilan. Mau mencoba? Salah satunya adalah Candi Sari.

 

Mengenal Candi Sari

 

Candi Sari terletak di Desa Bendan, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman. Mungkin belum banyak yang mengetahui candi tersebut. Candi ini memang belum sepopuler Candi Prambanan maupun candi lainnya. Namun bukan berarti tidak layak dikunjungi. Candi ini justru sangat menarik untuk dikunjungi. Bentuknya unik seperti rumah yang bertingkat lengkap dengan jendela dan lubang pintu.

 

Memiliki nama lain Candi Bendan karena lokasinya di Desa Bendan. Memiliki relief yang mirip dengan relief Candi Plaosan. Candi ini juga penuh dengan arca dengan pahatan yang indah. Perlu diingat candi ini bukanlah Candi Sambisari. Nama keduanya memang mirip namun berbeda satu sama lain. Lokasinya pun berbeda, jadi jangan sampai salah. 

 

Cara Menuju Lokasi

 

Lokasi candi ini berada sekitar 12 km arah timur pusat kota Yogyakarta. Anda bisa menggunakan transportasi umum, menyewa mobil, atau membawa kendaran sendiri. Jika Anda menggunakan transportasi umum maka Anda bisa menggunakan bus jurusan Yogja – Solo. Bisa naik dari fly over Janti atau dari Terminal Giwangan. Kemudian turun tidak jauh dari Candi Kalasan.

 

Candi Kalasan berada di kanan jalan. Untuk menuju Candi Sari Anda perlu belok kiri dan melanjutkan perjalanan sekitar 3 km. Atau bisa juga menggunakan ojek. Ada banyak jasa ojek di sekitar lokasi. Paling mudah jika rombongan dengan mengajak teman atau keluarga. Tinggal menyewa mobil maka urusan beres. Atau mencoba menggunakan ojek online? toh lokasi masih berada di Jogja.

 

5 Hal yang Perlu Diketahui tentang Candi Sari

 

Setiap candi memiliki keunikan yang berbeda. Bisa karena bentuknya, mungkin pahatan dindingnya, atau jumlahnya. Namun berikut ini setidaknya yang bisa Anda ketahui secara sekilas mengenai Candi Sari, yaitu :

  1. Candi Sari terdiri dari tiga ruangan masing-masing memiliki ukuran 3,48 x 5,80 meter. Padahal sebagian besar candi hanya terdiri dari satu ruangan dan tingkatan. Atau ada satu candi utama kemudian dikelilingi candi-candi pelengkap seperti candi Ijo. Tetapi tidak dengan candi sari.
  2. Masing-masing ruangan candi dihubungkan dengan pintu dan jendela. Itulah mengapa dari kejauhan terlihat seperti kastil. Terdapat sepasang arca laki-laki dan perempuan yang sedang memegang teratai di ambang pintu dan jendela.
  3. Terdapat 36 pahatan arca pada Candi Sari. Candi Sari berbentuk bertingkat dengan dinding yang mengelilingi bagian tengah candi. Nah, di bagian dinding luarnya Anda bisa melihat pahatan relief maupun hiasan yang tersusun rapi.
  4. Bisa juga melihat corak pahatan Kinara Kinari (manusia burung) Sulura dan Kumuda (bunga dan daun yang menjulur dari jambangan berbentuk bulat) serta Kalamara Candi di dinding candi.
  5. Berdasarkan setiap relief yang ada, Candi Sari merupakan candi agama Budha. Candi tersebut konon merupakan asrama para bikhu. Selain itu ada pembagian ruang yang digunakan untuk wihara.
Wisata Sejarah dan Alam

 

Belum diketaui secara pasti kapan candi ini dibangun tetapi kemungkinan besar pada abad 8 M. Tentu hal yang menarik bagaimana candi dibuat dan tetap berdiri hingga kini. Mengunjungi candi selain menikmati arsitektur jaman dulu juga mengagumi bagaimana teknologi yang digunakan.

 

Selain itu wisata candi biasanya dikelilingi alam yang asri dengan rumputnya yang hijau. Sebagaimana candi Ratu Boko yang dikelillingi padang rumput yang luas. Bagi penggemar fotografi tentu tidak boleh melewatkan kesempatan memperoleh angle yang berbeda dan tentu saja menarik ketika sedang berada di Candi Sari.

 

Jam Buka: Setiap Hari (09.00 – 17.00 WIB)
Harga Tiket: Dewasa (Rp 2000,-) Anak-anak (Rp 1.500,-)
Alamat: Bendan, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman
Koordinat GPS: -7.761503, 110.474316