Belajar Gamelan dan Wayang Kulit di Desa Wisata Grogol

Saat ini anak muda lebih akrab dengan drum, gitar, piano dan lainnya tetapi asing dengan gamelan, kulintang, dan lainnya. Begitu pula dengan wayang kulit. Mengenali siapa tokoh pada wayang kulit pun kesulitan. Apalagi ingin mengetahui seluruh cerita wayang yang ada. Wayang sendiri merupakan kesenian yang unik dan hanya orang-orang dengan keahliannya yang bisa membuatnya. Bagaimana jika sebuah desa wisata menyediakan kesempatan bagi para pengunjung untuk bisa meliha lebih dekat bagaimana cara pembuatan wayang kulit? Tentu menjadi hal menarik. Hal ini bisa ada temui jika anda mengunjungi desa wisata Grogol.

 

Sekilas tentang Desa Wisata Grogol

 

Desa wisata grogol berada di Margodadi, Seyegan, Sleman. Sering disebut sebagai desa budaya karena Grogol merupakan lokasi yang sudah dikenal sebagai tempat untuk pembuatan wayang kulit dan gamelan. Pengunjung pun bisa melihat sekaligus mempelajari bagaimana proses pembuatan wayang kulit. Termasuk bahan maupun alat yang diperlukan. Untuk wayang kulit yang berkualitas tentu saja membutuhkan bahan yang juga berkualitas tinggi.

 

Selain mengetahui bagaimana pembuatan wayang kulit, dengan tiket masuk desa wisata grogol Anda juga bisa menyaksikan pertunjukan kesenian tradisional. Seperti wayang kulit, karawitan, keroncong dan campursari. Desa ini sangat tepat apabila digunakan sebagai tempat untuk mengenalkan jenis-jenis kesenian tradisional kepada anak-anak maupun generasi muda. Sehingga mereka pun bisa mengenal dan menghargai budaya bangsa. Toh, saat ini agak sulit menemukan publikasi di media massa mengenai kesenian tradisional. Sehingga keberadaan desa wisata dengan seni tradisional bisa menjadi solusi.

 

Wisata Alam dan Ziarah

 

Selain memiliki daya tarik dengan wisata budayanya, Grogol juga menawarkan wisata alamnya. Adalah Upacara Tuk Bedhug yang tentu berbeda dengan wisata bajak laut grogol. Tuk Bedhug merupakan sumber mata air di desa wisata ini. Desa ini memang memiliki banyak potensi wisata.

 

Selain wisata budaya dengan kesenian tradisionalnya, Anda juga bisa melakukan ziarah karena di desa ini terdapat Petilasan Sunan Kalijogo yang bernama Ketandan. Belum lagi lingkungan alam yang ada, ditambah adanya bangunan kuno, tobong gendeng dan lainnya. Jika ingin memperoleh foto-foto klasik hitam putih maka di desa ini Anda akan menemukan banyak obyek menarik.

 

Wisata Kuliner

 

Jika berada di desa wisata bokesan Anda akan dimanjakan dengan kuliner ikannya karena di desa ini memang dikenal dengan desa wisata budidaya ikan maka di Grogo anda juga menemui kuliner yang sayang jika tidak dicicipi. Kuliner tradisional dengan ciri khas desa ini.

 

Anda bisa mencoba sego gundhangan atau nasi gudhangan yaitu nasi dengan berbagai sayuran seperti daun kenikir, kacang panjang, dan lainnya dicampur dengan sambal atau bumbu yang terbuat dari campuran kelapa parut dan sambel yang dikukus. Ditambah dengan lauk tempe goreng, tahu goreng dan telur rebus. Bisa juga mencoba nasi tumpeng dan cethil. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya?

 

Akses Menuju Desa Wisata

 

Akses menuju Desa Wisata Brayut dikenal cukup mudah karena bisa dilalui kendaraan roda dua maupun empat. Nah, begitu pula dengan akses ke desa wisata satu ini. Kendaraan roda dua maupun empat tidak akan menemui kesulitan ketika menuju lokasi. Selain itu tempat ini juga sudah didukung dengan lokasi parkir yang luas. Tempat parkir tesebut mampu menampung setidaknya 50 mobil, 300 motor dan 4 bus.

 

Jalanan pun sudah beraspal sehingga tidak menyulitkan. Lokasi desa ini sangat dekat dengan jalan besar yang menghubungkan Godean dan Seyegan. Jika Anda dari arah Jogja maka Anda bisa melaju ke arah Godean hingga ketemu dengan pasar Godean. Selanjutnya belok kanan atau ke arah utara. Terus saja ikuti jalan tersebut setidaknya 3,5 km Anda akan bertemu dengan lapangan yang berada di kanan jalan sebelum Selokan Mataram. Berarti Anda sudah menemukan desa wisata tersebut.

 

Setiap mengunjungi desa wisata tentu memberikan pengalaman berbeda. Jika berada di desa wisata wisata Banyusumilir sangat kuat nuansa petualangan alam. Menariknya, tingginya pengunjung juga membuat warga sekitar selalu berbenah. Selalu kompak memberikan yang terbaik bagi para pengunjung. Jadi jangan heran jika sedang berada di Desa Wisata Grogol Anda seperti berasa di rumah sendiri dengan kenyamanan dan keramahan yang diberikan.

 

Alamat: Grogol, Margodadi, Seyegan, Margodadi, Seyegan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55561