Wisata Budaya di Desa Wisata Brayut

Keramahan warga desa menjadi  daya tarik tersendiri. Bagaimana mereka saling menyapa saat berpapasan di jalan. Saling membantu saat tetangga membutuhkan bantuan. Saling membantu saat tetangga sedang ada hajatan. Tidak segan menengok dan memberikan bantuan saat tetangga sedang sakit atau tertimpa musibah. Interaksi yang diperlihatkan para warga memberikan perasaan hangat akan kebersamaan. Ditambah dengan pemandangan alam sekitar dan segarnya suasanya maupun udara yang minim polusi. Suasana seperti inilah yang bisa diperoleh ketika berkunjung ke desa wisata Brayut.

 

Tentang Desa Wisata Brayut

 

Desa Wisata Brayut berada di Dusun Brayut, Pendowoharjo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Saat berkunjung di desa ini, Anda akan merasakan masih kentalnya budaya. Warga desa masih memegang teguh tradisi dalam keseharian termasuk dalam bercocok tanam.

 

Desa ini memang memiliki basis dalam bidang pertanian. Banyak sisi kearifan lokal  masyarakat yang bisa dipelajari. Misalnya dalam arsitektur rumah penduduk dengan rumah joglo-nya, bangunan bentuk limasan, sinom maupun kampung. Selain itu ada pula kegiatan membatik, karawitan, seni tari, kuliner, temasuk permainan tradisional, maupun kegiatan konservasi yang berhubungan budaya maupun lingkungan.

 

Hal-hal tersebut tidak akan Anda lewatkan ketika menggunakan paket desa wisata brayut yang ditawarkan dengan harga terjangkau. Apalagi saat berkunjung ke desa ini Anda juga bisa bertanya lebih lanjut atau mencari tahu mengenai sejarah desa wisata brayut.

 

Kearifan Lokal dalam Bertani

 

Ketika berkunjung ke desa wisata religi mlangi tentu lebih kuat dengan aktifitasnya yang berbasis kegiatan keagaaman. Sedangkan di Brayut Anda akan menikmati wisata dengan suasana alam yang nyaman. Belum lagi dengan berbagai kegiatan yang kuat dengan kearifan lokalnya.

 

Bagi masyarakat modern kegiatan bertani mungkin hal asing. Atau mungkin lebih kenal dengan jenis pertanian modern seperti hidroponik yang tidak menggunakan tanah. Nah, di kampung ini Anda akan lebih mengenal pertanian mulai dari membajak sawah, menanam padi, mencabut benih padi yang disebut dengan ndawut, memanen padi dengan ani-ani, menjemur padi, maupun memetik jeruk di kebun organik warga. Wisatawan tidak hanya bisa melihat saja tetapi juga bisa sekaligus belajar atau ikut serta dalam kegiatan masyarakat.

 

Belajar Membajak Sawah

 

Tidak hanya di desa wisata pertanian trumpon saja Anda bisa belajar pertanian tradisional. Karena di Brayut pun Anda bisa menikmati persawahan hijau. Kemudian pemandangan petani yang sedang membajak sawah dengan kerbau. Anda pun bisa mencobanya.

 

Termasuk saat menanam padi atau memanen padi. Apalagi ditambah dengan pemandangan Gunung Merapi yang tampak indah. Selain itu Anda juga bisa belajar membajak sawah dengan sapi. Karena berbeda dengan membajak menggunakan traktor, menggunakan sapi berarti Anda pun harus mengendalikan sapi tersebut dan mampu membuatnya bergerak. Anda juga bisa ikut memandikan sapi, memberi makan atau merumput dengan para petani.

 

Fasilitas Lengkap

 

Hal yang menyenangkan saat mengunjungi desa wisata petung adalah para pengunjung tidak hanya memperoleh kenyamanan dalam berwisata. Tetapi berbagai fasilitas pendukung yang semakin menambah ketenangan saat berwisata. Untuk diketahui akses menuju Brayut dikenal mudah baik menggunakan roda dua maupun roda empat.

 

Karena tingginya kunjungan wisatawan mendorong para warga untuk mengelola akses jalan dengan baik. Penginapan pun bisa ditemui dengan mudah, begitu pula dengan tempat ibadah, tempat membeli cindera mata, maupun tempat belajar budaya seperti seni tari maupun batik karena Anda bisa menemuka sanggar menari maupun membatik di sini.

 

Anda benar-benar bisa menikmati ketenangan selama tinggal di sini. Melupakan sejenak padatnya aktifitas maupun tekanan pekerjaan. Suasana alam yang mendukung begitu pula dengan kesegaran udara khas alam pedesaan. Jalan-jalan pagi dengan embun pagi masih menempel di dedaunan menyapa para warga yang sudah memulai aktifitas mereka untuk bertani.

 

Kemudian saat sore tiba bisa menikmati pemandangan matahari terbenam di persawahan. Makanan-makan khas desa yang sederhana namun nikmat. Sering digunakan sebagai lokasi outbond baik berbagai usia, tingkat pendidikan maupun jenis pekerjaan. Memilih Desa Wisata Brayut bisa menjadi pilihan wisata alam sekaligus budaya dengan paket lengkap dengan kenyamanan dan pengalaman yang tidak terlupakan.