Belajar Bertani di Desa Wisata Jamur Sleman Yogyakarta

Tinggal di perkotaan membuat orang jarang melihat area persawahan atau perkebunan. Akibatnya ketika sedang melewati area persawahan ketika dalam perjalanan bisa merasa sangat senang. Belakangan ini area persawahan maupun pertanian semakin berkurang. Tanah persawahan maupun area pertanian dan perkebunan banyak yang dijual pemiliknya kemudian berubah menjadi area perumahan. Pemukiman semakin bertambah namun area pertanian semakin berkurang. Perkotaan pun semakin padat. Sementara orang pun tetap senang berada di suasana alam yang asri. Tidak heran jika desa-desa wisata yang belakangan bermunculan semakin digemari. Salah satunya adalah desa wisata Jamur.

 

Sekilas Desa Wisata Jamur

 

Saat mendengar pertama kali mengenai desa wisata jamur mungkin Anda langsung mengira di desa ini banyak ditemukan jamur di berbagai sudut desa tersebut. Atau mungkin mengira bahwa desa wisata yang berada di Sendangrejo, Minggir, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini merupakan tempat dimana banyak orang yang menanam jamur. Namun Anda tidak akan menemukannya.

 

Tempat ini menawarkan para pengunjung untuk belajar pertanian secara tradisional. Selain itu juga bisa menikmati pembibitan udang galah dan ikan air tawar. Jangan sampai melewatkan pemandangan sekitar karena desa wisata jamur yogya ini dikeliling sawah dan pengairan. Dimana pengairan tersebut merupakan tempat untuk pembibitan udang galah dan ikan air tawar. Udang galah dan ikan air tawar ini bisa dikatakan sebagai potensi wisata di desa ini.

 

Rumah Joglo

 

Jika ingin merasakan kuliner desa wisata jamur maka Anda harus mengunjungi rumah joglo yang berada di bagian tengah desa. Rumah joglo tersebut merupakan tempat dimana Anda bisa menikmati berbagai jenis masakan yang dihasilkan dari perikanan yang dikembangkan di pengairan sekitar desa. Bisa dikatakan rumah joglo tersebut merupakan sebuah restoran dengan pemandangan alam sekitar.

 

Tidak sedikit pengunjung yang tertarik singga di sini karena pemandangan di sekitar restoran tersebut. Berada di tengah desa, dikelilingi sawah maupun sistem pengairan yang ada. Jangan heran jika banyak pengunjung yang menikmati suasana tersebut sambil menikmati makanan yang disediakan. Toh, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

 

Keunikan sebagai Daya Tarik

 

Orang berkunjung ke sebuah tempat misalnya desa wisata tidak semata karena nama desa tersebut. Bisa jadi hal lain dijadikan pertimbangan mengapa desa wisata tersebut dikunjungi. Ada alasan orang berkunjung ke desa wisata wisata Banyusumilir karena fasilitas atau pelayanan outbond yang diberikan sangat profesional dan benar-benar menyenagkan serta memberikan nilai edukasi bagi para pengunjung.

 

Begitu pula saat berada di Desa Jamur ini. Anda bisa belajar bertani, apalagi saat ini lahan pertanian semakin berkurang padahal tingkat konsumsi juga tetap meningkat. Jadi dengan belajar pertanian bukan tidak mungkin nantinya bisa menerapkannya sendiri di rumah untuk kebutuhan sendiri maupun untuk wirausaha.

 

Berbeda lagi dengan desa wisata bokesan dengan ikan-ikannya. Ketika Anda berkunjung ke desa tersebut maka Anda bisa menikmati pemandangan alam dengan banyak kolam ikan yang bisa dijumpai dengan mudah. Hampir semua warga memiliki kolam ikan. Anda pun tidak hanya bisa menikmati pemandangan saja tetapi bisa ambil bagian misalnya memberi makan ikan, memanen maupun mengolahnya.

 

Adanya hal menarik dari desa wisata inilah yang membuat orang tidak ragu untuk tinggal dan berinteraksi dengan warga lokal. Berinteraksi dengan keramahan, kesederhanaan, kebaikan dan mungkin bisa belajar bagaimana menikmati hidup. Apalagi saat ini setiap desa wisata sudah dikelola secara profesional. Kenyamanan dan keamanan wisatawan pun terjamin.

 

Akses dan Fasilitas

 

Ketika berkunjung ke Desa Wisata Brayut Anda bisa mencapai lokasi dengan mudah karena bisa diakses dengan kendaraan roda dua maupun empat. Selain itu penginapan juga bisa dijumpai dengan harga terjangkau. Adanya rumah ibadah, toilet, warung kecil untuk membeli keperluan sehari-hari atau sekedar ingin membeli camilan.

 

Warga sekitar sudah mengupayakan agar tempat tinggal mereka ramah bagi pengunjung. Para pengunjung bisa nyaman layaknya tinggal di rumah sendiri dan tidak segan untuk berkunjung kembali. Kemudahan akses transportasi, makanan, cendera mata didukung dengan keramahan warga. Begitu pula saat berkunjung ke Desa Wisata Jamur rasa nyaman dan puas berlibur di desa tersebut bisa didapatkan.

 

Alamat: JL. Magelang – Sleman, Sendangrejo, Minggir, Sendangrejo, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55562