Asrinya Desa Wisata Kaliurang Timur

Wisata Kaliurang selalu diminati. Udara yang sejuk, suasana yang tenang memberikan perasaan menyenangkan ketika liburan. Duduk – duduk di depan penginapan atau jalan-jalan pagi menikmati udara pagi yang berhembus. Ditambah dengan pemandangan alam yang asri. Wisata Kaliurang ini sangat cocok sebagai tempat wisata untuk keluarga. Bisa juga untuk acara gathering organisasi atau kantor. Ditambah dengan minuman panas, makanan pendamping seperti pisang goreng atau pisang rebus dan kacang rebus menghangatkan suasana. Siapa yang tidak menyukai suasana liburan seperti ini? Anda akan bisa mendapatkanya di desa wisata Kaliurang Timur.

 

Tentang Desa Wisata Kaliurang Timur

 

Desa wisata Kaliurang Timur berada di Hargobinangun,  Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini memiliki banyak daya tarik yang menawan. Pemandangan alam ditambah dengan aktifitas warga yang sayang untuk dilewatkan. Misalnya saja peternakan kambing etawa, kambing ini termasuk jenis kambing dimana tidak banyak orang membudidayakannya.

 

Tentu Anda penasaran untuk mengetahui apa keunggulan maupun perbedaannya dengan kambing lokal bukan? Belum lagi perkebunan yang ada di sini, perkebunan salak maupun perkebunan sayuran yang lain. Karena tempat ini mengandalkan pemandangan alamnya tentunya Anda bisa menikmati setiap sudut yang ada di desa ini layaknya sedang berada di taman bermain kaliurang. Pemandangan alam yang hijau dengan suasana tenang tentu tidak akan membuat orang merasa bosan. Bahkan menikmati setiap waktu yang dilalui.

 

Peran Aktif Warga

 

Keunggulan dari desa wisata adalah dimana dalam pengelolaannya melibatkan para warga. Selain itu pemasukan yang diperoleh pun juga untuk para warga. Dari mereka untuk mereka sendiri. Hal tersebut juga dirasakan saat berada di desa Wisata Gamplong dengan kerajinan tenunnya. Awalnya hanya beberapa yang menekuni kerajinan tersebut hingga akhirnya banyak yang menjalankan dan terbentuk paguyuban sampai menjadi desa wisata.

 

Ketika Anda mengunjungi desa wisata kaliurang timur ini Anda akan disambut tarian punokawan yang diperankan ibu-ibu lansia setempat karena memang kelompok kesenian mereka memberdayakan para lansia untuk tetap menikmati waktunya dengan tetap berkarya. Sehingga para lansia pun tetap merasa diperlukan perannya.

 

Potensi Lainnya

 

Berbeda dengan merapi park di desa wisata ini Anda bisa menikmati waktu liburan dengan bersenang-senang. Bagi penggemar wisata petualangan mereka menyediakan wisata tracking maupun menyewakan jeep. Tarif jeep pun cukup terjangkau artinya disesuaikan dengan rute yang nantinya ditempuh. Anda pun bisa berkeliling melalui rute lava tour. Kemudian bisa menikmati pula kesenian campursari maupun kesenian lainnya.

 

Mereka pun menyediakan home stay sekitar 30 rumah yang mampu menampung setidaknya hingga 300 orang. Jika Anda ingin tinggal bersama warga sambil mengikuti kegiatan harian mereka maupun sambil belajar melukis maka Anda pun bisa mengakses sanggar lukis yang ada. Tinggal bersama warga dan berinteraksi bersama mereka tidak hanya sekedar menginap namun tidak jarang seperti memiliki keluarga baru.

 

Jam Kunjung

 

Seperti ketika berada di desa wisata candi abang dimana Candi Abang memiliki waktu jam kunjung artinya tidak 24 jam bisa dikunjungi. Begitu pua dengan obyek wisata desa wisata kaliurang timur dimana setiap harinya mulai beroperasi dari jam 09.00 hingga 18.00 WIB. Namun hal tersebu akan berbeda ketika Anda menginap di desa tersebut.

 

Anda bisa menikmati keseharian warga, dengan udara sejuk pegunungan maupun pemandangan asri yang akan menyambut Anda setiap hari. Anda pun tidak menyesal jika memutuskan untuk menginap beberapa hari di desa ini. Pasalnya makanan khasnya juga sayang untuk tidak dinikmati. Sebut saja sate kelinci, sate kambing, ditambah jajanan tradisional seperti ampyang, pisang goreng maupun rebus, jadah tempe, kacang rebus dan lain-lain.

 

Kenyamanan yang diperoleh di desa wisata gabungan maupun desa wisata lain termasuk di desa wisata kaliurang ini juga didukung dengan kelengkapan fasilitas umum yang ada. Misalnya saja ruang pertemuan yang memungkinkan digunakan ketika ada organisasi maupun perusahaan atau kantor yang melakukan gathering maupun rapat. Kemudian tempat ibadah, toilet, area parkir, tempat makan, dan seterusnya. Jadi, tidak perlu ragu untuk memutuskan untuk liburan di Desa Wisata Kaliurang Timur atau tidak karena jelas tidak akan mengecewakan.

 

Alamat: Kaliurang Timur, RT. 05 / RW. 15, Hargobinangun, Pakem, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582