Mengapa Harus Liburan ke Pantai Belang?

Keindahan pemandangan yang ditawarkan seringkali menjadi daya tarik tempat-tempat wisata terutama wisata alam seperti pegunungan dan pantai. Apalagi jika di sekeliling pantai terdapat pegunungan maupun pohon-pohon pandan laut yang rimbun. Pantai akan terlihat semakin mempesona. Pemandangan semakin terlihat asri dan alami. Selain itu pemandangan saat matahari perlahan mulai terbenam yang selalu membuat mata terpesona. Inilah yang menjadi daya tarik pantai-pantai di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Salah satunya adalah Pantai Belang.

 

Tentang Pantai Belang

 

Pantai Belang bisa dikunjungi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini memiliki suasana yang menyegarkan. Apalagi termasuk bagian dari pantai gunungkidul yang masih sepi sehingga sangat cocok untuk bersantai atau menyepi.

 

Ditambah dengan pemandangan alam yang hijau di sekelilingnya. Memberikan suasana yang menenangkan. Anda pun bisa merancang apa saja yang bisa dilakukan selama berada di pantai. Dengan anda memilih paket tour Jogja murah dari agen wisata, anda akan mendapatkan kemudahan saat mengunjungi pantai ini.

 

Misalnya dengan membawa hammock atau tikar yang bisa digunakan untuk duduk-duduk dengan udara pantai menikmati debur ombak yang datang dan pergi. Bisa juga membawa peralatan memancing untuk mencari ikan selama berada di pantai.

 

Atau hanya sekedar berjalan-jalan dari ujung ke ujung, menjelajahi setiap sudut pantai. Tidak lupa membawa peralatan fotografi bagi penggemar hobi satu ini. Bisa dipastikan ada banyak angle foto yang diperoleh. Mulai dari pemandangan alam, candid aktifitas warga sekitar, maupun matahari terbenam jika memungkinkan.

 

Setiap pantai memang memiliki karakteristik masing-masing. Misalnya saja Pantai Kukup, Krakal, Baron maupun pantai drini yang dikenal sebagai pelabuhan nelayan tradisional. Selain itu dikenal juga sebagai tempat pelelangan ikan. Di pantai-pantai tersebut Anda bisa menyaksikan para nelayan yang menjual hasil tangkapan mereka setiap paginya. Ragam ikan yang dihasilkan pun berbeda-beda.

 

Begitu pula ketika Anda berada di Belang. Jika memang berminat untuk mencari ikan, ingin dibakar atau dijadikan oleh-oleh, tidak ada salahnya mencari informasinya pada pengelola atau penduduk sekitar. Karena tidak setiap waktu bisa memperoleh ikan-ikan tersebut. Ada waktu-waktu tertentu dimana ikan-ikan laut mudah diperoleh. Bahkan jenis-jenis ikan tertentu pun adakalanya hanya bisa diperoleh pada musim tertentu.

 

Aktifitas Lain yang Bisa Dilakukan

 

Selama berada di pantai kapen maupun Belang, ada banyak aktifitas yang bisa dilakukan. Terlebih jika sedang banyak pikiran, sekedar jalan-jalan di pantai kemudian duduk-duduk menikmati pemandangan yang ada, mampu memberikan ruang lega walau sejenak. Tanpa disadari aktifitas ini mampu mengisi energi dalam tubuh, pikiran dan badan pun akan terasa segar kembali.

 

Bahkan jika Anda suka hal-hal yang tenang dan sepi, pantai ini bisa saja memberikan inspirasi. Bisa berhubungan dengan pekerjaan maupun kehidupan. Bisa juga berenang di pantai. Namun untuk aktifitas satu ini, Anda harus memperhatikan tanda-tanda alam. Termasuk mengikuti pesan atau nasihat dari warga sekitar. Karena pantai-pantai selatan biasanya memiliki gelombang yang cukup tinggi.

 

Camping di Pantai

 

Penggemar wisata petualangan jelas akan memilih pantai baru di jogja sebagai destinasi liburan. Selain tidak dipadati pengunjung, kondisinya juga bersih jadi memberikan kenyamanan selama jalan-jalan. Sering juga digunakan sebagai lokasi untuk camping. Hal ini tidak lain karena kondisi alam yang mendukung.

 

Seperti saat berada di pantai Watu Kodok dengan area maupun lingkungan sekitar yang sangat mendukung untuk dijadikan lokasi camping. Fasilitas yang tersedia pun juga mendukung. Termasuk ketersediaan tempat sewa peralatan yang diperlukan misalnya tenda.

 

Membawa Perbekalan Sendiri

 

Saat berada di pantai belang jogja dan memutuskan untuk camping sebaiknya membawa peralatan atau perbekalan sendiri. Meskipun adakalanya terdapat warung-warung makan namun tidak sampai malam. Jadi, perbekalan makan dan minum sebaiknya diperkirakan sendiri untuk berapa lama. Jangan lupa untuk membawa kantong kresek untuk menyimpan atau membawa kembali sampah-sampah yang dihasilkan.

 

Kenikmatan selama berselancar, berenang atau sekedar jalan-jalan pasti bisa dirasakan lebih puas ketika tidak mengotorinya. Apalagi jika pantai tersebut masih alami, belum dikelola secara profesional oleh industri pariwisata. Tetapi sebelum memutuskan untuk camping selalu cari tahu apakah di pantai tersebut mengijinkan. Jadi, sudah siapkah Anda berlibur di Pantai Belang Gunungkidul?