Mengapa Harus Mengunjungi Pantai Kapen?

Setiap orang selalu memiliki rutinitas setiap harinya. Ada yang bekerja, ada yang sekolah, ada yang selalu bertemu kemacetan hampir setiap harinya, dan sebagainya. Rutinitas yang melelahkan tidak hanya berdampak pada tubuh tetapi juga pada pikiran. Inilah mengapa orang sering mengatakan butuh liburan, pengin rehat sejenak dari aktifitas keseharian dan sebagainya. Nah, salah satu tempat favorit untuk liburan adalah pantai yang memberikan paket lengkap saat liburan. Mulai dari petualangan mencari lokasi pantai, menikmati pemandangan alam yang disuguhkan atau menikmati sajian khas di pantai tersebut. Pantai Kapen di Gunungkidul, Yogyakarta bisa menjadi salah satu destinasi yang dituju untuk menghabiskan waktu liburan.

 

Tentang Pantai Kapen

 

Pantai Kapen merupakan salah satu pantai yang berada di Dusun Kelor Kidul, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini tidak terlalu jauh dari Pantai Watu Kodok. Secara geografis lokasi pantai ini berada diantara Pantai Drini dan Pantai Sepanjang. Sebagai salah satu deretan pantai gunungkidul yang masih sepi awalnya dibuka dan dikelola oleh masyarakat setempat seiring mulai populernya pantai Baron.

 

Jalanan menuju pantai mulai diperbaiki warga sehingga lebih mudah untuk dilewati. Pantai ini memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan pantai-pantai lainnya. Biota lautnya  sungguh beragam. Mulai dari ikan, rumput laut, kerang, landak laut bahkan lobster. Jadi, jangan heran ketika berada di pantai ini sering berpapasan dengan pengunjung atau warga sekitar yang sedang memancing.

 

Bisa Merasakan Manfaat Liburan

 

Liburan di pantai-pantai sepi seperti pantai belang maupun Kapen ini bisa memberikan Anda manfaat dari liburan. Bahkan sejak dimulai dari mencari lokasi pantai. Seperti diketahui pantai-pantai sepi di Gunungkidul minim pengunjung karena memang belum banyak dikenal juga lokasinya yang cukup jauh dari jalan utama.

 

Tidak jarang sinyal internet pun tidak ada. Alhasil generasi masa kini yang suka memanfaatkan internet untuk berbagai keperluan termasuk mencari lokasi tujuan dengan memanfaatkan google map pun mengalami kesulitan. Namun hal ini justru memberikan pengalaman baru. Membuat otak merespon dan memiliki pengalaman baru. Selain itu juga merangsang kreatifitas untuk mencari jalan keluar.

 

Bahkan bisa membuat orang melakukan interaksi dengan orang baru yang belum dikenal sekalipun. Karena ketika teknologi tidak bisa digunakan maka berinteraksi dengan orang lain bisa menjadi solusi terbaik. Misalnya saat sedang mencari rute menuju pantai belang jogja kemudian map yang Anda andalkan tidak bisa digunakan karena jaringan internet kurang lancar atau sebab lainnya maka Anda bisa bertanya pada penduduk sekitar.

 

Tanpa disadari sebenarnya perjalanan yang sudah dimulai, termasuk ketika mencari lokasi bahkan saat berinteraksi dengan penduduk sekitar memberikan manfaat ketika liburan. Setiap kesulitan yang ditemui selama perjalanan akan terbayar lunas ketika sampai di pantai. Suara debur ombaknya yang menenangkan, birunya air laut ditambah pemandangan alam sekitarnya memanjakan mata. Bisa menjadi lokasi paling tepat untuk lari dari penat pekerjaan.

 

Aktifitas Warga

 

Sebagian besar aktifitas warga Gunungkidul merupakan petani. Namun warga masyarakat yang berada di pesisir termasuk di pantai trenggole maupun Kapen juga memiliki aktifitas tambahan di sekitar pantai. Ada yang suka memancing, mencari rumput laut atau landak laut.

 

Tidak semua hasil pencarian mereka kemudian dijual. Ada yang mencari hanya untuk konsumsi sehari-hari. Anda pun ketika berada di pantai tersebut bisa menyaksikan aktifitas mereka. Aktifitas warga lainnya ada yang membuka warung makan yang bisa digunakan pengunjung untuk singgah sejenak sambil menikmati makanan atau minuman yang tersedia di tengah semilir angin laut.

 

Menjaga Kelestarian Lingkungan

 

Meskipun belum dikelola industri pariwisata namun keberadaan pantai goa watulawang maupun pantai lainnya diabaikan begitu saja oleh warga sekitar dan hanya memanfaatkannya sebagai sumber tambahan ekonomi saja. Namun warga masyarakat pun peduli terhadap lingkungan. Misalnya saja keberadaan tempat sampah, tidak adanya bangunan permanen di pinggir pantai karena memang dilarang.

 

Pada saat mencari ikan, lobster, rumput laut, kerang maupun landak laut pun secukupnya saja agar keseimbangan ekosistem tidak terganggu. Bagaimana? Penasaran dengan birunya air laut maupun suara debur ombak di Pantai Kapen Gunungkidul? Anda bisa memilih paket wisata Jogja dari biro wisata untuk mendapatkan kemudahan mengunjungi pantai ini.

 

Alamat:  Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY