Indahnya Terumbu Karang di Pantai Kukup

Apa menariknya dari mengunjungi sebuah pantai? Mengapa tidak pernah sekalipun orang merasa enggan untuk mengunjunginya? Padahal lokasi berdekatan, tetap saja penasaran jika tidak singgah barang sebentar. Gunungkidul terkenal dengan deretan pantainya. Lokasinya pun berdekatan. Bahkan ada yang tiket masuknya, satu tiket untuk beberapa pantai sekaligus. Tetapi itulah uniknya sebuah pantai, antara satu dengan yang lain selalu memiliki hal yang unik atau menarik. Salah satunya adalah Pantai Kukup.

 

Tentang Pantai Kukup

 

Anda bisa mengunjungi Pantai Kukup dengan mudah jika anda memilih paket tour Jogja dari agen wisata. Pantai ini terletak di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jalanan yang ditempuh pun relatif lancar dan bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun empat. Anda membutuhkan waktu sekitar tiga jam perjalanan untuk sampai di lokasi ketika dari Kota Jogja.

 

Tentu saja ini berhubungan erat bagaimana kondisi lalu lintas dan kecepatan berkendara. Bisa lebih cepat atau lambat  dari perkiraan tersebut. Pantai ini satu jalur dengan pantai-pantai populer di Gunungkidul lainnya seperti Pantai Baron, Sepanjang, Drini, Sundak dan lainnya. Pantai yang cukup populer sehingga cukup ramai pengunjung. Banyak hal menarik yang bisa Anda saksikan saat mengunjunginya.

 

Salah satunya pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang luas semakin kontras dengan birunya air laut. Selain itu pantai ini dikelilingi dengan bukit-bukit yang ada di sekitarnya, menambah asri pemandangan yang ada.

 

Tanah Lotnya Jogja

 

Anda pernah mengunjungi Pantai Tanah Lot di Bali? Sebuah pantai yang indah dan terdapat pura di batuan karangnya? Lalu pernahkah Anda mendengar tentang pantai tanah lotnya Jogja? Pantai kukup ini sering dikatakan sebagai tanah lotnya jogja, bisa jadi karena terdapa pulau karang di bagian timur pantai.

 

Dimana pulau karang tersebut dihubungkan dengan jembatang. Di pulau karang tersebu tentu saja bukan pura melainkan sebuah gardu pandang yang bisa digunakan para pengunjung untuk beristirahat. Jadi jangan terlalu membayangkan seperti di Tanah Lot ya, karena setiap pantai memiliki keunikannya masing.

 

Begitu pula saat Anda mengunjungi pantai watu kodok karena adanya batu besar yang mirip dengan kodok kemudian disebut dengan Pantai Watu Kodok, namun apakah benar-benar seperti kodok? Anda mungkin perlu mengunjunginya setelah puas di Kukup untuk mengetahuinya.

 

Perlu diingat saat Anda ingin menuju pulau karang atau ada yang menyebutnya sebagai Pulau Jumino, Anda harus menaiki anak tangga dan mendaki bukit. Selanjutnya menyeberang melewati jembatan dimana di bawahnya terdapat hempasan ombak besar.

 

Jika merasa khawatir, Anda tidak perlu mencobanya. Namun ketika berada di gardu pandang ini, pengunjung bisa melihat tingginya gelombang air laut yang bertemu batu karang. Jadi Anda tidak wajib untuk masuk ke dalam gardu pandang ini. Anda bisa menikmati pemandangan alam yang ada atau bermain-main air. Toh, mengabadikan momen bisa dilakukan dimana saja.

 

Daerah Dangkal

 

Bagi Anda yang tidak suka dengan tingginya gelombang air, di pantai ini terdapat daerah dangkal yang cukup tenang. Letaknya sekitar 100 meter dari bibir pantai. Daerah dangkal ini dibatasi dengan gundukan terumbu karang yang berada di ujung pantai.

 

Di daerah dangkal ini, Anda justru bisa melihat terumbu karang, bintang laut maupun berbagai macam ikan hias laut yang unik. Banyak pula jenis biota laut yang bisa Anda lihat. Saat surut terkadang terdapat ikan-ikan kecil yang terjebak pada genangan-genangan pada cekungan batu karang.

 

Banyak juga bulu babi atau landak laut di tempat ini. Jadi perhatikan langkah kaki Anda agar tidak menginjaknya. Tetapi Anda bisa menikmati pemandangan indah ini, karena bisa jadi saat mengunjungi pantai slili Anda justru menemukan keindahan lainnya.

 

Banyak Gua-gua

 

Saat berada di pantai bungusan tentu berbeda dengan Kukup. Di Kukup pun ada gua-gua karang alami yang terdapat di pinggir pantai. Anda bisa berjalan-jalan, menyusurinya dengan melihat-lihat pemandangan yang ada. Anda pun tidak perlu ragu untuk masuk ke dalam gua-gua tersebut.

 

Karena banyak pengunjung yang menggunakannya untuk berteduh atau beristirahat terutama saat cuaca terlalu terik. Menariknya beberapa dari gua tersebut tergenang air laut saat ombak datang dan air terjebak di dalamnya. Nah, begitu pula ikan-ikan kecil atau biota laut lainnya. Anda seperti melihat mini akuarium di Pantai Kukup ini.

 

Alamat:  Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY
No Telp: 0852-9367-3322