Pantai Watu Kodok Yang Unik Dengan Pemandangan Menarik

Tempat wisata dengan nama-nama unik biasanya langsung menarik perhatian. Orang akan merasa penasaran dengan nama tempat tersebut. Kemudian mencari tahu alasan atau cerita di balik nama tersebut. Nama-nama unik tidak hanya pada tempat-tempat wisata modern seperti waterboom, taman bermain dan sebagainya. Tetapi juga ditemukan pada tempat-tempat wisata alam termasuk pantai. Nah, salah satu nama pantai yang terdengar unik sekaligus mengundang rasa penasaran adalah Pantai Watu Kodok yang ada di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Tentang Pantai Watu Kodok

 

Untuk mengunjungi Pantai Watu Kodok di Jogja ini, Anda perlu pergi ke Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Dari pusat Kota Yogyakarta berjarak sekitar 40 km membutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan.

 

Jika berdasarkan peta pantai Watu Kodok maka letak pantai ini tidak jauh dari Pantai Baron dan Indrayanti bahkan searah. Anda tinggal bertanya kepada penduduk sekitar dan mereka akan menunjukkan arah menuju lokasi. Pantai ini dikenal memiliki pemandangan yang indah.

 

Pasir putihnya sangat kontras dengan birunya air laut dan buih ombak. Nama Watu Kodok sendiri karena di pantai ini terdapat bongkahan batu berukuran besar dan bentuknya menyerupai dengan kodok atau katak. Itulah mengapa pantai ini kemudian dikenal dengan nama Watu Kodok.

 

Tidak sedikit orang yang penasaran kemudian ketika berada di pantai ini langsung mencari keberadaan batu tersebut untuk membuktikan kebenarannya.

 

Digunakan untuk Camping

 

Kondisi pantai yang relatif sepi sangat pas digunakan sebagai lokasi untuk camping. Apalagi harga tiket masuk pantai watu kodok yang terjangkau. Namun untuk camping biasanya dikenai biaya tambahan sehingga Anda perlu bertanya pada pengelola.

 

Setiap pengunjung bisa dikenai biaya tambahan berkisar Rp 5000,- hingga Rp 10.000,- namun ini bukan harga pastinya, selalu mengalami perubahan. Saat memutuskan untuk camping pastikan untuk membawa peralatan yang diperlukan.

 

Mulai dari tenda yang digunakan, sleeping bag, hammock jika memang membutuhkannya. Toh, ditempat ini ada banyak pohon yang bisa digunakan untuk menggantungkan hammock Anda. Jangan lupa perbekalan untuk makan dan minum.

 

Meskipun fasilitas pantai watu kodok sudah semakin bertambah seperti kamar mandi, warung makan, gazebo dan tempat sampah namun Anda tetap harus mempersiapkan segala sesuatu. Termasuk kantong plastik untuk menyimpan sampah-sampah yang dihasilkan.

 

Yang pasti, Anda tidak akan menyesal ketika memutuskan camping di pantai ini. Pasir pantainya nampak putih dan bersih dari sampah. Sangat nyaman digunakan untuk lari pagi menikmati udara pantai di pagi hari. Lalu saat ombak surut, Anda bisa melihat karang-karang yang sebelumnya tidak terlihat.

 

Belum lagi pemandangan saat matahari terbenam. Pemandangan matahari perlahan mulai menghilang ketika berada di pantai selalu menawarkan keindahan yang selalu dinanti.

 

Keamanan Terjaga

 

Meskipun deretan pantai-pantai seperti pantai kapen dan pantai belang termasuk watu kodok terbilang belum terlalu banyak pengunjung namun pantai ini terbilang aman. Hal ini tidak lain karena warga sekitar memperhatikan keamanan yang ada.

 

Selalu berjaga dan berkeliling termasuk saat ada pengunjung yang camping di pantai tersebut. Selain itu ketika ombak pasang dan terlalu kencang atau berbahaya juga selalu diberi peringatan. Nah, Anda sebagai pendatang dan pengunjung sebaiknya selalu memperhatikan setiap petunjuk yang diberikan.

 

Termasuk ketika dilarang terlalu jauh ketika berenang terutama saat cuaca kurang bersahabat. Penduduk sekitar biasanya mengenal tanda-tanda alam yang ada karena sudah terbiasa jadi tidak ada salahnya mengindahkannya.

 

Rute Mudah Ditemukan

 

Bisa dikatakan rute menuju pantai sepanjang dan watu kodok ini mudah ditemukan. Apalagi saat ini  teknologi semakin berkembang. Anda bisa memanfaatkan google map yang semakin akurat bahkan bisa mendeteksi keberadaan desa-desa.

 

Nah, jika ternyata masih belum masuk map maka bertanya adalah solusi paling tepat. Toh, lokasinya tidak terlalu jauh dari pantai-pantai yang sudah populer sebelumnya seperti Pantai Baron dan Indrayanti jadi semakin mudah menemukannya.

 

Meskipun jauh  dari pusat kota namun perjalanan dijamin tidak akan membosankan. Karena sepanjang perjalanan Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang ada. Jadi, kapan Anda akan meluangkan waktu untuk mengunjungi Pantai Watu Kodok?

 

Anda tidak perlu susah-susah untuk mengunjungi pantai ini. Dengan memilih paket wisata Jogja dari biro wisata, anda akan mendapatkan kemudahan untuk menikmati pantai Watu Kodok ini.

 

Alamat: Kelor, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY