Istimewanya Pantai Drini

Jika berbicara mengenai wisata di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta maka tidak bisa dilepaskan dari deretan pantai indahnya. Ada begitu banyak pantai yang ditawarkan Gunungkidul untuk dikunjungi dengan berbagai karakteristiknya. Pantai-pantai dengan pasir putihnya, pantai-pantai karangnya, pantai dengan ikan lautnya, pantai dengan ombaknya yang kencang, pantai-pantai sepi, dan sebagainya. Berapa banyak pantai-pantai di Gunungkidul yang sudah Anda kunjungi? Bagaimana dengan Pantai Drini? Sudahkah Anda mengunjunginya?

 

Tentang Pantai Drini

 

Jika Anda dari Kota Yogyakarta setidaknya membutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan untuk sampai di Pantai Drini. Anda bisa menggunakan sepeda motor maupun mobil. Jangan khawatir karena jalan menuju pantai drini cukup mudah dan lokasi pantai pun mudah ditemukan. Penunjuk jalan pun juga banyak tersebar. Hal ini dikarena Drini termasuk salah satu pantai populer dan disukai para wisatawan.

 

Pantai ini pun berbeda dengan pantai-pantai lain. Dimana terdapat  sebuah pulau karang yang ada di bibir pantai yang seakan-akan membelah Drini menjadi dua bagian. Bagian timur merupakan area Drini yang tenang sedangkan bagian barat merupakan area Drini dengan ombak yang lebih kencang. Tidak sedikit yang menyebutnya sebagai pantai dengan dua karakter. Pantai ini pun bisa dikunjungi setiap hari.

 

Harga tiket masuk pantai Drini pun cukup terjangkau karena menjadi satu dengan tiket masuk ke Pantai Baron, Kukup, Sundak, Sepanjang, Indrayanti, Pok Tunggal, dan pantai Krakal. Anda pun bisa mengunjunginya pagi, siang atau sore. Tetapi mengunjungi pantai paling nyaman tentu saja pagi atau sore, suasana tidak terlalu terik dan menyilaukan. Saat pagi hari, Anda bisa berjalan-jalan atau joging sepanjang pantai.

 

Menghirup udara pagi pantai yang segar tentu baik untuk pernafasan. Sementara saat sore, Anda pun bisa berjalan-jalan dan menikmati hangatnya pasir pantai. Selain itu bisa sekaligus menunggu saat matahari tenggelam. Apabila Anda tertarik untuk camping di sekitar pantai, Anda perlu bertanya pada pengelola apakah diperbolehkan atau tidak. Bisa jadi ada persyaratan tertentu misalnya membayar sewa tempat atau lainnya.

 

Pantai yang Istimewa

 

Setiap pantai memiliki keistimewaan sendiri yang membedakannya dengan pantai lainnya. Misalnya saja pantai Watu Bolong yang memiliki daya tarik yang khas dengan batu berlobangnya. Sementara saat berada di Drini, Anda bisa melihat sebuah pulau kecil yang berada di tengah-tengah. Nah, pulau tersebut seakan-akan membelah pantai menjadi dua bagian. Tidak heran jika banyak paket wisata di Jogja yang ditawarkan oleh biro perjalanan wisata yang mencantumkan pantai ini dalam promo mereka.

 

Pulau tersebut  konon ditumbuhi dengan Pemphis acidula atau santigi. Masyarakat setempat menyebutnya Drini, itulah yang membuat pantai ini disebut Drini. Saat surut, pulau tersebut bisa dikunjungi. Dari pulau tersebut bisa melihat seluruh pantai. Mulai dari pegunungan, gazebo maupun perahu para nelayan. Tanaman Drini memang sudah tidak ditemukan lagi. Pantai dipenuhi dengan Pandanus tectorius atau lebih dikenal dengan pandan laut dan rerumputan.

 

Tempat Liburan yang Menyenangkan

 

Penatnya  pikiran akan menganggu konsentrasi saat beraktifitas. Itulah mengapa rehat sejenak diperlukan untuk mengistirahatkan atau meredakan ketegangan yang dialami. Liburan dengan mengunjungi tempat-tempat hiburan atau melakukan aktifitas yang menyenangkan sangat membantu. Pantai bisa menjadi salah satu solusi. Tempat yang pas untuk menikmati pemandangan yang memesona.

 

Tidak hanya itu saja, tetapi badan juga ikut aktif untuk bergerak. Sekedar berjalan-jalan menyusuri pantai atau berenang. Aktifitas semakin maksimal ketika memutuskan untuk bermalam dengan mencari penginapan di pantai drini atau mungkin camping yang bisa menjadi alternatif. Apalagi di pantai tersebut juga kaya dengan biota laut termasuk ikan. Camping sekaligus membakar ikan di pantai tentu sangat menyenangkan.

 

Interaksi dengan Warga Sekitar

 

Mengunjungi pantai-pantai sepi seperti pantai Sanglen salah satu keuntungan yang diperoleh adalah bisa berkomunikasi atau berinteraksi dengan warga sekitar. Termasuk saat berada di Drini meskipun pantai ini sudah cukup populer. Anda bisa berinteraksi dengan para nelayan atau penjual ikan.

 

Bisa juga sekedar menyapa warga  sekitar yang ditemui di pantai atau di jalan saat menuju lokasi. Berinteraksi dengan orang baru tanpa disadari merupakan salah satu keuntungan yang diperoleh saat liburan. Tidak jarang ketika berinteraksi dengan orang-orang baru bisa membantu memberikan banyak informasi tambahan tentang lokasi liburan. Bisa saja Anda akan memperoleh informasi mengenai lokasi tersembunyi di Pantai Drini yang tidak banyak diketahui pengunjung lainnya, jadi jangan ragu menyapa mereka.