Paket Wisata Lengkap di Pantai Baron

Tingginya aktifitas membuat kebosanan melanda. Mengambil rehat sejenak untuk liburan bisa menjadi salah satu pilihan. Wisata alam di pantai bisa menjadi salah satu jawaban. Memperoleh kesegaran mata dengan melihat indahnya pemandangan sekitar. Aliran darah pun bisa kembali lancar hanya dengan bermain air dan berjalan-jalan di pantai bertemu dengan lembutnya pasir maupun pecahan karang. Lebih sempurna lagi ketika di pantai tersebut juga bisa menikmati kuliner khas maupun berkesempatan melihat budaya masyarakat sekitar. Salah satunya di Pantai Baron Gunungkidul.

 

Tentang Pantai Baron

 

Pantai Baron merupakan salah satu pantai yang bisa Anda temukan di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di desa ini memang  terdapat deretan pantai-pantai lain. Namun pantai ini memang salah satu pantai favorit sehingga tidak mengherankan jika dipadati pengunjung yang datang ke Jogja.

 

Keunggulan pantai ini, Anda bisa melihat pemandangan dari atau sebuah bukit. Bukit tersebut bisa Anda temukan di sekitar pantai. Atau bisa juga Anda bermain-main dan berenang di pantai. Pilihan lainnya adalah bermain dan berenang di sungai bawah tanah yang ada di pantai.

 

Air sungai tersebut mengalir ke arah pantai. Meskipun berada di dekat laut dan airnya mengalir ke laut, air sungai ini adalah air tawar. Beberapa pengunjung yang tidak berani berenang di pantai biasanya memilih berenang dan bermain air di sungai ini.

 

Olahan Ikan dan Cindera Mata

 

Saat berada di pantai Anda bisa menikmati kuliner ikan dengan berbagai olahannya. Jika Anda ingin membeli ikan mentah untuk diolah di rumah pun juga bisa. Beberapa jenis ikan yang tersedia antara lain ikan kakap, ikan bawal putih, ikan tongkol, udang windu dan lainnya.

 

Anda bisa membelinya di tempat pelelangan ikan yang berada di sekitar pantai. Jika Anda berlibur bersama keluarga termasuk anak-anak, di pantai ini juga tersedia wahana permainan anak-anak sehingga mereka tidak akan merasa bosan. Ikan-ikan yang ada bisa juga dijadikan oleh-oleh.

 

Namun jika tidak ingin terlalu ribet dengan amisnya ikan, bisa juga membeli cindera mata. Anda bisa menemukan toko cindera mata yang menawarkan berbagai jenis cendera mata yang terbuat dari kerang. Bentunya pun beragam seperti berbagai karakter hewan, bros, lampu hias, tirai kerang, cermin berhias kerang, figura dan lainnya. Saat mengunjungi pantai slili belum tentu Anda menemukan tempat untuk membeli cindera mata.

 

Asal Mula Nama Baron

 

Setiap tempat tentu memiliki sejarah nama masing-masing. Begitu pula dengan nama pantai. Ketika Anda mengunjungi pantai krakal pasti memiliki sejarah namanya sendiri. Demikian juga dengan pantai baron. Konon, dahulu kala, terdapat seorang bangsawan yang berasal dari Belanda yang mendaratkan kapalnya di daerah tersebut.

 

Bangsawan tersebut bernama Baron Skeber. Sejak saat itu, pantai ini dikenal dengan nama Pantai Baron. Bagaimana kebenaran cerita tersebut masih belum jelas. Pasalnya nama Baron Skeber atau Baron Sekeber sering terdengar pada lakon-lakon pementan kesenian kethoprak atau hikayat-hikayat dengan berbagai versinya.

 

Atau bisa juga penentuan nama tersebut  untuk menarik perhatian pengunjung? Tidak ada yang mengetahuiinya. Silakan dinikmati saja keindahan pantai ini.

 

Upacara Sedekah Laut

 

Selain wisata alamnya, Anda pun bisa menikmati wisata budaya ketika berada di Pantai Baron. Masyarakat Gunungkidul memang masih memegang tradisi. Salah satu tradisi yang masih rutin dilakukan adalah upacara sedekah laut.

 

Upacara tersebut dilakukan setiap satu syuro dalam penanggalan bulan Jawa. Tradisi yang dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat setempat khususnya hasil ikan yang mereka peroleh setiap harinya di Pantai Baron. Jika ingin melihat bagaimana prosesi upacara ini dilakukan, Anda bisa mencari waktu yang pas atau sesuai pelaksanaan upacara tersebut.

 

Upacara tersebut belum tentu bisa diikuti di pantai lain seperti pantai mbrumbun maupun pantai lain. Jadi tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk melihatnya. Selain itu di pantai ini juga terdapat salah satu spot menarik yaitu keberadaan mercu suar.

 

Mercu suar tersebut memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan 9 lantai di dalamnya. Para pengunjung pun bisa menaikinya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5000,- saat artikel ini dituliskan. Bagaimana? Menarik bukan? Semacam paket wisata lengkap saat mengunjungi Pantai Baron. Anda bisa mendapatkannya dengan memilih paket tour Jogja dari para agen wisata.

 

Alamat:  Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul