Wisata Edukasi Tembi Rumah Budaya

Berkunjung ke Kota Yogyakarta memang tak cukup hanya sebentar saja. Bagi penggemar seni dan budaya tentudengan waktu yang terbatas rasanya tak cukup untuk menjelajahi berbagai sudut kota dan merasakan berbagai ke-khasan yang dimiliki kota ini. Banyaknya pilihan wisata budaya dan bangunan bernilai seni maupun kesenian tradisional yang bernilai sejarah dan edukasi masih dijaga turun- temurun membuat kota ini hidup dengan penuh kearifan lokal di tengah modernitas. Beberapa tujuan wisata dengan basis kearifan lokal dan edukatif yang kerap dikunjungi turis antara lain Bank Sampah, Watu Lumbung, Museum Batik, dan Tembi Rumah Budaya.

 

Mengenal Tembi Rumah Budaya

 

Tembi Rumah Budaya adalah sebuah museum modern yang menyimpan, mencatat, dan memfasilitasi beragam informasi tentang sejarah dan budaya Jawa. Tempat ini menyimpan berbagai warisan benda bersejarah seperti keris, tombak, dokumentasi sejarah, naskah kuno, hingga peralatan dapur jaman dulu. Di sini benda-benda tersebut dirawat dan dipamerkan untuk pengunjung. Museum ini juga menyelenggarakan aneka pertunjukan seni seperti teater, pentas seni, wayang, music, dll.

 

Sejarah Tembi Rumah Budaya adalah sebuah desa yang dimana para abdi dalem Keraton Yogya tinggal untuk menyusui keturunan keraton. Oleh sebab itu desa tersebut dikenal dengan nama Desa Tembi. Kawasan museum ini memiliki luas 3.500m2 dengan bangunan utama mencapai luas sekitar 1.057m2. Ruangan yang ada di museum ini terdiri dari Bale Karya, Bale Rupa, Bale Olahan, Bale Inap, Museum, Perpustakaan, dan Kolam Renang.

 

Keunikan rumah budaya ini adalah pada kemandiriannya. Museum ini dalam pengelolaannya tidak mendapatkan support biaya dari lembaga atau yayasan mana pun. Semua biaya operasionalnya didapat dari penghasilan mengelola kegiatan komersial yang ada di rumah budaya ini seperti rumah makan, kamar penginapan, ruang pertemuan, galleri dan kolektor yang menitipkan karyanya, serta persewaan pendopo.

 

Lokasi Tembi Rumah Budaya

 

Tembi Rumah Budaya berada di Jalan Parangtritis Km 8.4 Desa Tembi, Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya berada sejauh 10km dari pusat kota Yogyakarta dapat ditempuh selama 30 menit menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Akses jalanan menuju museum ini sudah sangat bagus.

 

Kelebihan Tembi Rumah Budaya

 

Pesona yang ditawarkan di Tembi Rumah Budaya adalah menikmati suasana Jawa Kuno sembari menyaksikan berbagai pertunjukan seni sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan tentang sejarah Jawa. Di museum ini pengunjung dapat melihat koleksi berbagai benda sejarah yang dipajang di galeri, atau bisa juga membeli karya dari seniman yang memasang koleksinya.

 

Pengunjung dapat menyaksikan berbagai pertunjukan seni yang rutin digelar di museum ini seperti wayang, macapatan, pembacaan puisi dll. Pengunjung harus merasakan suasana malam hari yang sunyi dan damai degan menginap di bale inap dengan pilihan kamar yang variatif seperti Badegan, Wuryantoro, Adikarto, Ngadirojo, Gandjuran, Polaman, Morangan, Kriyan Lor, dan Kriyan Kidul dengan Tembi Rumah Budaya harga mulai dari Rp 430.000/malam. Paginya pengunjung bisa menikmati suasana pedesaan dengan berenang di kolam renang yang berhadapan langsung dengan persawahan.

 

Satu lagi yang tak boleh dilewatkan adalah Tembi Rumah Budaya resto yang merupakan bagian dari Bale Olahan. Resto ini sangat istimewa karena makanan dan minuman yang dihidangkan adalah menu special Jawa dengan menggunakan resep otentik dari Serat Centhini. Tak terbayangkan betapa klasiknya rasa makanan di resto ini. Bahkan rumah Olah- Olahan ini sudah terkenal menyediakan layanan pesanan catering, pernikahan, nasi box, prasmanan, dll.

 

Hal menarik lain yang dapat dilakukan di museum ini antara lain penyelenggaraan meeting atau pertemuan dengan menyewa ruang meeting atau pendhopo. Yang lebih menarik adalah rumah budaya ini tersedia area untuk melaksanakan resepsi pernikahan. Tentunya sangat asik memakai konsep pernikahan suasana desa dan klasik.

 

Fasilitas Tembi Rumah Budaya

 

Fasilitas yang ada di museum ini sudah sangat lengkap mulai dari galeri, bale karya, bale rupa, perpustakaan, bale inap hingga restoran. Tiket masuk Tembi Rumah Budaya adalah free of charge alias gratis, pengunjung hanya membayar untuk makanan, minuman, penginapan, atau berenang.