Pendhapa Art Space Tawarkan Holiday Space yang Unik

Yogyakarta dikenal sebagai kota budaya karena memang masyarakatnya yang masih menjaga dengan baik nilai- nilai kebudayaan yang sudah menjadi tradisi secara turun- temurun. Terlebih dengan adanya keraton yang menjadi panutan warga Jogja dalam memimpin kehidupan dan pemerintahan. Maka tak heran banyaknya sastrawan yang berkembang di Jogja serta melahirkan banyak karya yang bernilai seni. Banyak pula objek wisata yang menjadi daya tarik wisatawan karena nilai seni, sejarah, maupun edukasinya seperti Museum HM Soeharto, Parangtritis Geomaritime Science Park, Museum Bahari, dan Pendhapa Art Space.

 

Mengenal Pendhapa Art Space

 

Banyaknya agenda kebudayaan seperti pagelaran seni, pameran karya seni, maupun seminar tentang seni yang ada di Jogja membuat banyak penggagas untuk memfasilitasi kegiatan tersebut dengan membangun gedung serbaguna. Pada mulanya adalah sebuah gedung yang bernama Pendopo Sapto Aji yang dibangun pada tahun 2011 yang difungsikan sebagai ruangan untuk seminar, workshop, pameran, dan acara art education program. Pada tahun 2012 sesuai dengan namanya maka gedung ini menjadi Pendhapa Art Spacesebagai sarana untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan seni.

 

Pada tahun 2016 Pendhapa Art Space terdaftar sebagai badan usaha di bidang kesenian. Bangunan depan gedungnya berupa pendhopo limasan dengan nuansa Jawa. Di dalamnya terdapat ruangan- ruangan berupa area terbuka, ruang galeri utama, galeri atas, dan panggung terbuka. Pendhapa ini berada di bawah pengelola para seniman yang memiliki keahlian di bidang seni yang berbeda-beda.

 

Banyak yang berkunjung ke Pendhapa Art Space untuk berbagai tujuan seperti melihat koleksi para seniman yang dipajang di galeri seperti koleksi para pengelola pendhapa, ada pula yang datang untuk mengikuti workshop seni, melihat pertunjukan seni, hingga menginap yang telah disediakan oleh pengelola.

 

Lokasi Pendhapa Art Space

 

Alamat Pendhapa Art Space berada di Jl. Ring Road Selatan, Tegal, Krapyak Rt 01 Panggungharjo, Sewon, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasinya hanya berjarak sejauh 6.5km dari pusat Kota Yogya dan dapat ditempuh selama 20 menit. Rute yang dilewati bisa melalui jalan Bugisan Selatan atau Jalan Parangtritis. Akses jalanan menuju ke Pendhapa sudah bagus dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau umum.

 

Keunikan Pendhapa Art Space

 

Di dalam bangunan terdapat galeri Pendhapa Art Space yang terdiri dari Galeri Utama dan Galeri Atas. Galeri Utama digunakan untuk pameran seni rupa dan dapat digunakan untuk ruang pertunjukan. Galeri atas digunakan untuk pameran seni kontemporer dan seni rupa. Agenda yang rutin diselenggarkan di Pendhapa ini antara lain Pameran Seni Rupa, Pertunjukan Seni, Residensi Artis, Diskusi dan Pemutaran Film.

 

Pengelola Pendhapa Art Space sangat modern dengan selalu meng-update agenda yang akan diselenggarakan di Pendhapa dengan menyebarkan informasi melalui media sosial. Dengan begitu informasi tersebut cepat terdengar di banyak kalangan terutama generasi muda. Cara ini patut ditiru bagi pengelola tempat wisata lainnya dalam mengembangkan potensi wisatanya. Dengan selalu membaharui informasi di laman media sosial atau website maka pengunjung dapat dengan mudah mengakses hal baru yang terdapat di tempat tersebut sehingga menarik lebih banyak kunjungan.

 

Kegiatan lain yang sering dilakukan di tempat ini adalah justru berasal dari kalangan anak muda yang sering menggunakan tempat ini untuk berkumpul seperti acara gathering, buka puasa bersama, acara ulang tahun, hingga menginap di sini. Pengelola menyediakan guest house untuk pengunjung yang ingin menikmati suasana di Pendhapa serta menyewakan ruangan untuk berbagai kegiatan.

 

Fasilitas Pendhapa Art Space

 

Kelengkapan sarana umum di suatu objek wisata sangat dibutuhkan untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Fasilitas pendukung yang ada di Pendhapa Art Space sudah lengkap meliputi ruangan latihan untuk proses seni kreatif, ruangan terbuka untuk pesta kebun, guest house, galeri, workshop seni, dan kegiatan budaya bersama.

 

Berwisata ke Pendhapa Art Space sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang seni, maka bagi pecinta seni, yang ingin belajar seni, atau ingin melihat karya seni, maka mengunjungi Pendhapa Art Space adalah salah satu agenda wajib.