Puncak Tugu untuk Anda yang Suka Berselfie Ria

Berwisata ke Gunungkidul tak lengkap rasanya bila hanya dilakukan sekali saja. Waktu yang singkat tak akan cukup untuk mengeksplorasi aneka ragam tempat wisata di wilayah ini. Makin kesini makin banyak tempat wisata baru yang ditawarkan kepada para wisatawan. Belum sempat mengunjungi goa kemudian perbukitan yang menjadi tren wisata.  Seperti baru- baru ini banyak puncak Gunung Kidul yang dikembangkan dalam paket trip Gunung Kidul yang kekinian dengan dibangunnya spot- spot foto yang instagramable.  Kalau sudah begini pastilah banyak wisatawan yang datang karena penasaran tergiur dengan keindahan alam hasil jepretan foto di laman medsos.

 

Mengenal Puncak Tugu

 

Akhir- akhir ini wisata yang menjadi primadona di Gunungkidul adalah puncak atau perbukitan. Maraknya tren berfoto dengan latar belakang berada di ketinggian dan dihiasi dengan properti di tempat tersebut sangat ramai dikunjungi para wisatawan lokal maupun luar daerah terlebih para anak muda. Bahkan sulitnya medan dan banyaknya anak tangga yang didaki untuk mencapai puncak tersebut tak menjadi halangan untuk menyurutkan niat para pengunjung.

 

Puncak Tugu adalah salah satu wisata yang baru yang merupakan bagian dari rangkaian pegununan Sewu di Gunungkidul. Puncak Tugu magir disebut puncak yang tertinggi di Pegunungan Baturagung Utara dengan ketinggian 896mdpl. Puncak ini ditandai dengan adanya batu putih yang dibangun oleh Kraton Yogyakarta. Penempatan batu putih ini merpakan yang kedua setelah sebelumnya bangunan tugu dirusak oleh para pengunjung kemudian direnovasi kembali oleh Kraton.

 

Sejarahnya puncak ini adalah merupakan petilasan seorang bernama Syekh Wali Jati dengan adanya tanda dua nisan yang terdapat di puncak tersebut.  Syekh Wali Jati dikisahkan melakukan perjalanan hingga ke puncak tersebut namun kemudian menghilang. Puncak ini sekarang berupa dataran yang agak lapang di ketinggian yang hanya ditemukan rerumputan di sekelilingnya.

 

Lokasi Puncak Tugu

 

Puncak Tugu berada di Dusun Sriten, Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul. Untuk menuju lokasi ini dapat ditempuh dari pusat kota Yogyakarta melalui jalur utama Yogya- Wonosari hingga simpang Sambipitu menuju ke Nglipar.

 

Bila pengunjung mengalami kesulitan dapat mengandalkan bantuan GPS degan tujuan Embung Batara Sriten. Lokasi puncak ini satu kawasan dengan embung tersebut. Medan yang ditempuh menuju puncak kurang bagus dan memadai, menggunakan kendaraan roda dua dirasa lebih fleksibel.

 

Kelebihan Puncak Tugu

 

Seperti pada umumnya, Puncak Tugu menawarkan wisata dengan melihat pemandangan dari ketinggian. Ketika sampai di puncak pengunjung dapat melihat sekitar dengan sudut 360 derajat memutar dengan pemandangan Rawa Jombor, Gunung Merapi, dan keindahan Kota Yogyakarta.  Perjuangan menapaki jalan setapak menuju puncak terbayar dengan keindahan yang dapat dinikmati di puncak ini serta merasakan semilir angin segar seketika rasa capek itu hilang.

 

Aktivitas yang dapat dilakukan di puncak ini antara lain berfoto dengan pemandangan yang spektakuler, berkemah, sekedar duduk menikmati suasana ataupun mengunjungi embung yang baru saja selesai dibangun yang berada di kawasan ini.  Pengunjung dapat mengunjungi puncak ini ketika pagi atau sore hari.  Bila pagi hari tentu akan menikmati suasana misty kabut dan menyaksikan cahaya merona dari ufuk barat.  Bila pengunjung datang di sore hari maka akan merasakan sejuknya udara khas perbukitan dan menunggu sunset di puncak.

 

Setelah puas menikmati keindahan pemandangan dari ketinggian pengunjung dapat berkunjung ke Embung Batara Sriten. Embung adalah tempat penampungan air buatan yang dibangun untuk tujuan tertentu seperti pengairan. Embung ini sudah dilengkapi jalan paving di sekitarnya hingga pengunjung dapat jalan- jalan di sekitar embung dan bersantai di gazebo yang disediakan sembari menikmati minuman dan cemilan hangat. Sungguh perpaduan sempurna menikmati jajanan dalam suasana sejuk khas perbukitan.

 

Fasilitas Puncak Tugu

 

Kelengkapan fasilitas sangat penting untuk menunjang keamanan dan kenyamanan pengunjung di suatu tempat wisata. Puncak Tugu masih perlu berbenah untu terus meningkatkan fasilitas itu. Jalanan menuju lokasi bisa dibilang ekstrim dan cukup bahaya dengan kondisi yang curam.

 

Sudah puas menikmati suasana puncak? Bila ada kesempatan lagi jangan sampai lupa untuk menjelajah Baron Techno Park BPPT, Telaga Jonge, dan Hutan Wanagama.