Uniknya Pantai Watu Bolong

Mengapa hari libur selalu dinanti? Bisa jadi, pikiran sudah terlalu penat sehingga bosan pun melanda. Begitu pula dengan badan yang sudah cukup lelah. Libur, berhenti sejenak dari aktifitas keseharian bisa menjadi solusi. Saat libur tiba, mengunjungi tempat wisata pun menjadi pilihan sehingga aktifitas keseharian bisa dialihkan pada aktifitas yang menyenangkan. Pantai Watu Bolong menjadi salah satu tempat favorit untuk dikunjungi.

 

Tentu masih banyak lagi pantai-pantai lainnya yang tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia. Pantai Watu Bolong lokasinya berada di Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta. Pantai ini bersanding dengan deretan pantai indah lainnya. Apakah Anda sudah pernah mengunjunginya?

 

Mengenal Pantai Watu Bolong

 

Salah satu  pantai di Gunungkidul yang bisa dikunjungi adalah Pantai Watu Bolong. Tepatnya berada di Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Sebagaimana namanya yang unik, pantai ini memiliki ciri khas yang membedakannya dengan pantai lainnya yaitu adanya lubang-lubang di batu karang pantai tersebut.

 

Itulah mengapa disebut watu bolong atau batu berlubang. Pantai ini memang tidak memiliki terlalu banyak pasir namun banyak ditemui batu karang. Lokasi pantai watu bolong di sebelah Pantai Watu Lumbung, bahkan bisa dikatakan berada daam satu kawasan dan hanya dibatasi bongkahan batu karang yang berada di tepi pantai.

 

Selain itu pantai yang menghadap langsung ke arah laut dalam ini di sebelah baratnya berbatasan dengan semenanjung Gunung Api Purba Batur.

 

Sementara itu ketika Anda berada di sebelah timur pantai, Anda bisa melihat pemandangan batu karang berlubang yang menjadi simbol pantai kecil ini terlihat sedikit menjorok ke arah laut. Pemandangan ini mampu memberikan keunikan tersendiri dan mampu memperlihatkan pesonanya.

 

Pada bagian timur pantai memang sedikit landai sehingga aman untuk dikunjungi. Sedangkan pada bagian kanan pantai watu bolong jogja ini jauh lebih curam sehingga kecil kemungkinan bisa menuju celah tersebut. Sebuah celah atau lubang jendela  pada karang yang membuat Anda bisa melihat pemandangan semenanjung pantai yang berada di sebelah barat. Beberapa orang menamakannya sebagai Semenanjung Manukan atau Pantai Manukan yang masih menjadi bagian dari Gunung Api Purba tersebut.

 

Cipratan Ombak yang Indah

Jika Anda penasaran apa saja keindahan pantai watu bolong yang ditawarkan maka Anda harus mengunjunginya dan tidak akan menyesalinya. Apalagi jika sedang berada di puncak kepenatan, udara pantai ditambah suara ombak akan memberikan sensasi untuk relaksasi.

 

Selain itu ombak keras yang menerjang batu  karang memberikan keindahan tersendiri termasuk ketika melewati lubang di batu karang tersebut. Bagi penggemar fotografi cipratan ombak tentu akan memberikan angle foto yang menarik.

 

Ditambah dengan pemandangan alam yang berada di sekelilingnya. Keberadaan pantai ini tentu semakin melengkapi deretan pantai-pantai indah di Gunungkidul dengan keunikannya masing-masing.

 

Disukai sebagai Tempat Pre-Wedding

 

Pantai selalu  menjadi salah satu tempat menarik untuk menjadi lokasi prewedding. Jadi jangan heran ketika sedang berada di pantai Krakal maupun pantai lainnya kemudian melihat fotografer dengan timnya sedang sibuk mengabadikan pasangan di tepi pantai dengan beragam gaya.

 

Tidak jarang mereka juga membawa tim makeup dan berbagai peralatan atau properti pelengkap. Namun sayangnya pantai-pantai yang sudah populer biasanya ramai pengunjung sehingga menganggu jalannya prosesi yang dijalankan.

 

Sehingga biasanya akan memilih pantai-pantai sepi dengan pemandangan uniknya. Pantai-pantai sepi ini akan membuat hasil fotografi lebih maksimal karena lebih bebas dan nyaris tidak ada gangguan dari pengunjung lain. Termasuk di Watu Bolong ini.

 

Memberikan Pengalaman Baru

 

Semakin banyak pantai yang dikunjungi tentu akan semakin memberikan banyak pengalaman baru. Anda pun bisa dengan mudah membedakan atau menjelaskan apa keunikan yang dimiliki pantai slili yang tidak dimiliki pantai lain.

 

Selain itu saat ditanya berapa harga tiket masuk pantai watu bolong maupun pantai-pantai di dekatnya pun bisa menginformasikannya. Apalagi harga tiket masuk pantai-pantai di Gunungkidul banyak yang terusan. Artinya satu tiket bisa untuk beberapa pantai sekaligus.

 

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan sekaligus memudahkan Anda. Pengalaman baru akan semakin bertambah ketika Anda juga berkesempatan berinteraksi dengan warga setempat. Agen paket wisata Yogyakarta banyak yang memasukan pantai ini dalam promo mereka. Jadi, sudah siapkah melihat keunikan dari Pantai Watu Bolong di Gunungkidul ini?

 

Alamat: Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DIY