Indahnya Pantai Sarangan Diapit Dua Bukit

Hal menarik dari pantai-pantai yang ada di Gunungkidul adalah pemandangan alam yang ada di sekelilingnya. Saat mengunjungi pantai-pantai yang ada, tidak jarang memperoleh bonus pemandangan pegunungan maupun area pertanian warga setempat. Inilah yang menjadi salah  satu keistimewaannya, pantai-pantai dengan perbukitan di sekelilingnya. Tidak hanya ditemukan pada pantai-pantai populer saja melainkan juga pada pantai-pantai yang masih sepi pengunjung. Belakangan pantai-pantai sepi ini justru diminati. Salah satunya adalah Pantai Sarangan di Gunungkidul, Yogyakarta ini.

 

Tentang Pantai Sarangan

 

Pantai Sarangan bisa dikunjungi di Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini masih sepi dan alami sehingga sangat layak untuk dikunjungi. Apalagi keindahannya tidak perlu diragukan. Lokasinya persis berada di sebelah barat Pantai Krakal. Tidak ada salahnya jika sedang mengunjungi Krakal, Anda pun bisa singgah sejenak di pantai ini.

 

Selain itu pantai ini juga masih berada dalam satu jalur dengan pantai-pantai lain seperti Pantai Baron, Sepanjang, Kukup maupun Pantai Indrayanti. Anda tidak perlu bingung, pantai mana yang akan dikunjungi terlebih dahulu. Toh, semua pantai tersebut sama-sama indah dengan ciri khasnya.

 

Pantai dengan suara ombak yang memberikan rasa nyaman. Begitu pula dengan hembusan angin lautnya. Suasana pantai tidak pernah membuat bosan. Jadi, meskipun ada banyak pantai baru tetap saja ada yang memburunya.

 

Keunikan Pantai Sarangan

 

Berbeda dengan pantai Watu Bolong dengan batu karangnya yang berlubang maka keunikan Sarangan terletak dimana lokasi pantai ini yang diapit dua bukit. Pantai dengan garis pantai sekitar 200 meter ini berbentuk melengkung atau lekukan dengan bukit di kanan dan kirinya.

 

Keberadaan kedua bukit ini pun memberikan pemandangan yang indah. Sangat nyaman untuk dipandang sambil menikmati hembusan angin yang berlalu. Suasana pantai yang sepi pun semakin menawarkan ketenangan saat berlibur. Pantai ini juga memiliki spot favorit para pengunjung yaitu berada di atas sebuah tebing yang dibangun pemerintah setempat.

 

Melalui bukit tersebut, pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai yang berada di sekitarnya yang terlihat berjajar. Selain itu pengunjung juga bisa menikmati  pemandangan matahari terbenam yang biasanya ditunggu. Tidak mengherankan bila pantai ini banyak di tawarkan dalam paket liburan Jogja dari para agen perjalanan wisata di Yogja.

 

Rute Menuju Pantai Sarangan

 

Lokasi Pantai Sarangan sekitar 70 km dari arah Kota Yogyakarta dengan jarak tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Untuk mengetahui arahnya pun Anda bisa memanfaatkan google map, namun jika jaringan internet kurang stabil bisa saja rute tersebut akan hilang sebelum sampai lokasi tujuan.

 

Namun yang perlu diingat dimana lokasi pantai ini idak jauh dari Pantai Krakal, ini berarti Anda hanya perlu mengikuti rute atau penunjuk jalan ke Pantai Krakal. Selain itu lokasi pantai juga masih searah dengan pantai Sepanjang. Jadi Anda tidak perlu khawatir akan mengalami kesulitan untuk menemukan lokasi.

 

Fasilitas Pendukung

 

Perlu diingat saat mengunjungi deretan pantai di Gunungkidul, tidak semua pantai telah didukung dengan fasilitas yang memadai. Ada yang sudah dilengkapi dengan kamar mandi, musholla, warung makanan bahkan toko souvenir. Ada pula yang hanya dilengkapi kamar mandi.

 

Ada pula yang belum tersedia fasilitas pendukung sama sekali. Saat mengunjungi pantai trenggole bisa saja fasilitas yang tersedia sangat berbeda dengan fasilitas yang ada di Sarangan. Jadi, jangan ragu untuk membawa berbagai perlengkapan pendukung yang akan memberikan kemudahan bagi Anda ketika berlibur. Khususnya perbekalan makanan dan minuman. Anda tentu tidak ingin kelaparan saat sedang menikmati pemandangan alam di pantai.

 

Semakin ramai pengunjung sebuah tempat wisata termasuk pantai biasanya berpengaruh kepada kebersihan. Apalagi ketika fasilitas pendukung belum memadai. Misalnya ketersediaan tempat sampah yang belum tersebar atau hanya berada di tittik tertentu.

 

Tidak jarang banyak sampah ditemukan. Hal ini tidak hanya menganggu pemandangan tetapi juga bisa merusak lingkungan. Anda tentu tidak menjadi salah satu bagian dari para perusak lingkungan bukan?

 

Jadi jangan lupa untuk selalu membawa sampah Anda kembali ketika sedang berada di pantai. Utamanya ketika tidak tersedia tempat pembuangan sampah di lokasi. Jangan sampai keberadaan sampah menganggu bahkan merusak keindahan yang ditawarkan Pantai Sarangan Gunungkidul ini.

 

Alamat:  Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY