Pantai Parangtritis Dan Segala Daya Tariknya

Objek wisata apakah yang hendak didatangi ketika berkunjung ke Yogyakarta? Tempat wisata mainstream yang masih sangat banyak penggemarnya antara lain mengunjungi Gunung Merapi, KEraton Yogyakarta, dan Pantai Parangtritis. Ketiga ikon wisata Yogya tersebut mempunyai pesona yang tak lekang oleh waktu. Terbukti masih banyaknya animo masyarakat yang datang ke tempat tersebut. Bahkan di Pantai Parangtritis kini banyak wahana baru dan kegiatan yang bisa dilakukan sehingga penunjung tak bosan untuk datang ke pantai ini.

 

Mengenal Pantai Parangtritis

 

Siapa yang tak kenal Pantai Parangtritis? Pantai yang melegenda di Yogya ini semakin hari semakin ramai oleh pengunjung.  Sejarah Pantai Parangtritis sendiri berasal dari penamaan yang diberikan oleh seorang pelarian yang bernama Dipokusumo. Beliau bersemedi di pantai ini dan melihat tetesan air di celah batu karang kemudian menamainya Parangtritis yang berarti tetesan air (tritis) di batuan karang.

 

Bagi masyarakat Yogya pantai ini tak lepas dari mitos Pantai Parangtritis yang merupakan gerbang menuju kerajaan Laut Selatan dengan legenda ratunya Nyai Roro Kidul. Sedangkan bila ditarik dengan garis imajiner pantai ini berada segaris dengan Gunung Merapi dan Keraton Yogyakarta. Oleh sebab itu memang pantai ini memiliki kedekatan dengan Keraton.

 

Terlepas dari mitos dan legenda magis yang melatarbelakanginya Pantai Parangtritis tetap menjadi idola untuk dikunjungi di kala liburan dengan biaya yang sangat murah. Namun tetap perlu waspada ketika berenang di laut tidak boleh terlalu menjauhi garis pantai karena ombak Laut Selatan yang sangat besar. Ketinggian ombak bisa mencapai 2 hingga 4 meter, sehingga sangat berbahaya bila berenang terlalu jauh.

 

Lokasi Pantai Parangtritis

 

Lokasi Pantai Parangtritis berada di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pantai ini berjarak 27km dari pusat Kota Yogya. Untuk menuju pantai ini dari Kota Yogya menuju selatan melewati jalan utama Parangtritis. Akses menuju pantai sudah sangat bagus dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau umum. Bila pengunjung mengalami kesulitan untuk menemukan lokasi maka dapat mengandalkan bantuan GoogleMaps.

 

Kelebihan Pantai Parangtritis

 

Pesona yang ditawarkan oleh pantai ini adalah menikmati suasana pantai dengan melakukan berbagai aktivitas yang seru. Waktu yang sangat cocok untuk mengunjungi Pantai Parangtritis adalah sore hari, kemudian menghabiskan sore dengan menikmati sunset. Pemandangan terbenamnya matahari akan nampak sangat spektakuler dilihat dari pantai ini. Pengunjung dapat duduk- duduk sembari menikmati jagung bakar dan kopi panas dengan melihat suasana langit yang cerah berubah merah keemasan sebelum terbenam dengan semilir angin segar khas pantai.

 

Di pantai tentu hal yang harus dilakukan adalah bermain pasir dan berenang. Tak perlu khawatir dengan ombak besarnya karena pengelola menyediakan kolam renang bahkan dengan air hangat yang sangat cocok untuk anak- anak. Selain itu bila ingin berkeliling pengunjung dapat menaiki bendi atau ATV yang banyak disewakan di area pantai. Harganya pun terjangkau berkisar mulai dari Rp 20.000,00 pengunjung tak perlu capek berjalan untuk menyusuri pantai.

 

Bila ingin menikmati sunset dan pantai dengan cara lain, maka pengunjung dapat mendaki bukit yang berada di Parangendog. Di bukit ini pengunjung dapat melihat luasnya garis pantai, laut dan batas cakrawala, sungguh pemandangan yang menyegarkan mata. Bagi penyuka tantangan adrenalin maka di tempat ini bisa melakukan paralayang. Dengan biaya mulai dari Rp 200.000,00 pengunjung sudah bisa terbang menuju pantai dengan cara tandem dengan pilot yang sudah berpengalaman.

 

Fasilitas Pantai Parangtritis

 

Kelengkapan fasilitas suatu objek wisata sangat penting untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Fasilitas di Pantai Parangtritis sudah lengkap antara lain area parkir yang luas, toilet, mushola, warung makan, toko souvenir, persewaan payung, penginapan dan berbagai wahana.Tak perlu khawatir dengan harga, karena biaya menginap dan untuk menikmati wahana yang ada di pantai ini masih sangat terjangkau.

 

Sudah puas main di Parangtritis? Tak ada salahnya untuk melipir mampir ke Gumuk Pasir, Pantai Goa Cemara, dan Pantai Patehan untuk menambah keseruan liburan dan keindahannya tak kalah dengan pantai ini.