Rasakan Sensasi Sandboarding di Gumuk Pasir

Daerah pesisir selatan Kota Yogyakarta memang menjadi andalan pariwisata di kota gudeg. Pasalnya banyak terdapat objek pariwisata alam yang sangat sayang untuk dilewatkan. Belum lagi bila menengok banyaknya ragam aktivitas yang bisa dicoba ketika berada di destinasi tersebut. Bagian selatan Yogya ini terdiri dari gunung, pantai, goa bahkan terdapat satu fenomena alam yang langka yaitu gumuk pasir.

 

Mengenal Gumuk Pasir

 

Gumuk pasir adalah fenomena alam yang tebentuk dari ribuan tahun lamanya. Area gunung pasir di Yogya ini terjadi karena adanya pasir yang berasal dari hasil erupsi Gunung Merapi kemudian terbawa aliran arus Sungai Opak dan Sungai Progo berujung di pinggir pantai kemudian tertiup angin dari Samudra Hindia hingga membentuk tumpukan pasir yang sangat banyak dan arealnya luas. Kumpulan pasir tersebut berada di daerah jalan utama Pantai Parangkusumo sehingga terkenal dengan Gumuk Pasir Parangkusumo.

 

Gumuk Parangkusumo dalam bahasa geologi sebenarnya adalah gumuk pasir barchans yaitu gumuk pasir yang memiliki ketinggian antara 5-10 meter. Selain itu gumuk pasir ini merupakan gumuk pesisir yang juga terdapat di negara lain yang berada di dekat garis lintang. Bila diklasifikasikan menurut iklim berkarakter tropika basah gumuk pasir ini harusnya berbentuk hummock dunes namun Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki tipe barchans.

 

Gumuk ini ada beberapa tempat di Indonesia namun yang terbesar berada di Yogyakarta. Maka gumuk ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke lokasi menyaksikan keindahan alam yang langka ini. Tak hanya wisatawan lokal yang berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo, namun juga turis asing. Namanya kian terkenal sejak banyak film atau video clip yang lokasi pembuatannya berlatar belakang gumuk ini.

 

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo

 

Gumuk Pasir Parangkusumo berada di jalan Parangkusumo, Desa Parangtritis, Kecamatan Bantul, Yogyakarta. Tepatnya lokasi gumuk pasir berada di timur Pantai Depok atau sebelah barat Pantai Parangtritis. Rute Gumuk Parangkusumo bisa diakses melalui jalan utama dari Yogyakarta menuju Pantai Parangtritis kemudian menuju ke sebelah baratnya. Kondisi jalanan menuju gumuk pasir sudah sangat bagus.

 

Kelebihan Gumuk Pasir Parangkusumo

 

Pesona yang ditawarkan di Gumuk Pasir Parangkusumo adalah keindahan hamparan pasir yang luas dan tinggi seperti layaknya berada di gurun pasir. Bila pengunjung ingin menikmati sensasi berada di padang pasir, maka tak perlu jauh- jauh ke luar negeri karena dengan berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo sensasinya sudah mirip.Keunikan fenomena ini bahkan sudah diakui oleh PBB sebagai situs warisan dunia hingga sangat menarik untuk dikunjungi.

 

Kegiatan yang dapat dilakukan di gumuk antara lain berfoto dengan latar belakang hamparan pasir yang eksotis. Banyak spot foto kekinian yang dipasang di area gumuk untuk pengunjung yang hobi selfie. Pengunjung dapat melakukan trekking untuk menelusuri area gumuk hingga ke bukit. Anak- anak tentu sangat senang bermain pasir atau ayunan yang terdapat di lokasi gumuk. Tapi bila mengajak anak kecil sebaiknya datang di pagi hari ketika cuaca masih belum terik sehingga masih nyaman untuk bermain.

 

Aktivitas highlight yang dapat dilakukan di Gumuk Parangkusumo adalah sandboarding yaitu berseluncur dengan papan diatas pasir dari atas bukit pasir ke tempat yang rendah. Bagi penyuka tantangan dan adrenalin junkie tentu wahana ini tak boleh dilewatkan begitu saja. Kapan lagi bisa seluncuran di pasir dengan hanya membayar mulai dari Rp 100.000,00 sudah dapat menyewa peralatan lengkap dengan panduan instrukturnya.

 

Fasilitas Gumuk Pasir Parangkusumo

 

Kelengkapan fasilitas di area objek wisata sangat penting untuk menunjang kenyamanan bagi para pengunjungnya. Fasilitas umum yang ada di lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo sudah cukup lengkap dengan adanya area parkir yang luas, warung penyedia makanan dan minuman, toilet, dan penyewaan peralatan sandboarding. Tiket masuk gumuk pasir Jogja masih sangat terjangkau dengan biaya sekitar Rp 100.000,00 pengunjung sudah dapat menyewa peralatan sandboarding beserta pemandunya.

 

Nah, bila sudah puas main pasir di gumuk pasir ini, kini saatnya beralih ke tempat wisata pesisir Jogja yang lain seperti Pantai Parangtritis, Goa Nogobumi, dan Kedung Pengilon.