Menyusuri Lorong Cemara di Pantai Goa Cemara

Ingin menikmati suasana pantai yang berbeda? Datanglah ke pantai- pantai yang masih belum populer. Biasanya pantai tersebut masih alami, sepi, dan belum banyak dipadati pengunjung. Minusnya terkadang beberapa fasilitasnya belum lengkap. Selain Pantai Patehan dan Pantai Kuwaru, ada lagi pantai di Bantul yang masih baru dan harus dijelajah keindahannya yaitu Pantai Goa Cemara.

 

Sejarah Goa Cemara

 

Bila mendengar nama tersebut mungking pengunjung mengernyitkan dahi, pantai dan goa menjadi satu menjadi Pantai Goa Cemara. Padahal di pantai ini tidak ada goa sama sekali. Penamaan goa cemara adalah karena pemandangan di pantai yang menjadi ikon di tempat tersebut sehingga dinamakan seperti itu. Di pantai banyak terdapat pohon cemara yang tinggi dan berjajar di kanan kiri sangat rapat melengkung membentuk lorong panjang mirip seperti lorong goa.

 

Kini setelah beberapa tahun lalu pantai ini dibuka justru beberapa pohon cemara tersebut dirapikan untuk perluasan area wisata pantai. Sehingga lorong yang menyerupai goa dari pohon cemara tersebut sudah tak begitu nampak sempurna. Namun justru semakin banyak wisatawan yang datang berkunjung ke pantai ini karena banyaknya spot dan aktivitas yang bisa dinikmati. Suasana pantai pun masih tetap rindang dan teduh sehingga main berlama- lama di pantai tidak terasa panas.

 

Upacara Pantai Goa Cemara

 

Pantai-pantai di bagian selatan sering memiliki cerita tersendiri. Terutama cerita yang berkaitan dengan Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul. Seperti Pantai Pandansimo, mitos pantai Goa Cemara pun melatar belakangi adanya upacara yang setiap tahunnya diselenggarakan di kawasan ini. Pada upacara ini biasanya ramai didatangi oleh masyarakat Jogja maupun penduduk lokal.

 

Adalah Tradisi Labuhan yang diadakan setiap tahun di pantai ini. Ritual tersebut diselenggarakan pada tanggal 1 Muharam atau 1 Suro pada Tahun Baru Hijriah. Upacara ditandai degan adanya arakan boneka berbentuk kambing, atau disebut Kambing Kendhit. Kambing kendhit diarak dilengkapi dengan hasil bumi. Upacara ini dilakukan untuk rasa syukur dan menghormati penguasa gaib pantai selatan.

 

Antri Naik Ke Mercusuar

 

Pengunjung yang datang tak hanya menikmati pantai saja, namun mereka penasaran untuk melihat pemandangan laut dari atas mercusuar Pantai Goa Cemara. Mercusuar ini memang salah satu daya tarik di area ini. Namun pengunjung harus sabar untuk bergantian naik ke atas karena memang hanya dibatasi 2 orang tiap sesi. Ketinggiannya yang mencapai 40 meter dan ruangan yang terbatas sehingga pengelola mengatur kebijakan tersebut.

 

Untuk naik ke atas mercusuar pengunjung harus membayar Rp 5.000,00 untuk 2 orang. Sebelum sampai ke puncak menara, terdapat banyak anak tangga putar hingga 6 lantai. Begitu sampai di atas semua kepenatan terbayar dengan indahnya pemandangan yang bisa dilihat dari ruangan. Hijau dan rimbun pohon cemara menggaris hijau sebagai batas dengan birunya laut. Di kejauhan nampak pula perbukitan, gunung, dan samudra.

 

Kelengkapan Fasilitas

 

Pantai ini sudah mengalami banyak pengembangan dalam melengkapi sarana untuk pengunjung. Fasilitasnya sudah lengkap seperti toilet, mushola, pendhopo untuk rehat, dan warung- warung. Tak hanya itu, wahananya pun banyak. Pengunjung dapat bermain ATV di sepanjang bibir pantai, bisa bermain air di kolam renang mini.dan ada taman bunga di sekitar pantai.

 

Tempat ini sangat cocok untuk piknik bersama keluarga maupun rombongan. Pengunjung bisa menggelar tikar dan makan bersama di bawah rindangnya pohon cemara ditemani semilir angin yang lama- lama bisa menerbitkan rasa kantuk. Dengan harga tiket masuk Pantai Goa Cemara yang masih sangat terjangkau pengunjung sudah bisa mengisi waktu libur yang sangat menyenangkan.

 

Lokasi Pantai

 

Pantai ini tepatnya berada di Dusun Patihan, Gadingsari, Kecamatan Sanden, Bantul, Jogja. rute yang dapat dipilih dari pusat kota Jogja adalah melewati Jalan Bantul menuju simpang empat Palbapang, belok kanan hingga lampu merah belok kiri nanti akan ada petunjuk menuju Pantai Goa Cemara. Bila pengunjung kesulitan, bisa menggunakan bantuan GoogleMaps untuk menemukan lokasi. Akses jalanan menuju pantai sudah sangat bagus dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi dan umum.