Nikmati Sunset dari Mercusuar di Pantai Patehan

Kapankah? waktu yang tepat untuk datang ke pantai? Bisa pagi hari saat sunrise atau siang hingga sore untuk berburu sunset. Salah satu tempat asik untuk berburu sunset memang di pantai. Di mana pengunjung bisa melihat tenggelamnya matahari dengan cahaya keemasan di ujung batas cakrawala. Lebih- lebih lagi bila melihatnya dari atas ketinggian, seperti yang ada di Pantai Patehan ini.

 

Tentang Pantai Patehan

 

Pantai Patehan adalah salah satu dari jajaran komplek pantai yang berdekatan yaitu Pantai Pandansimo, Pantai Kuwaru, dan pantai Samas. Di kalangan penduduk Pantai patehan lebih dikenal dengan pantai Pandansari. Tipikal pantai bagian selatan seperti pantai Parangtritis dan Pantai Parang Kusumo, pantai ini pun memiliki tipe pasir hitam dan berair coklat. Ombaknya pun tergolong besar sehingga tidak disarankan untuk berenang di pantai ini.

 

Meskipun pantainya berpasir hitam, namun keindahannya tak kalah dengan pantai- pantai yang berpasir putih. Masih banyak aktivitas yang dapat dilakukan di pantai ini selain bermain air. Bila pengunjung suka dengan suasana yang lebih privasi tentu sangat suka berada di sini karena tempat ini masih tergolong baru.

 

Aktivitas di Pantai

 

Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai Patehan dengan duduk- duduk di tepi pantai di bawah rindangnya pohon cemara. Suasana di pantai Patehan mirip di pantai Goa Cemara yaitu banyak terdapat pohon cemara yang menghiasi bibir pantai. Bedanya jenis cemara di pantai Patehan ini adalah pohon cemara udang. Bila musim kemarau pohon ini akan meranggas hingga tersisa ranting- rantingnya saja. Bagi penggemar fotografi suasana seperti ini sangat cocok untuk background foto.

 

Selain bersantai di pinggir pantai pengunjung bisa mengunjugi kebun buah naga yang ada di dekat pantai. Bila sedang berbuah, pengunjung boleh memetik dan membeli buah naga untuk dijadikan buah tangan maupun dimakan langsung di kebun. Tentu sangat segar menikmati buah naga langsung dari kebunnya maupun di pinggir pantai. Pengunjung pun bisa menikmati bekal yang dibawa dari rumah dengan menggelar tikar di bawah pohon cemara sembari merasakan semilir angin sepoi- sepoi.

 

Naik ke Mercusuar

 

Spot andalan di pantai adalah Mercusuar Pantai Pandansari yang tingginya mencapai 30 meter. Bangunan ini sudah ada sejak tahun 1997 berguna untuk memantau keadaan laut dan panduan bagi nelayan ketika berada di laut. Pengunjung boleh naik ke atas dengan membayar Rp 2.500,00 per orang. Untuk menuju ke ruangan atas, pengunjung harus menaiki tangga ulir yang tinggi.

 

Sampainya di atas pengunjung dapat melihat pemandangan dari ruangan berdinding kaca. Dari tempat ini terlihat deretan hijaunya pohon cemara di bibir pantai. Lautan luas dengan ombaknya dan penghujung cakrawala. Tampak pula kebun buah naga yang ada di dekat pantai. Terlebih bila datang pada sore hari saat senja, pengunjung dapat menyaksikan syahdunya sunset di batas laut dari kejauhan.

 

Fasilitas Pantai

 

Pantai ini sudah mengalami banyak pengembangan sejak dibukanya pada beberapa tahun lalu. Fasilitas yang ada di sini sudah semakin lengkap seperti toilet, mushola, warung, dan area parkir. Dengan begitu pengunjung yang datang pun semakin banyak terlebih di hari libur.

 

Berwisata ke pantai ini sungguh ramah kantong, dengan tiket masuk Pantai Pandansari yang masih murah pengunjung sudah bisa menikmati suasana pantai sepuasnya. Jangan lupa untuk menaiki mercusuar untuk menikmati sunsetnya.

 

Lokasi Pantai Patehan

 

Pantai Patehan atau Pandansari tepatnya berada di Desa Gadingsari, Bantul, Jogja. lokasinya berjarak 30 km dari pusat kota Jogja dan dapat ditempuh selama kurang lebih 1 jam perjalanan. Rute pantai Pandansari bantul terbilang cukup mudah. Pengunjung bisa melewati Jalan Bantul meuju Pantai Samas. Namun ketiga pertigaansebelum samas nanti aka nada petunjuk untuk menuju pantai Pandansari. Akses jalanan sudah sangat baik namun lokasi ini hanya bisa dijangkau dengan menggunakan kendaraan pribadi. Bila menggunakan kendaraan umum harus sambung dengan ojek.

 

Tertarik untuk merasakan keseruannya? Maka buktikan sendiri dengan datang ke Pantai Patehan di waktu libur maupun akhir pekan bersama keluarga tercinta.