Apa Perbedaan Pantai Pandansimo Lama dan Baru?

Ingin piknik ke pantai yang bisa melakukan banyak aktivitas didalamnya? Tentu saja ada. Banyak pilihan pantai di bantul yang dapat dijadikan one stop picnic activities. Pengunjung bisa menikmati suasana pantai, bermain air, makan- makan, main atv, dan banyak lagi. Salah satu tempat yang cocok untuk melewati liburan dengan keseruan tersebut adalah datang ke Pantai Pandansimo bantul.

 

Pandansimo Baru dan Lama

 

Pengunjung mungkin bingung dengan adanya penamaan Pantai Pandansimo baru dan Pantai Pandansimo lama. Keduanya memang berlokasi berdekatan. Pantai yang baru berada di tengah-tengah antara pantai lama dan Pantai Parang Kusumo. Sebelumnya sejarah pantai Pandansimo baru adalah lahan pasir dengan perkampungan nelayan dan pelelangan ikan. Kini pantai yang baru telah dikembangkan menjadi pantai sadar wisata dengan dilengkapinya berbagai fasilitas dan wahana permainan.

 

Sedangkan pantai Pandansimo yang lama tetap masih ramai dikunjungi wisatawan terlebih di hari libur. Pengunjung dapat melakukan banyak kegiatan selama di pantai. Tak perlu khawatir dengan adanya misteri Pantai Pandansimo seperti mistiknya Pasenggrahan Parang Kusumo, justru sekarang pantai ini menjadi salah satu tempat untuk pengembangan teknologi.

 

Aktivitas di Pantai

 

Bila mengunjugi Curug Banyunibo tentu yang pengunjung lakukan adalah menikmati indahnya air terjun yang jatuh dari ketinggian tebing. Nah, di pantai banyak aktivitas yang dapat dilakukan selain bersantai atau duduk- duduk di tepi pantai. Namun bagi yang memang ingin bersantai saja, tentu bisa saja menikmati keindahan pantai di bawah pohon cemara di atas tikar sambil membuka bekal atau menikmati jajanan yang tersedia.

 

Di pantai pengunjung bisa melakukan outbond dan berenang. Untuk wisatawan yang datang berombongan tentu sangat asik dan seru bila bisa menjalin keakraban dengan melakukan aktivitas bersama. Pengelola pantai menyediakan berbagai pilihan outbound yang dapat disesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan peserta. Biasanya peserta akan melakukan games- games seru yang berkaitan dengan pantai, seperti mengumpulkan air dari pantai dan lain-lain.

 

Untuk anak- anak, tersedia kolam renang yang bisa digunakan untuk bersenang- senang dengan main bola- bola di kolam. Pasti sangat asyik main air yang tidak membuat pedih di mata namun tetap bisa sembari menyaksikan pemandangan dan suasana pantai. Jangan lupa untuk berkeliling pantai untuk menjelajah setiap sudut pantai dengan menaiki ATV yang disewakan oleh pengelola.

 

Camping di Pantai

 

Ingin menambah keseruan liburan? Cobalah menghabiskan malam di pantai dengan cara berkemah atau camping. Pengelola meyediakan area yang cukup degan fasilitasnya untuk mendirikan tenda. Acara pada malam hari bisa membuat api unggun di tepi pantai, sembari melihat banyaknya bintang- bintang di langit luas tanpa penghalang. Untuk perlengkapannya pengunjung bisa membawanya sendiri dari rumah maupun menghubungi pengelola untuk menyewanya.

 

Pemanfaatan Teknologi

 

Potensi sumber daya alam yang terbarukan yang ada di pantai ini dimanfaatkan dengan baik. Di area pantai terdapat banyak kincir angin yang digunakan untuk pembangkit listrik. Teknologi ini merupakan hasil kerja sama dari UGM dan Kemenristek. Dengan adanya kincir angin, penduduk sekitar dapat merasakan manfaat yang positif berupa listrik dengan kekuatan total 2,5KW- 10KW.

 

Bagi penggemar fotografi, lokasi ini justru merupakan spot yang bagus untuk foto- foto dari kejauhan. Menggabungkan pemandangan pohon cemara di sela- sela kincir angin akan menghasilkan gambar yang serasa seperti bukan di Indonesia.

 

Lokasi Pantai Pandansimo

 

Pantai Pandansimo tepatnya berada di desa Poncosari, Bantul, Jogja. dari pusat kota Jogja pantai ini berjarak sekitar 20km dengan waktu tempuh selama 30 menit menuju ke arah Kulon Progo. Dari Jogja pengunjung mengarah ke Srandakan kemudian menuju Jalan Pandansimo hingga menuju pantai. akses jalanan sudah baik dapat dijangkau dengan kendaraan pribadi ataupun umum.

 

Kelengkapan Fasilitas

 

Pengunjung yang datang ke pantai Pandansimo akan merasa betah karena sudah lengkapnya fasilitas dan wahan untuk para wisatawan. Mulai dari areal parkir yang luas, toilet, mushola, warung makan yang menjual aneka seafood sudah tersedia. Harga tiket masuknya sangat terjangkau. Pengunjung cukup membayar tiket parkir untuk motor Rp 5.000,00 dan Mobil Rp 10.000,00.