5 Aktitivas Seru Yang Harus Dicoba Di Pantai Kuwaru

Ingin mengisi akhir pekan dengan liburan bersama keluarga? Pantai adalah salah satu pilihan yang pas. Terlebih bila datang ke pantai umum yang ada di Bantul, Jogja. Selain banyak aktivitas menarik yang dapat dilakukan, pantai- pantai ini pun masih tergolong wisata dengan biaya yang ramah kantong. Salah satunya adalah Pantai Kuwaru.

 

Lokasi Pantai Kuwaru

 

Obyek Wisata Pantai Kuwaru berada di Desa Poncosari, Srandakan, bantul, Jogja. Jarak pantai dari pusat kota Jogja sekitar 29 km dapat ditempuh selama 60 menit perjalanan menggunakan kendaraan pribadi maupun sewa. Kendaraan umum belum menjangkau hingga lokasi pantai. rute yang dapat dilewati dari Jogja adalah menuju ke arah selatan menuju Bantul hingga simpang empat Palbapang, pilih rute menuju Pantai Samas, ikuti jalan dan petunjuk hingga Pantai Kuwaru. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Goa Cemara.

 

Suasana Pantai

 

Pantai ini memiliki karakteristik khas pantai selatan yang memang berpasir hitam serta berombak besar. Namun hal itu tak mengurangi kecantikan dan daya tarik wisatawan untuk datang ke sini. Pantai ini selalu ramai oleh pengunjung terlebih pada hari libur atau akhir pekan. Pengunjung tak hanya menikmati suasana keindahan pantai namun juga mencoba berbagai hal menarik di dalamnya.

 

Pengunjung yang datang bisa menikmati pantai dengan duduk- duduk di bawah pohon cemara yang banyak tersebar di sekitar pantai mirip dengan Pantai Patehan. Datang pada sore hari menjelang senja, pengunjung dapat melihat sunset yang indah dari bibir pantai.

 

Selain menikmati keindahan pantai, ada banyak hal yang harus dicoba di pantai ini:

  1. Naik ATV/ Trail

Ingin mengelilingi pantai dengan cara yang seru? Maka naik ATV  atau motor trail adalah jawabannya. Sensasi mengendara di atas pasir dan berkeliling di sela- sela pohon cemara udang seakan mengasah kemampuan menyetir para pengunjung. Di area ini terdapat penyewaan kedua kendaraan tersebut. Pengunjung dapat menelusur pantai selama 15 menit dengan tarif yang masih sangat terjangkau. bila sudah mahir mengendarai ATV, perlu pula mencoba motor trailnya. Terlihat keren bukan?

  1. Berenang

Ombak pantai selatan yang terkenal besar terkadang membahayakan pengunjung untuk berada lama- lama di bibir pantai. terutama untuk anak- anak yang belum bisa berenang.

Tak perlu sedih bila ombak sedang besar, pengunjung tetap bisa menikmati keindahan gambar Pantai Kuwaru karena pantai ini dilengkapi dengan kolam renang buatan yang disediakan untuk wisatawan. meskipun bukan kolam hangat seperti pemandian air panas Parang Wedang namun anak- anak bisa bermain air dengan puas di kolam renang tanpa khawatir ombak besar, tapi tetap harus dengan dampingan orang tua.

  1. Mandi Bola dan Kereta Mini

Bagi anak kecil yang masih malas untuk berbasah- basah, di pantai juga ada wahana bermain yang tak kalah seru yaitu mandi bola dan kereta mini. Mereka bisa main seseruan di arena mandi bola sedangkan para orang tua mengawasi sambil leyeh- leyeh menikmati camilan yang banyak dijual di sekitar pantai.

  1. Wisata Kuliner

Inilah yang sering dicari para wisatawan, yaitu kulinernya. Makanan apa sih yang khas di tempat wisata tersebut? Surag sea food bisa ditemui di sini. Di dekat pantai terdapat pasar ikan yang menyediakan aneka jenis ikan maupun sea food lain seperti udang dan cumi- cumi. Pengunjung bisa membelinya kemudian membawa ke warung di sekitar pantai untuk dimasak sesuai selera, bisa goreng, bakar, asam manis, dll. sensasi menikmati sea food yang masih segar langsung dari sumbernya pasti sangat nikmat.

  1. Foto- Foto

Yang terakhir tak boleh dilupakan tentu berfoto ria. Pemandangan Pantai yang cantik pantai berpasir hitam dan hijaunya cemara udang yang kontras pada saat sunset membuat hasil foto menjadi sangat epic. Tak hanya itu, hidangan sea food yang dipilih pun bisa diabadikan untuk di unggah ke media sosial seperti yang jamak dilakukan pada masa kini.

 

Kelengkapan fasilitas dengan tarif masuk Pantai Kuwaru yang masih murah membuat Pantai Kuwaru ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.