Nongkrong Kekinian di Puncak Hargodumilah Handcraft

Dimanakah tempat gaul favorit anak muda Jogja? Tempat yang sekarang menjadi trend adalah yang lokasinya berada di ketinggian. Menggunggah hasil jepretan foto pemandangan dari ketinggian adalah salah satu hal yang hits belakangan ini. Bahkan banyak tempat yang kemudian sengaja di bentuk untuk dibuat spot foto di puncak perbukitan. Bagaimana dengan Hargodumilah Handcraft?

 

Tempat Gaul Malam

 

Setelah seharian berkeliling Jogja, bermain air di Taman Air Gran Puri atau mencicipi wisata kuliner di sate klathak Pak Pong yang menggoyang lidah. Pada saat senja menjelang saatnya berpindah melipir ke pinggiran Jogja untuk menikmati indahnya suasana malam di Jogja. Tempat ini selalu ramai oleh pengunjung terutama para muda- mudi baik hari biasa maupun akhir pekan.

 

Semakin malam, semakin hidup suasana di tempat ini. Banyak hal yang bisa dinikmati di sini. Sembari menikmati pemandangan Jogja dari ketinggian, pengunjung sekaligus nongkrong di warung- warung yang banyak tersedia di pinggir jalan. Semua view warung ini tentunya menghadap ke kota, dimana para pengunjung bisa dinner sambil melihat bintang di langit luas maupun kerlap-kerlip lampu kota Jogja dari kejauhan.

 

Bukit Bintang Hargodumilah

 

Puncak Hargo Dumilah adalah awalnya sebuah tempat istirahat bagi pengendara motor yang melakukan perjalanan dari Jogja ke Wonosari maupun sebaliknya. Tempat ini ada karena pada saat setelah gempa Jogja, penduduk setempat membuka warung- warung kecil di tepi jalan untuk memulihkan perekonomian. Banyaknya orang yang mampir istirahat sembari membeli jajan di warung membuat tempat ini ramai dibicarakan. Pasalnya ketika beristirahat mereka dapat menikmati pemandangan yang indah dari ketinggian.

 

Pada malam hari orang yang datang berkunjung semakin ramai karena mereka bisa melihat bintang- bintang yang terhampar di langit malam. Oleh karenanya tempat ada di kawasan hargo Dumilah Jogja ini disebut Bukit Bintang. Ketenaran nama Bukit Bintang mengalahkan arti hargo Dumilah yang memang merupakan nama daerah dimana lokasi ini berada.

 

Sekarang, siapa yang tak kenal Bukit Bintang? Tak hanya anak muda Jogja saja yang ramai mendatangi spot ini, tapi juga wisatawan luar kota. Setiap hari tempat ini selalu padat pengunjung. Bagusnya tersedia area parkir yang memadai meskipun kawasan ini tepat berada di pinggir jalan Raya Jogja-Wonosari.

 

Hargodumilah Daya Tarik

 

Bagi pengunjung luar kota, tentu mereka datang karena penasaran ingin membuktikan kecantikan pemandangan yang kerap hadir di feed media sosial. Tak ingin ketinggalan mereka pun jauh- jauh dari luar kota meluangkan waktu memilih Bukit Bintang sebagai salah satu agenda mereka.

 

Selain menikmati keindahan malam, pengunjung bisa menikmati aneka jajanan yang ada di sepanjang kawasan ini. sekarang café dan warungnya semakin bervariatif, menunya pun beragam. Pengunjung bisa menikmati sajian ringan seperti kacang rebus, jagung bakar, hingga yang bergaya kekinian seperti bermaam-macam kopi.

 

Yang tak kalah seru adalah gaya restonya sekarang sudah sangat menarik. Warung- warung yang dulunya hanya di pinggiran jalan, kini mereka membuat berbagai model ada yang bertingkat berjenjang sesuai dengan ketinggian demi pengunjung tetap bisa menikmati view yang bagus di malam hari. Suasananya pun asik dan unik- unik, bahkan pengunjung bisa menikmati sajian romantic candle light dinner di resto- resto tersebut.

 

Lokasi dan Fasilitas

 

Untuk menemukan Puncak Hargodumilah ini sangat mudah, lokasinya berada Kecamatan Patuk, Gunungkidul. Rute yang dipilih dari pusat kota Jogja adalah melewati Jalan Raya Jogja- Wonosari. Bila dari arah jogja nanti posisi puncak ini berada di kanan jalan. Aksesnya sangat baik dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi.

 

Dari segi fasilitas, puncak ini memang lebih kepada menikmati suasana sembari makan. Jadi fasilitasnya hanya sebatas pada banyaknya warung makan, toilet, dan parkir kendaraan yang memadai. Tidak ada kelengkapan fasilitas seperti Tembi Rumah Budaya yang menyediakan penginapan untuk tamu. Bila pengunjung ingin menikmati malam di Jogja bisa menginap di hotel di kota ataupun meneruskan perjalanan dengan menginap di Wonosari. Tunggu apa lagi, jangan lupa untuk gaul di Hargodumilah Handcraft Jogja ini ya.