Pesona Pantai Kajar yang Tersembunyi

Kelelahan akibat terlalu banyak pekerjaan di tengah padatnya pemukiman, bisingnya suara kendaraan, dan udara yang panas tidak sedikit yang mempengaruhi kualitas hidup sehari-hari. Misalnya saja hilangnya konsentrasi saat bekerja, berkurangnya inspirasi untuk menjalankan aktifitas pekerjaan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Akhirnya liburan ke tempat yang jauh dari tempat tinggal, jauh dari lingkungan pekerjaan dan jauh dari lingkungan perkotaan menjadi pilihan. Salah satunya mengunjungi pantai-pantai di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang lokasinya memang jauh dari pusat kota. Salah satu pilihan yang direkomendasikan untuk menyepi atau mencari ketenangan adalah pantai Kajar.

 

Mengenal Pantai Kajar

 

Ada puluhan pantai yang bisa dikunjungi di Gunungkidul salah satunya adalah Pantai Kajar. Pantai yang bisa jadi menyajikan panorama maupun suasana sesuai imajinasi Anda. Pantai dengan birunya air laut, hamparan pasir, deru ombak, batu karang menjulang, dan seterusnya. Hamparan pasir di pantai Kajar Gunungkidul ini memang tidak terlalu luas namun Anda bisa melihat batu karang yang ada di sisi pantai dengan ukuran yang bervariasi.

 

Belum banyak orang termasuk orang Jogya yang menyadari keindahannya membuat pantai ini terlihat  sepi padahal tempat ini merupakan ternyaman untuk sekedar duduk sambil menikmat udara laut sejenak bersama teman dekat maupun keluarga. Atau bagi penggemar wisata petualang maka Anda bisa memperoleh kesempatan tersebut. Mengapa? Karena lokasi pantai ini berada diantara Pantai Pok Tunggal dan Seruni. Nah, Anda bisa menyusuri ketiga pantai tersebut. Pasti sangat menyenangkan.

 

Transportasi

 

Untuk menuju pantai baru gunungkidul disarankan membawa kendaraan sendiri, bisa milik sendiri atau sewa, bisa motor atau mobil. Kecil kemungkinan bisa menggunakan kendaraan umum karena sangat terbatas dan hanya melewati jalan utama saja.

 

Umumnya pantai-pantai di Gunungkidul terutama pantai-pantai sepi lokasinya jauh dari jalan utama. Tidak jarang harus melewati ladang penduduk maupun semak belukar. Selain itu  pastikan pula kendaraan yang digunakan siap melajut di berbagai medan jalan. Membawa kendaraan sendiri  juga lebih puas ketika akan menjelajahi beberapa lokasi sekaligus. Apalagi pantai-pantai yang ada lokasinya juga berdekatan.

 

Fasilitas

 

Berada di pantai trenggole atau pantai tersembunyi lainnya jangan bayangkan bisa menemukan berbagai fasiitas  umum yang memadai. Kalau pun Anda menemukannya, biasanya jumlah terbatas dan seadanya sehingga Anda sebaiknya memakluminya. Setidaknya setiap kali akan menjelajah pantai-pantai baru, ada berbagai persiapan yang bisa dilakukan. Mulai dari persiapan perbekalan baik makanan maupun minuman secukupnya.

 

Bisa saja tidak banyak warung makan atau minum yang ditemui. Lalu bawa peralatan pendukung untuk liburan misalnya tikar atau hammock. Siapa tahu di lokasi tersebut memungkinkan Anda untuk bersantai. Jangan lupakan untuk membawa sampah yang dibawa. Tidak setiap tempat disediakan tempat sampah sehingga jangan sampai meninggalkannya atau membuang sampah sembarangan.

 

Saat berada di pantai sembung belum tentu Anda akan menemukan penginapan di sekitar pantai. Namun besar kemungkinan Anda bisa melakukan camping di pantai. Inilah salah satu keunggulan dari pantai-pantai sepi atau tersembunyi, menjadi tempat yang pas untuk camping. Selain karena sepi, juga jauh dari pemukiman sehingga tidak khawatir akan menggangu penduduk sekitar.

 

Namun perlu diingat, Anda adalah tamu. Selayaknya tamu maka ada baiknya untuk meminta izin terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk camping. Setidaknya mencari tahu apakah diperbolehkan atau tidak, apa saja yang tidak boleh dilakukan, jika harus membayar maka berapa biaya per malam dan sebagainya. Langkah tersebut perlu dilakukan sehingga liburan pun lebih nyaman.

 

Rute Menuju Kajar

 

Untuk menemukan pantai krisik ataupun Kajar bukan hal yang sulit. Apalagi dengan perkembangan teknologi saat ini. Keberadaan peta daring seperti Google map sangat membantu. Apalagi penunjukan tempat semakin akurat. Kelemahannya ketika sinyal internet tidak lancar atau baterai telepon pintar Anda habis. Jika hal ini terjadi, tentu saja bertanya penduduk lokal adalah solusi terbaik.

 

Apalagi mereka biasanya dengan senang hati akan menjawab. Jika Anda menyewa mobil sekaligus sopir justru lebih mudah, karena biasanya  sopir-sopir tersebut sudah paham medan jalanan. Tidak ada salahnya sebelum memutuskan menyewa sekaligus mencari tahu seberapa banyak informasi yang diketahui dari tempat penyewaan mobil tersebut. Termasuk apakah mereka mengetaui rute menuju Pantai Kajar Gunungkidul. Untuk kemudahan, anda bisa mencari paket wisata Jogja dari agen perjalanan wisata.