Pesona Pantai Seruni Gunungkidul

Setiap pantai memiliki daya tarik masing-masing. Daya tarik yang mampu memberikan kesan mendalam bagi setiap pengunjung. Daya tarik tersebut bisa jadi keunikan yang tidak dimiliki tempat lain dan menjadi magnet bagi pengunjung lainnya yang penasaran. Daya tarik tersebut bisa berasal dari budaya atau kebiasaan masyarakat setempat, bisa juga karena nama yang unik atau karena keunikan yang terjadi karena proses alam yang ada selama bertahun-tahun yang lalu. Keunikan satu ini biasanya banyak ditemukan pada tempat-tempat wisata alam. Salah satunya keunikan yang ada di Pantai Seruni Gunungkidul. 

 

Tentang Pantai Seruni

 

Pantai Seruni bisa Anda kunjungi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Pok Tunggal. Selain itu sama halnya Pantai Pok Tunggal, pantai ini juga dikelola dan dikembangkan masyarakat sekitar. Seruni sendiri berasal dari nama bunga yang memiliki bahasa latin Crysanthemun atau Chrysous atau dikenal dengan bungan Krisan dan masyarakat di sini mengenalnya dengan nama Seruni.

 

Namun jangan mencari bunga krisan di pantai ini karena Anda tidak akan menemukannya. Seruni sendiri berarti emas. Emas bisa dipahami sebagai simbol kemakmuran. Hal ini bisa dipahami sebagai simbol bahwa pantai tersebut merupakan sumber penghasilan atau mata pencaharian masyarakat sekitar. Dan memang tidak sedikit warga lokal yang memperoleh penghasilan dari pantai ini. Seperti halnya warga Jogya yang ada di sekitar pantai krisik.

 

Keunikan Pantai Seruni

 

Seperti pantai di Gunungkidul lainnya dengan keindahan yang tidak perlu disangsikan. Begitu pula dengan pantai ini. hamparan pasir putihnya terlihat begitu bersih. Perbukitan yang ada di kedua sisi pantai semakin memberikan pemandangan memukau siapa saja yang melihatnya. Kemudian saat Anda berjalan menyusuri pantai tepatnya di sebelah sisi timur pantai tersebut, Anda akan menemukan sebuah mata air tawar.

 

Uniknya mata air tersebut berbentuk seperti air terjun tetapi kecil ukurannya. Di bawah air terjun tersebut sudah dilengkapi dengan penampungan maupun pipa-pipa pancuran yang menghubungkan air tersebut. Anda hanya bisa mengunjungi mata air ini ketika air laut sedang surut. Keunikan ini tentu tidak akan Anda temukan ketika mengunjungi pantai serah maupun pantai lain.

 

Menuju Pantai Seruni

 

Jika sudah mengetahui dimana alamat pantai seruni tentu lebih mudah mencarinya. Toh, lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Pok Tunggal bahkan searah. Keuntungan wisata di pantai-pantai Gunungkidul adalah lokasinya yang cenderung tidak terlalu jauh satu sama lain. Meskipun pantai-pantai yang ada selalu jauh dari jalan utama. Tidak sedikit yang harus melewati semak belukar, ladang penduduk, jalan terjal berbatu, mendaki gunung atau bukit dan seterusnya. Begitu pula yang akan Anda alami ketika memutuskan mengunjungi pantai ini.

 

Setelah menempuh rute pantai seruni gunung kidul dimana jika Anda dari arah Yogyakarta kota setidaknya membutuhkan waktu sekitar dua jam perjalanan Anda akan bertemu medan terjal. Perjalanan dari Yogyakarta tergolong mulus, jalanan lancar dan bagus. Kemacetan biasanya terjadi saat musim liburan atau weekend. Sepanjang perjalanan Anda bisa menikmati pemandangan alam di kanan dan kiri jalan. Perjuangan dimulai ketika sudah berada di daerah Kecamatan Tepus, Gunungkidul.

 

Jangan khawatir akan tersesat meskipun tidak banyak papan penunjuk jalan. Bertanya pada penduduk sekitar jauh lebih mudah. Penduduk lokal yang ditemui biasanya akan menjelaskan rute dengan ramah. Jika Anda kurang yakin atau lupa dengan jawaban pertama maka Anda bisa mencoba lagi berikutnya. Hal-hal demikian justru menjadi pengalaman berharga saat liburan.

 

Didukung Fasilitas Memadai

 

Saat berada di pantai sembung mungkin saja fasilitas yang ditemui tidak sama dengan yang Anda temui di pantai ini. Karena sudah dikekola dengan baik oleh warga, Anda akan menemukan lokasi parkir untuk kendaran yang Anda gunakan. Selain itu warung-warung makanan atau minuman juga bisa ditemui. Termasuk toilet dan gazebo.

 

Keberadaan gazebo ini juga semakin memudahkan pengunjung untuk sekedar beristirahat sambil menikmati pemandangan yang ada. Anda pun bisa membawa bekal makanan maupun minuman yang bisa Anda nikmati di gazebo tersebut. Namun jangan lupa untuk selalu membuang sampah pada tempatnya.

 

Bagaimana? Sudah siap mengunjungi Pantai Seruni pada liburan selanjutnya? Ada banyak paket wisata di Jogja yang di tawarkan oleh biro wisata yang mencantum pantai ini dalam paket tamasya mereka yang bisa anda dapatkan dengan harga yang menyenangkan.

 

Alamat: Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DIY