Pesona Pantai Sanglen

Wisata alam selalu memberikan pengalaman tersendiri. Bagaimana suasana alam mampu memberikan ketenangan sekaligus kebahagiaan sehingga mampu melupakan segala beban yang dihadapi walau sejenak. Mengembalikan fokus saat kembali beraktifitas dengan rutinitas sehari-hari. Salah satu wisata alam yang digemari wisatawan yang berkunjung ke Jogja tentu pantai Sanglen. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan yang ada tetapi juga bisa berinteraksi langsung dengan alam maupun masyarakat sekitar. Pantai ini merupakan salah tempat yang ditawarkan kepada wisatawan oleh Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Mengenal Pantai Sanglen

 

Salah satu lokasi favorit di Kabupaten Gunungkidul yang belakangan membuat orang penasaran adalah Pantai Sanglen. Pantai ini berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Masih satu wilayah dengan pantai watu kodok sehingga bisa sekaligus mengunjunginya. Pantai ini menawarkan suasana yang sepi dan nyaman untuk menyendiri atau mencari inspirasi.

 

Ombak tidak terlalu kencang dan pasirnya pun terasa halus. Tidak sedikit pengunjung yang berenang di pantai. Namun banyaknya pecahan karang maupun landak laut di pantai ini sebaiknya menggunakan alas kaki atau berhati-hati saat melangkahkan kaki Anda.

 

Pagi atau sore hari merupakan waktu yang pas untuk menikmati suasana di pantai ini. Tidak terlalu terik sehingga cukup nyaman untuk berlama-lama. Suasana yang ditawarkan membuat orang pun tidak merasa bosan berada di sini. Jika cuaca mendukung, Anda pun bisa menikmati matahari yang perlahan mulai tenggelam.

 

Tempat Camping

 

Jika ingin merasa lebih dekat dengan alam dan benar-benar menikmati suasananya maka camping di pantai sanglen bisa dicoba. Tidak hanya sekedar bermain air, bermain pasir, berlarian saat ombak datang lalu pulang tetapi benar-benar menikmati suasana yang ada dengan bermalam, menginap di dalam tenda hingga keesokan harinya.

 

Apalagi di pantai ini terdapat fasilitas toilet maupun persewaan peralatan camping. Tetapi Anda perlu menghubungi pengelola terlebih dahulu untuk mengetahui berapa harga sewa dan lain-lain. Sementara untuk perbekalan seperti makanan dan minuman, Anda harus membawanya sendiri termasuk obat-obatan maupun pakaian tebal.

 

Selain camping, beberapa pengunjung ada juga yang menikmati waktu di pantai ini dengan tiduran di hammock. Sehingga mereka membawa hammock lalu memasangnya di pohon cemara di pantai ini. Bayangkan tiduran di hammock sambil menikmati semilir angin laut, sekedar tiduran ataupun membaca buku dan lainnya.

 

Tidak heran jika pantai sanglen gunungkidul ini menjadi salah satu tempat wisata favorit untuk berpetualang. Semacam paket lengkap dengan pemandangan laut maupun alam sekitarnya. Apalagi lokasi parkir yang cukup jauh dari pantai membuat Anda harus berjalan menyusuri jalan setapak, semak-semak di kanan kiri.

 

Kemudian banyaknya pohon cemara di pantai semakin menambah suasana pantai semakin asri dan alami. Suasananya yang sepi karena belum terlalu banyak pengunjung membuat pantai seperti milik sendiri.

 

Kearifan Lokal Penduduk Sekitar

 

Jika Anda bertanya berapa tiket masuk pantai sanglen maka jangan khawatir karena cukup terjangkau. Pantai dengan rimbunya pohon cemara dan pandan yang menawarkan kenyamanan selama menikmati waktu di pantai tersebut.

 

Anda pun tidak akan menemukan bangunan permanen di sekitar lokasi pantai karena memang tidak diperbolehkan. Bangunan dilarang dibangun agar keasrian dan kealamian pantai tetap terjaga. Jangan ragu untuk menyapa penduduk sekitar yang mungkin sedang mencari landak laut atau lainnya. Setiap tempat biasanya memiliki aturan masing-masing sehingga jangan ragu untuk bertanya apa yang dilarang dan diperbolehkan apalagi jika Anda akan camping beramai-ramai di pantai tersebut.

 

Sempat Dijuluki Pulau Pribadi

 

Deretan pantai-pantai sepi di Gunungkidul seperti pantai kapen kemudian pantai sepanjang maupun sanglen ini memang sering memperoleh julukan sebagai pantai pribadi atau pulau pribadi karena masih sepinya pengunjung. Tetapi justru ini yang menjadi daya tariknya.

 

Terutama bagi para pengunjung yang memang mencari tempat-tempat wisata yang sepi karena memang benar-benar ingin menikmati suasana liburan yang tenang. Apalagi deretan pantai sepi ini biasanya saling berdekatan dengan pantai lainnya.

 

Bahkan tiket masuknya bisa sekaligus untuk beberapa pantai. Jadi meskipun harus menempuh perjalanan sekitar 50 km dari Kota Yogyakarta namun tidak menyurutkan niat untuk singgah di Pantai Sanglen. Jika anda menginginkan kemudahan mengunjungi pantai ini, anda bisa mencoba paket wisata Jogja dengan tujuan pantai Sanglen.

 

 Alamat:  Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DIY