Pesona Goa Seropan di Gunungkidul

Gunungkidul adalah salah satu daerah yang dilewati oleh rangkaian pegunungan karst Gunung Sewu. Gunung ini membentang meliputi tiga daerah provinsi yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Sebagai ciri pegunungan karst yaitu berbentuk kerucut dan terbentuk dari batuan gamping. Oleh karena itu Gunungkidul dikenal sebagai daerah yang susah air karena terkenal dengan gunungnya yang berbahan batuan, namun siapa sangka justru karst inilah dibawahnya dapat menyimpan air terbukti dengan banyaknya sungai bawah tanah dengan debit air yang tinggi. Salah satunya adalah goa Seropan.

 

Mengenal Goa Seropan

 

Secara umum goa memiliki bentuk hampir sama dengan terdapatnya lubang sebagai mulut gua kemudian dalamnya berbentuk seperti lorong dengan panjang dan karakteristik goa yang berbeda. Salah satu goa yang ada di Gunung Sewu adalah Goa Seropan Gunungkidul.

 

Goa yang terletak di kawasan karst Gunungkidul ini memiliki potensi yang besar untuk dimaksimalkan fungsinya terlihat dari terdapatnya aliran sungai bawah tanah dengan debit yang besar. Diharapkan banyaknya debit air bahkan pada musim kemarau bisa membantu masyarakat sekitar agar terhindar dari kekeringan.

 

Meskipun pesona keindahan goa ini sangat sayang untuk dilewatkan namun Goa Seropan memiliki lorong dengan medan yang cukup berat. Penjelajah goa yang datang rata- rata adalah bertujuan untuk penelitian, komunitas pecinta alam, atau yang berkentingan dengan pendidikan.

 

Lokasi Goa Seropan

 

Goa Seropan berada di Desa Gobang Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul. Jarak dari pusat Yogyakarta ke kawasan Goa Seropan kurang lebih 37 km dan dapat ditempuh selama 1 jam 10 menit.

 

Lokasi ini bisa dijangkau dengan menaiki kendaraan pribadi berangkart dari kota Yogyakarta melalui Ring Road menuju jalan Wonosari kemudian ke arah Kecamatan Semanu. Jalur utama menuju kecamatan ini sudah bagus hingga base camp penyusuran goa.

 

Keunikan Goa Seropan

 

Wisata Goa Seropan yang diandalkan tentu saja aktifitas menyusuri goa. Goa ini memiliki panjang 888 meter dengan kedalaman hingga 60 meter. Jalanan menuju mulut goa sudah berupa anak tangga dari beton.

 

Sepanjang lorong goa terdapat perbedaan- perbedaan karakteristik goa yang merupakan daya tarik goa itu sendiri. Dimuali dari mulut goa yang berada di  cekungan yang tertutup kemdian memasuki lorong rendah sejauh 200an meter untuk menuju sungai bawah tanah. Di lorong tersebut memiliki kedalaman yang berbeda dan pengunjung dapat menemukan stalagtit di beberapa segmen goa. Spot andalan lainnya adalah di dalamnya terdapat air terjun Goa Seropan yang merupakan air terjun yang berasal dari sungai bawah tanah dengan ketinggian 8 meter.

 

Secara umum menyusuri goa ini dilakukan dengan berjalan kaki sejauh 500meter. Setelahnya penjelajahan harus menggunakan perlatan khusus untuk caving. Karakteristik goa licin, lembab, dan terkadang harus melalui genangan air yang dalam. Peserta caving hanya dibatasi maksimal 10 orang pada tiap sesi untuk menjaga kondisi dari keterbatasan oksigen.

 

Para pengunjung dapat berhenti sejenak pada tiap post pemberhentian untuk beristirahat sambil menikmati suasana  keindahan goa dan mengabadikan momen. Bahkan ada pemandu yang sengaja mengajak para penjelajah goa untuk berdiam diri dalam keheningan bertafakur kepada Tuhan atas keseimbangan alam ini.

 

Di dalam para penjelajah harus selalu waspada dan berhati- hati dalam setiap tindakan. Perbedaan kedalaman, genangan air, terbatasnya oksigen adalah beberapa hal yang harus diperhatikan demi keselamatan diri masing- masing, dan pentingnya bertindak sesuai dengan arahan cave master.

 

Fasilitas Goa Seropan

 

Fasilitas yang terdapat di objek wisata Goa Seropan belum lengkap. Bahkan belum ada retribusi untuk pengunjung yang memasuki wilayah ini karena masih dikelola oleh warga lokal. Bila pengunjung ingin melakukan caving maka mereka harus mempersiapkan sendiri peralatannya ataupun dapat menghubungi master cave untuk dibantu mengenai penyediaan kelengkapan alat caving.

 

Hendaknya stamina dan kesehatan tubuh harus sangat diperhatikan oleh setiap wisatawan yang akan caving mengingat medan karakteristik goa yang dilalui sangat berat. Pun tak boleh ketinggalan untuk menggunakan peralatan yang sesuai dengan standar keselamatan.

 

Bila pengunjung merupakan pecinta caving maka selain Goa Seropan, perlu dijajal pula goa-goa lain seperti Goa Gelatik, Goa Gesing, Goa Jlamprong, dan Goa Pindul.