Berwisata Asik di Cave Tubing Kalisuci

Gunungkidul merupakan salah satu wilayah yang dilewati oleh rangkaian Gunung Sewu yang membentang dari Gunungkidul, Wonogiri, hingga Pacitan. Karakteristik Gunung Sewu adalah pegunungan tandus terbentuk dari batuan gamping atau disebut karst. Sudah menjadi ciri dari wilayah karst yang kering menjadikan wilayah sekitarnya sulit untuk mendapat pasokan air ketika kemarau tiba seperti Gunungkidul dan Wonogiri.

 

Namun sebenarnya perbukitan karst ini menyimpan potensi yang sangat bermanfaat seperti ditemukannya banyak aliran sungai bawah tanah.Dibalik kegersangan perbukitannya ternyata tersimpan sumber kehidupan.Bahkan kini sungai bawah tanah tersebut dimanfaatkan sebagai objek wisata baru.

 

Mengenal Cave Tubing Kalisuci

 

Kalisuci adalah salah satu daerah di kawasan karst Gunungkidul.Pada tahun 2004 kawasan ini ditetapkan menjadi Kawasan Ekokarst oleh Presiden Susilo Bambang Yodhoyono.Hal itu bertujuan untuk melindungi dan melestarikan sumber daya alam dengan praktek konservasi tradisional pengelolaan lingkungan karst melalui kegiatan pendidikan dan perekonomian.

 

Kalisuci dikenal dengan keberadaan Goa Kali Suci yang memiliki sungai bawah tanah yang panjang dengan debit air yang besar sehingga berarus deras. Potensi tersebut dimanfaatkan oleh warga untuk menjadi wisata Cave Tubing Kalisuci. Banyak para wisatawan datang untuk merasakan sensasi menjelajah sungai bawah tanah di dalam goa. Rata-rata wisatawan yang datang sudah pernah merasakan tubing di Goa Pindul. Bila dibandingkan cave tubing Kalisuci vs Goa Pindul maka Kalisuci lebih memiliki medan yang menantang.

 

Lokasi Cave Tubing Kalisuci

 

Cave Tubing Kalisuci berada di desa Jetis, Pacarjero, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul. Lokasinya berada sejauh 34km dari pusat kota Yogyakarta. Objek ini dapat ditempuh selama kurang lebih 2 jam.

 

Rute yang dapat dilalui dari Yogyakarta adalah melewati jalan utama menuju Wonosari melewati Bukit Bintang menuju Kalisuci Jetis.Medan yang ditempuh sudah bagus. Bila kebingungan wisatawan dapat menggunakan bantuan GPS untuk menjangkau lokasi cave tubing.

 

Kelebihan Cave Tubing Kalisuci

 

Pesona yang ditawarkan oleh Cave Tubing Kalisuci adalah pengalaman menjelajahi goa dengan menyusuri sungai bawah tanah menggunakan ban atau tubing. Konon jenis cave tubing Kalisuci ini merupakan salah satu dari tiga negara yang mempunyai objek wisata serupa yaitu Mexico dan New Zealand.

 

Bilamengunjungi lokasi ini maka pengunjung harus berjalan kaki menuju mulut goa dengan menuruni tangga tebing yang tajam selama 10 menit. Kemudian para pemandu akan memberikan perlengkapan yang akan digunakan untuk cave tubing.  Setibanya di lokasi keseruan dimulai dengan pengunjung mulai menaiki ban di aliran sungai bawah tanah untuk menyusur goa.

 

Goa Kalisuci memiliki panjang 500meter dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam pengunjung akan melewati kedalaman sungai antara 1-3 meter. Di perjalanan wisatawan akan menemukan banyak stalagtit dan stalagmite dalam goa, kemudian melewati beberapa macam goa yaitu Goa Suci, Luweng Senglat, Luweng Geleng, dan terakhir Goa Mburi Omah.

 

Keindahan karakteristik goa dipadu dengan perbedaan jenis arus air yang dilewati menambah keseruan para wisatawan dalam bertubing. Belum lagi ditemani ikan yang kadang terasa di dalam air, atau suasana hening dan segar selang- seling ketika melewati gua dan tebing.Benar- benar sebuah pengalaman yang tak boleh dilewatkan.

 

Fasilitas Cave Tubing Kalisuci

 

Untuk mengikuti cave tubing pengunjung dapat menggunakan paket wisata kalisuci yang telah disediakan oleh pengelola. Biasanya paket yang ditawarkan adalah mencakup seluruh penyewaan peralatan yang akan digunakan untuk cave tubing seperti headlamp, jaket pelampung, helm, dan sewa ban hingga biaya jasa pemandu.

 

Total untuk biaya Cave Tubing Kalisuci para pengunjung harus membayar Rp. 5.000,00 untuk retribusi dan Rp. 70.000,00 untuk cave tubing.

 

Sebelum melakukan cave tubing pastikan bahwa perlatan lengkap terpasang dan berfungsi dengan baik demi menjaga keselamatan. Pastikan pengunjung membawa perlengkapan ganti karena pasti baju yang dipakai akan basah. Yang terakhir selalu patuhi arahan pemandu dan menjaga diri untuk tidak melakukan hal-hal yang membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Bila suka dengan petualangan cave tubing Kalisuci maka harus mencoba pula untuk caving di goa lain seperti Goa Seropan dan Goa Langse.