Ragam Wisata Terbaik di Desa Wisata Umbulrejo

Gunungkidul terkenal dengan berbagai macam wisata alam dan budaya. Wisata Gunung Kidul yang berbasis alam antara lain pantai, goa, sungai, dan perbukitan. Kondisi topografi Gunungkidul yang berada di pesisir Pantai Selatan dan rangkaian perbukitan karst Gunung Sewu sangat memberikan keuntungan dalam hal bervariasinya potensi wisata alam sangat menguntungkan bagi penduduk maupun pemkabnya. Sementara wisata budaya seperti dikembangkannya desa- desa menjadi sebuah desa wisata, pemeliharaan situs, serta candi. Beragamnya pilihan tempat wisata tersebut mendatangkan banyak wisatawan yang ingin mengunjungi kabupaten ini.

 

Mengenal Desa Wisata Umbulrejo

 

Demi pemberdayaan masyarakat desa dan memfasilitasi potensi serta keunikan yang terdapat di sebuah desa. Maka pemkab Gunungkidul banyak membentuk desa yang memiliki kekhasan untuk menjadi sebuah desa yang mempunyai nilai lebih dan dapat dijadikan sebagai objek wisata yang disebut desa wisata. Desa wisata bertujuan memperkenalkan kepada masyarakat luas mengenai kekayaan alam lokal yang dikelola secara mandiri oleh warga desa namun tetap menjaga pelestarian alam dan budaya. Lebih jauh bertujuan untuk meningkatkan kesejateraan sosial penduduknya.

 

Beberapa desa yang berhasil dikelola hingga menjadi tujuan wisata antara lain Desa Wisata Jelok, Desa Wisata Bejiharjo, Desa Wisata Nglanggeran, Desa Wisata Wonosadi, dan Desa Wisata Umbulrejo. Desa- desa ini berhasil menjadi desa wisata yang dikelola oleh masyarakat setempat dan dapat meningkatkan kesejateraan sosial ekonomi warganya.

 

Desa Umbulrejo adalah salah satu desa di Gunungkidul yang memiliki keunikan hingga dapat dijadikan desa wisata. Desa ini memiliki banyak potensi wisata berkat kesuburan tanahnya dan beberapa goa yang terletak di kawasan desa. Banyak pengunjung yang datang ke desa Umbulrejo untuk melihat keindahan alam desa dan melakukan berbagai aktivitas wisata yang ditawarkan oleh pengelola.

 

Lokasi Desa Wisata Umbulrejo

 

Desa Wisata Umbulrejo terletak di Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul.  Desa ini bisa dijangkau dari pusat kota Yogyakarta melewati jalur utama menuju Wonosari.  Lokasinya berada di arah timur Kota Wonosari berjarak sejauh 13km.

 

Akses jalan menuju desa wisata ini sudah sangat bagus. Dapat dijangkau menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Bila perjalanan pribadi kesulitan menemukan lokasi maka bisa dipandu oleh Google maps.

 

Kelebihan Desa Wisata Umbulrejo

 

Banyak pesona keindahan dan kegiatan yang bisa dilakukan di Desa Wisata Umbulrejo. Desa ini dikaruniai dengan pemandangan alam yang indah dan berhawa sejuk dengan tanah yang subur. Penduduk memanfaatkannya untuk berbudidaya ikan air tawar. Penduduknya pun sudah sadar wisata dan sangat ramah kepada setiap pengunjung yang datang ke desanya.

 

Beberapa keunggulan objek wisata yang terdapat di desa ini adalah Waduk Beton Indah, Goa Cokro, Goa Gremeng, dan Bukit Jurang Parang. Wisata Waduk Beton Indah nampaknya menjadi primadona di desa ini. Tempat ini adalah bendungan dengan kelengkapan pemancingan dan warung makan lesehan. Pengunjung dapat menikmati masakan hasil ikan air tawar yang fresh dari waduk.  Selain itu tempat ini merupakan area outbond yang luas dan dilengkapi dengan wahana flying fox yang dengan lintasan di atas bendungan.  Tak hanya flying fox, ada juga wahana perahu karet dan perahu pedal untuk menyusuri waduk.s

 

Setelah puas main di waduk pengunjung dapat mengunjungi goa yang ada di desa ini yaitu Goa Cokro dan Goa Gremeng. Goa Cokro terkenal dengan goa vertical dengan kedalaman 18 meter. Pengunjung yang suka berpetualang tentu tak akan melewatkan sensasi menjelajahi perut bumi dengan caving di goa ini.

 

Fasilitas Desa Wisata Umbulrejo

 

Kelengkapan sarana di suatu tempat wisata sangat penting untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Sebagai salah satu desa wisata, tentunya Desa Wisata Umbulrejo sudah sangat siap dengan segala fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan. Fasilitas yang ada antara lain areal parkir yang memadai, toilet, mushola, tempat istirahat, warung makan hingga home stay.

 

Sedangkan fasilitas mengenai paket wisata pun sudah lengkap seperti tersedianya pemandu, perlengkapan untuk aktivitas caving maupun flyingfox beserta makanan ringan dan minuman.

 

Nah, bila wisatawan sedah puas menelusuri desa wisata dan masih berada di Kecamatan Ponjong tak salahnya untuk mampir ke Hutan Pinus Ponjong.