Produk Kerajinan Terbaik di Gerabah Kasongan

Bagi masyarakat Indonesia budaya membawakan oleh- oleh untuk kerabat seakan menjadi agenda wajib untuk dicari apabila berkunjung ke suatu objek wisata. Biasanya buah tangan yang dibawa merupakan penganan khas daerah wisata tujuan. Namun banyak pula yang berburu kerajinan unik lokal untuk dijadikan souvenir. Yogyakarta terkenal dengan banyaknya ragam souvenir handmade yang lucu dan harganya terjangkau seperti kerajinan kulit, batik, blangkon, dan gerabah. Gerabah Kasongan adalah salah satu produk kerajinan lokal yang patut untuk dijadikan cinderamata.

 

Mengenal Gerabah Kasongan

 

Kasongan merupakan salah satu daerah di Yogyakarta masih dalam wilayah Kabupaten Bantul yang memiliki keunggulan berupa sebagian besar penduduknya memproduksi kerajinan tangan berbahan tanah liat. Sejarah gerabah Kasongan bermula pada saat jaman pemerintah Kolonial, terdapat salah satu kuda milik reserse Belanda yang mati di tanah milik warga desa. Karena ketakutan maka pemilik itu merelakan hak tanahnya ke penduduk desa lain, dengan diikuti sebagian warga desanya. Karena sudah tidak memiliki sawah untuk digarap maka mereka mencari kegiatan baru dengan memanfaatkan tanah liat di sekitar rumah dengan membuat mainan dan perlengkapan dapur.

 

Lambat laun hasil gerabah tersebut laku di pasaran dan banyak permintaan. Produknya pun mengalami perkembangan tak hanya dari tanah liat saja, namun juga memanfaatkan kayu, bamboo, dan tempurung kelapa yang diolah menjadi aneka benda seni. Sejak itulah Desa Kasongan dikenal sebagai sentra kerajinan gerabah.

 

Kini banyak wisatawan yang datang ke Kasongan untuk berburu berbagai produk kerajinan lokal dari desa tersebut. Hasil kerajinannya memiliki nilai seni yang sudah terkenal hingga pasar ekspor. Bahkan desa tersebut sudah menjadi salah satu desa wisata dimana pengunjung yang datang tak hanya berbelanja produk saja namun juga dapat mengikuti workshop pembuatan gerabah Kasongan.

 

Lokasi Kerajinan Gerabah Kasongan

 

Sentra kerajinan Kasongan masuk dalam wilayah Desa wisata Kasongan terletak di dukuh Kajen, desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari pusat Yogya dapat ditempuh melalui jalur Ring Road Selatan menuju ke perempatan Dongkelan kemudian ikuti jalan utama. Kurang lebih berkendara 20 menit dari pusat Kota Yogya maka pengunjung akan dengan mudah menemukan desa wisata ini.

 

Kondisi jalanan menuju desa wisata ini sudah sangat bagus. Bila kesulitan menemukan lokasi pengunjung bisa mengandalkan penggunaan Google Maps.

 

Kelebihan Sentra Gerabah Kasongan

 

Begitu menemukan gapura Desa Wisata Kasongan, pengunjung akan disuguhi pemandangan rumah yang menyatu dengan toko di sepanjang kanan kiri jalan utama. Berbagai produk kerajinan tanah liat dan bahan lain dipajang di pinggir jalan mulai dari kendi, gentong, anglo, cobek, vas besar, guci, dll. Ada pula satu kerajinan yang merupakan kerajinan khas berupa patung pengantin yang merupakan symbol keberuntungan seperti yang terdapat di keraton Yogyakarta yang disebut dengan Loro Blonyo. Banyak wisatawan yang membeli patung ini sebagai koleksi khas Yogyakarta.

 

Berkunjung ke Kasongan tak hanya memanjakan mata dengan berbagai keindahan hasil karya para penduduk desa, pengunjung juga dapat melihat proses pembuatan gerabah yang ada di rumah penduduk biasanya di belakang galeri mereka. Bisa juga mengikuti workshop pembuatan gerabah dengan paket yang disediakan oleh pengelola setempat. Workshop ini biasanya diselenggarakan dalam bentuk peserta berkelompok.

 

Setelah puas berkeliling dari satu galeri ke galeri yang lain dan melihat proses pembuatannya, jangan lupa untuk membeli hasil karya penduduk yaitu Gerabah Kasongan. Harga gerabah Kasongan sangat terjangkau dan masih bisa ditawar apalagi bila membeli dalam jumlah banyak semakin besar pula diskonnya. Hasil kerajinannya pun mengikuti trend, sekarang banyak dijual barang- barang pajangan untuk rumah dengan tema minimalis atau Scandinavian yang kekinian, dijamin pengunjung akan kalap.

 

Fasilitas di Sentra Gerabah Kasongan 

 

Sebagai sentra kerajinan yang sudah sadar wisata, desa Kasongan tentunya sudah memiliki fasilitas yang lengkap. Akses jalanan menuju kesana sudah sangat bagus. Tersedianya banyak area parkir yang luas, toilet di galeri, masjid, paket workshop, dll.

 

Bila masih penasaran dengan hasil kerajinan lokal seperti kulit dan perak, maka pengunjung dapat melihat koleksinya di Kaula Leather Workshop dan juga Studio 76.