Ciptakan Kreasi Perakmu di Studio 76

Bila menyebut Yogyakarta, apakah yang terlintas di benak para wisatawan? Biasanya yang terbersit adalah Malioboro, kuliner, pantai, batik atau keraton. Padahal masih banyak lagi ikon Yogya yang masih bisa dieksplore bahkan kerajinan lokalnya tak boleh dilewatkan seperti pernak- pernik rumah tangga, kerajinan kulit, dan kerajinan perak. Baiknya kualitas produk yang dihasilkan membuat para pengunjung banyak yang memburu kerajinan tersebut untuk dijadikan kenang- kenangan ataupun souvenir dari Yogya. Selain berburu souvenir banyak kegiatan yang bisa dilakukan di sentra tersebut seperti mempelajari pembuatan kerajinan dengan cara mengikuti workshop. Salah satunya di Studio 76.

 

Mengenal Studio 76

 

Kotagede adalah salah satu daerah di Yogyakarta yang merupakan sentra kerajinan perak. Sebagian besar masyarakatnya bermatapencaharian menjadi pengrajin benda atau perhiasan terbuat dari perak. awal mulanya para raja Kesultanan Mataram saat masih berkuasa sangat menyukai perak sehingga para rakyatnya diperintahkan untuk membuat perhiasan dari perak. Hingga kini ketrampilan tersebut masih dipelihara secara turun menurun oleh masyarakat Kotagede.

 

Para pengrajin perak di Kotagede sekarang ini tidak hanya memproduksi perhiasan berupa kalung, cincin, gelang, atau anting saja, namun sudah bervariasi dengan membuat aneka bros dan miniature benda- benda ikonik dapat pula mereka membuat benda sesuai dengan pesanan yang diinginkan. Tak hanya itu, selain menjual produk di galeri pengrajin juga mengadakan workshop atau kursus untuk mengajarkan pembuatan perhiasan dari perak.

 

Studio 76 Silver adalah salah satu tempat kursus di Jogja yang menyediakan beberapa pilihan paket workshop untuk belajar cara pembuatan mulai dari awal hingga akhir proses sebuah perak mentahan menjadi perhiasan. Tempat ini sangat direkomendasikan bagi para pengunjung yang ingin menambah wawasan dan pengetahuan sekaligus berlibur ke Yogya.

 

Lokasi Studio 76

 

Studio 76 silver jogja berada di Jl. Purbayan 3B Kotagede, Yogyakarta. Lokasinya berjarak sekitar 8km dari pusat Kota Yogyakarta menuju ke Kotagede. Tempatnya sangat mudah diakses oleh pengunjung dan kondisi jalanan menuju kesana sudah sangat bagus. Bila pengunjung kesulitan menemukan lokasi maka bisa mengandalkan bantuan GoogleMaps.

 

Kelebihan Studio 76

 

Studio 76 merupakan galeri yang menjual aneka produk kerajinan perak seperti peralatan makan, perhiasan, dan miniature. Tapi di sini pengunjung juga bisa mengikuti kursus untuk membuat perhiasan sendiri atau produk lain dari perak dengan paket yang sudah disediakan. Tak perlu khawatir akan kecakapan instrukturnya karena sudah berpengalaman dengan penyediaan workshop ini selama lebih dari 6 tahun.

 

Paket yang ditawarkan di Studio 76 ini beragam sesuai dengan durasi dan budget pengunjun. Paket pertama dari Short course yang hanya berdurasi 3-4 jam peseta workshop dapat membuat perhiasan dengan dimensi yang kecil seperti cincin atau anting. Paket yang kedua yaitu fullday course mulai dari pagi hingga sore hari diisi dengan pembuatan perhiasan yang lebih rumit. Paket ketiga adalah weeknd course dimana instruktur mendatangi peserta workshop hingga luar kota. Kemudian yang terakhir adalah paket arranged course yaitu workshop yang dibuat sesuai dengan waktu dan target yang diinginkan peserta.

 

Dalam workshop tersebut para peserta mengerjakan sendiri proses pembuatan perhiasan mulai dari menggambar desain, penempaan, ukir, poles, sampai tahap finishing namuntetap dalam arahan dan bimbingan instruktur. Ketika selesai peserta akan puas dengan boleh membawa pulang hasil karyanya masing-masing.

 

Fasilitas Studio 76

 

Paket- paket yang ditawarkan di Studio 76 Silver sudah mencakup beberapa fasilitas:

* Penjelasan sejarah kerajinan perak di Kotagede
* Sewa alat dan Studio praktek
* Durasi sesuai paket dengan Instruktur bahasa Indonesia, Inggris, Prancis
* Perhiasan hasil kursus dengan ukuran maksimal gram sesuai dengan paket yang diambil

 

Wisata akan menjadi lebih bernilai dan bermanfaat ketika pengunjung mengikuti kursus tentang keunikan budaya yang ada di tujuan wisata tersebut. Selain menambah pengalaman tentu pengunjung akan diperkaya dengan tambahan ilmu pengetahuan. Bila pengunjung ingin belajar mengenai kerajinan lain, maka bisa berkunjung ke Desa Wisata Kasongan untuk belajar membuat gerabah, dan ke Kaula Leather Workshop untuk belajar membuat kerajinan kulit.