Wisata Adventure Jogja di Goa Cokro

Goa di Gunungkidul sangat banyak jumlahnya. Menurut data dari Pemkot jumlah goa yang tersebar di seluruh wilayah Gunungkidul mencapai 62 titik. Goa-goa tersebut merupakan salah satu bentuk karakteristik perbukitan karst Gunung Sewu yang memang menghiasi sebagian besar wilayah Gunungkidul. Keberadaan goa tersebut merupakan salah satu potensi sumber daya alam yang bisa dikembangkan untuk pemanfaatan warga sekitar maupun sebagai objek wisata. Terlebih bila dikelola dengan baik hingga bisa menjadi kawasan ekokarst atau ekosite yang juga dapat memberikan manfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah goa Cokro.

 

Mengenal Goa Cokro

 

Goa Cokro adalah salah satu goa di Kunungkidul yang merupakan bagian dari 13 Geosite Gunung Sewu Unesco Global Geopark. Karena menjadi bagian dari proyek konservasi lingkungan, maka goa ini harus dijaga kelestarian ekosistemnya. Pemanfaatan goa dan kawasan ini dikelola oleh Pokdarwis Mekar (kelompok Masyarakat Sadar Wisata) penduduk setempat.

 

Goa Cokro Ponjong mulai dikenal sebagai tempat wisata pada tahun 2010. Meskipun belum familiar untuk wisata lokal, justru goa ini sudah didatangi oleh wisatawan asing penggemar eksplorasi goa. Mengingat kawasan ini adalah lingkup konservasi maka pengunjung yang datang pun dibatasi. Per sesi penelusuran goa maksimal hanya berjumlah 10 orang.

 

Menurut sejarah Goa Cokro pada jaman dahulu pernah digunakan oleh seseorang bernama Cokro untuk mengakhiri hidup di goa ini. Hingga goa tersebut diberi nama Cokro. Cerita lain menyebutkan bahwa Goa Cokro sering digunakan sebagai tempat pembuangan pusaka ke dalam goa. Kini Goa Cokro sering didatangi pengunjung yang ingin merasakan uji adrenalin menyusuri goa di kedalaman 18 meter dari permukaan tanah.

 

Lokasi Goa Cokro

 

Goa Cokro berada di Dusun Blimbing, Desa Umbulrejo, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunungkidul. Bila pengunjung berangkat dari Yogyakarta maka rute yang bisa ditempuh yaitu melalui jalan utama Yogya- Wonosari menuju Piyungan lanjut ke Karangmojo mengambil arah ke Ponjong kemudian ke Umbulrejo menuju Padukuhan Blimbing lalu ke Goa Cokro.Bila terdapat kesulitan dengan rute tersebut pengunjung bisa mengandalkan Google Maps.

 

Kelebihan Goa Cokro

 

Goa Cokro Gunungkidul yang terkenal dengan sebutan Luweng Cokro menawarkan wisata yang menantang yaitu menyusuri goa dengan tingkat kesulitan yang cukup sulit. Sebelum mulai caving, peserta terlebih dahulu akan diberi pengarahan oleh cave master mengenai kondisi goa dan dibantu untuk menggunakan perlengkapan safety seperti wearpack, helm, dan sepatu.

 

Kondisi mulut goa berada vertical dengan diameter 1 meter dan panjang 1,5 meter. Untuk memasukinya peserta harus turun dari permukaan tanah setinggi 18 meter menggunakan tali dan karabiner. Setelah semua rombongan yang dibatasi hanya maksimal 10 orang ini turun, pemandu lain sudah berada di bawah untuk membantu peserta. Peserta harus mengikuti arahan pemandu dengan tertib dan tidak merusak goa.

 

Setiba di dalam goa kemudian peserta dibawa untuk tour menyusuri goa. Goa ini memiliki dua ruangan yaitu sisi timur dengan panjang 200meter dan sisi barat dengan panjang 50meter. Karakteristik goa lembab, basah, dan dingin. Di dalam goa peserta menikmati keindahan pemandangan stalagtit yang menghiasi ruangan goa dan ukiran dinding goa yang terbentuk dari mineral karst. Bila matahari sedang terik, cahaya dapat menembus melalui salah satu lubang goa kemudian memancar ke relung goa sehingga terlihat sangat indah.

 

Fasilitas Goa Cokro

 

Kelengkapan fasilitas yang ada di suatu objek wisata sangat diperlukan untuk menunjang kenyamanan dan kemanan wisatawan selama berada di tempat tersebut. Sayangnya hal ini belum terlihat di objek wisata Goa Cokro. Di tempat tersebut masih belum sempurna. Sebagai contoh area parkir masih belum bagus dan kondisi jalanan yang masih sederhana.

 

Harga paket wisata untuk menjelajah Goa ini sebesar Rp 1.000.000,00/10 orang. Biaya tersebut sudah termasuk biaya pemandu, sewa peralatan seperti helm, sepatu, dan wearpack.

 

Bagi penggemar wisata adventure maka menjelajahi Goa Cokro ini tentu sebuah pengalaman yang dapat menambah wawasan baru. Penasaran dengan goa- goa yang lain? Tak ada salahnya untuk mencoba menyusuri Goa Lowo, Goa Jlamporong, dan Goa Gelatik.