Belajar Kerajinan Kulit di Kaula Leather Workshop

Berkunjung ke Yogyakarta tak lengkap rasanya bila hanya mendatangi tempat- tempat wisatanya saja. Masih banyak agenda yang bisa dilakukan di kota budaya ini yang berhubungan dengan kreativitas dan seni. Industri kreatif yang berkembang di Yogya semakin menghidupkan kota ini dengan banyaknya produk- produk lokal yang bernilai tinggi. Para pelakunya yang kebanyakan anak muda tak hanya menjual produk mereka namun juga mengadakan workshop-workshop yang bisa dijadikan pilihan untuk mengisi aktivitas ketika liburan di Yogya. Hal ini tentu sangat positif bagi para pengunjun, dengan liburan wawasan pun bertambah. Salah satunya adalah di Kaula Leather Workshop.

 

Mengenal Kaula Leather Workshop

 

Industri kulit di Yogya merupakan salah satu industry kreatif yang berkembang sangat pesat. Sebenarnya kerajinan ini sudah ada sejak jaman dahulu berasal di desa Manding dengan asalnya pembuatan pelana kuda. Kemudian produknya berkembang lebih bervariatif dengan membuat jenis lain seperti tas, ikat pinggang, sepatu, dompet, dll. Hasilnya pun hingga diekspor ke luar negeri.

 

Hingga saat ini produk kulit dari Yogya merupakan produk unggulan yang boleh beradu dengan produk daerah lain seperti Garut dan Cibaduyut. Banyaknya produk kulit di Yogya dengan keunikan dan kekhasan motif selalu laris di pasaran. Bahkan penggemar produk kulit pun sampai membuat grup komunitas para pecinta produk kerajinan kulit.

 

Kaula Leather Workshop adalah salah satu pengrajin leather bags Indonesia yang berada di Yogya. Berawal dari kecintaan penggagasnya terhadap produk kerajinan kulit, mereka berkeinginan untuk dapat menyebarluaskan semangat dan pengetahuan mengenai leather craft Indonesia melalui workshop yang diadakannya. Banyak peserta yang tertarik untuk mengikuti kegiatan ini, bahkan sebagian besar merupakan peserta dari mancanegara.

 

Lokasi Kaula Leather Workshop

 

Kaula Leather berada di Jalan Jaya Darma no. 36 B Tirtonimolo- Jl. Bugisan Selatan Kasihan Bantul, Yogyakarta. Lokasi workshop bisa dijangkau dari pusat Kota Yogyakarta kurang lebih memakan waktu 20 menit. Akses jalan menuju lokasi sudah sangat bagus, namun bila pengunjung kesulitan untuk mencari lokasi dapat mengandalkan bantuan Google Maps.

 

Kelebihan Kaula Leather Workshop

 

Kaula Leather Workshop sejatinya merupakan salah satu produsen leather bag Yogyakarta yang memproduksi tas, dompet, casing, aksesoris yang terbuat dari kulit dengan pengerjaan secara handmade. Keinginannya untuk dapat berbagi ilmu mengenai perkulitan dan teknologi pembuatannya maka sang owner membuka kelas workshop untuk belajar dan membuat produk kulit secara manual.

 

Kelas yang dibuka oleh Kaula Leather ada dua jenis, yaitu intensive dan harian. Kelas intensive berdurasi selama 6 hari dengan berisi materi pembuatan tas, dompet, dan aksesoris kulit. Biaya untuk kelas intensive ini sebesar Rp 3.600.00,00. Ada pula kelas harian yang mempelajari satu jenis kerajinan, peseta boleh memilih jenis dompet/ tas/ atau akesoris dengan biaya Rp 350.000,00/ orang. Di kelas workshop peserta akan diajari pembuatan produk secara detail mulai dari menjahit manual hingga tahap pewarnaan dan finishing.

 

Teknik handmade yang diajarkan di Kaula Leather Workshop membuat produk ini memiliki kelebihan diantaranya jahitannya lebih kuat dan tahan lama. Bahan yang digunakan adalah kulit lokal dengan kualitas tinggi. Motif yang dijadikan insrpirasi adalah berasal dari indian, hippie, vintage, dan dayak. Produknya limited dan orisinal karena dikerjakan dengan menggunakan ketelitian dan detail yang lebih rapi.

 

Fasilitas Kaula Leather Wokshop

 

Sebagai tempat kursus atau penyedia workshop, fasilitas yang ada di Kaula Workshop sudah memadai. Dengan paket yang disediakan untuk intensive peserta dapat memperoleh fasilitas bahan baku dan penggunaan peralatan workshop dan mendapatkan pelatihan sampai benar- benar mengerti tentang pembuatan suatu produk tersebut. Selain workshop pengunjung dapat memesan produk yang diinginkan seperti tas, dompet, dan aksesoris dengan desain, ukuran, dan warna yang diinginkan oleh pengunjung. Dijamin hasilnya akan memuaskan dan limited edition karena tidak diproduksi secara massal.

 

Setelah puas dengan agenda workshop kulit, masih ada lagi agenda wisata lain yang tentunya dapat menambah wawasan bagi para pengunjung. Yaitu datang ke Desa Wisata Kasongan untuk melihat pembuatan gerabah Kasongan. Ingin ikut workshop tentang gerabah? Tentu bisa.